Home Review Test Ride Motor Listrik Yamaha E01, Serius Ini Motor Listrik Terbaik!!

Test Ride Motor Listrik Yamaha E01, Serius Ini Motor Listrik Terbaik!!

TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers…Alhamdulillah Tebe bersama puluhan rekan  dari media dan blogger mendapat kesempatan emas untuk pertama kalinya di Indonesia melakukan uji coba/test ride motor Listrik Yamaha E01 pada kegiatan Yamaha E01 Media Test Ride (25/10),  Yup…motor listrik yang memiliki garis desain cukup mirip dengan Yamaha Nmax ini memang masih sebatas motor prototype/konsep yang masih butuh penyempurnaan Sob, jadi memang belum masuk Masspro! Nah kira-kira seperti apa impressi pertama Tebe saat menjajal Motor Listrik Yamaha E01 ini, kuy lanjut bacanya!

Nah…dalam kesempatan Yamaha E01 Media Test Ride  ini, lokasi yang dipilih oleh pihak Yamaha adalah area Perbukitan yakni Wilayah Bukit Pelangi – Bogor (pelangi Park) yang mempunya karakter medan  jalan cukup beragam, mulai dari jalur lurus, tanjakan yang panjang dan cukup curam serta kontur jalan yang agak bumpie.

Desain dan Ergonomi Yamaha E01

Seperti Yang Tebe ungkapkan diatas, Yamaha E01 sepertinya memang punya base desain yang bener-bener di buat seperti Nmax baik untuk ukuran bodi, posisi berkendara serta fungsionalitasnya. Dari segi dimensinya pun gak terlalu beda jauh seperti panjang dan lebarnya hampir sama dengan Nmax Sob.

Jarak sumbu roda keduanya juga hampir mirip, 1.380 mm untuk E01 dan 1.340 pada Nmax. Meski begitu E01 lebih berat, yaitu 158 kg sedangkan Nmax 132 kg atau beda 26 kg. Nah…yang bikin keduanya serupa, Yamahan E01 punya ukuran ban yang digunakan sama dengan Nmax yakni ban depan 110/70 dan belakang 130/70.

Lanjut ke Ergonominya, karena emang mirip banget sama Yamaha Nmax 155, E01 ini pas Tebe duduk diatasnya, ya…berasa emang senyaman ada diatas Nmax.  Posisi berkendara bisa selonjoran sempurna, asik buat menempuh perjalanan jauh nih, cuma terbatas krn jarak tempuh maksimal yang bisa di capai hanya 104km dengan riding konstan di 60kpj. Gimana soal Bobotnya, ya E01 ini berasa lebih anteb/berat lah..secara beban bertumpu di tengah dimana posisi Baterai di letakan, berasa pas motor di turunkan saat posisi standar dua, jeglakkk!!

Asiknya posisi riding statis E01 aja udah nyaman karna stang gampang diraih dan joknya ituloh nyaman beudd ditambah suspensi belakang yang empuk. Yaa bisa di bilang satu tingkat diatas Nmax sih!

Gimana Soal Powernya ?

Sebelum Gass kita Foto dulu bareng Om Endrik Elangjalanan, Wak Haji TMCBlog, dan Om Madev Cekrekkk!!

Oke kita mulai start….., langsung tekan kunci kontaknya yang  mirip banget sama Nmax dengan knob Smartkey, saat posisi ON, tekan starter dan Status bar Hijo di atas spedometer menyala tandanya Motor Siap digasspolll, Wow…..Tebe langsung liat mode ride udah di posisi PWR (power) dan langsung tancap gas, asli sob Jengattt banget, Torsi bawah untuk mode PWR ini bener2 galak!!! menyusuri area perbukitan dengan diawali jalur menanjak..asli gak ada ngemposnya…tarik gas..powernya ngisi terus buat dibawa nanjak sob!

Soal handling udah gak perlu di ragukan ini sih, dari mulai riding position dan dukungan suspensi depan dan belakang yang cukup proper,  motor listrik Yamaha E01 boleh dibilang cukup sama dengan Yamaha NMAX New. Jujur yang bikin Tebe tercengang sistem pengeramannya, ABSnya bener-bener bekerja dengan baik.

Satulagi Fitur yang bekerja sangat baik pada E01 yakni TCS (Traction Control System) yang mendeteksi putaran roda belakang dan mengontrol output mesin. Jadi saat motor melaju dan melibas area jalan bampie, jadi secara otomatis saat tuas gass di pulir power motor pun seperti kosong dan normal kembali saat roda motor melaju dijalan yang rata.

Keasyikan riding, sampe-sampe Tebe lupa untuk coba mode lain, seperti STD (standar) dan ECO, yup…pada dasarnya untuk kedua mode ini sama aja, hanya ada perbedaan di sisi torsi dan pastinya komsumsi baterai Sob, artinya….untuk ketiga mode tersebut dapat digunakan sewaktu2 saja, misal saat ingin mendahului bisa pindah ke mode PWR, dan klo lagi riding konstan bisa pake yang mode std atau eco aja, itung-itung irit batrai Sob..hehehe..! jadi klo mau liat perbebaan power dari tiga mode tersebut kira-kira seperti ini soba, Untuk mode PWR/Power sanggup mengeluarkan tenaga 8,1 kW dan torsi 30,2 Nm, Mode Standar 8,1 kW dan 24,5 Nm, sedangkan Eco 5,4 kW dan 21,4 Nm.

Oh iya Sob, setelah selesai test ride dengan menempuh jarak kira-kira 3 KM, sesampai di lokasi awal, Tebe coba lakukan test Mode Revers/mundurnya, dan bener…bisa mundur hahaha, jujur mode ini juga sangat ngebantu banget klo pas lagi di parkiran, jadi gak perlu turun untuk mundurin motornya…cakep dahh!!

Kesimpulannya,

Dengan base desain yang dibuat mirip Nmax ini akan membuat siapa aja yang melihatnya langsung familiar. Kemudian dari segi riding posision, power dan Handling, jelas Yamaha E01 ini adalah motor listrik paling mendekati ‘motor pada umumnya’ serius, ini sih hampir gak beda jauh dengan motor bensin sob, cuma gak ada suaranya doang hahaha.

Seperti yang udah Tebe jelaskan diawal, Yamaha E01 ini masih dalam tahap uji coba sob, jadi memang masih motor listrik konsep yang butuh masukan dari para konsumen sebagai bahan penyempurnaan agar benar-benar cocok digunakan di Indonesia, langkah awal untuk Yamaha E01 ini rencananya, bulan  November 2022 baru akan mulai di sebar sebanyak 20 Unit E01 di empat kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan dan Bali dengan taget masukan 4.000 konsumen.

Jadi Masih harus menunggu satu tahun lagi sob, agar motor ini sesuai harapan konsumen dan Yamaha Pastinya. Kira-kira Yamaha E01 ini bakalan dijual berapa ya ?? kita tunggu aja Sob setahun kedepan!

Tertarik untuk mencoba Yamaha E01 ? Langsung aja cari informasi buat sobat yang berada di empat kota tersebut, klo memenuhi syarat pastinya sobat bakalan beruntung dan bisa mencoba langsung Yamaha E01 seharian dan pastinya Gratisssss!!!

Market Test Yamaha E01 Resmi Dimulai, Ini Syarat & Cara Daftarnya!

Oke..itu aja sob sedikit informasi dari Tebe mengenai pengalaman mencoba Motor listrik Yamaha E01 yang ternyata diluar dugaan banget.

Moga bermanfaat 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version