[Tips] Cara Mudah Cek Laher Roda Motor Yang Sudah Haus/Rusak!

118

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian… Pernah gak ngalamin saat berkendara, terasa ada yang kurang enak pada area roda ? Nah… di artike Tips kali ini, Tebe ingin berbagi pengalaman cara mudah cek laher roda motor yang sudah haus/rusak.

Yup… perlu Sobat tau, tugas dari laher roda adalah sebagai tumpuan as roda dan komponen kaki-kaki di sepeda motor, dengan adanya laher (bearing) ini secara fungsi akan membuat perputasan roda menjadi stabil dan bergerak dengan lancar.

Nah gimana klo laher alias bearing ini sudah haus dan perlu dilalukan pergantian ?, yup…jawabanya pasti stabilitas motor dan kenyamanan berkendara akan yang sobat rasakan pastinya akan berkurang jauh.

Baca Juga : Cara Mudah ganti sendiri Laher Roda Motor di Rumah!

Berikut adalah ciri-ciri bearing/ laher roda motor yang sudah haus/rusak.

  • Saat motor dibawa berkendara akan ada bunyi (sreg-sreg dibagian roda)
  • Stang motor menjadi tidak stabil seperti kondisi ban kempes (limbung)
  • Biasanya diarea as roda ada semacam cairan karat meleleh keluar dari area bearing/laher

Cara mudah Cek Kondisi laher pada roda Motor :

Sobat bisa coba dengan mengangkat bagian depan motor sampai roda menggantung. Lalu goyangnya roda depan, jika ada gerakan seperti celah kosong, itu tandanya laher roda motor sobat udah rusak. Gampangkan ??

Nah, apa yang menyebabkan Laher pada roda motor menjadi rusak ?

Hal ini bisa karena usia pakai dari laher / bearing tersebut atau karena sering melalui medan/jalan yang cukup berat seperti sering melintasi kubangan air atau jalan berdebu.

Faktor lain yang membuat kondisi bearing cepet rusak juga biasanya karena sering menerabas jalan berlubang dengan kondisi suspensi yang kurang baik, jadi beban hentakan tertumpu pada as roda dan menjalar ke area bering.

Cuma yang sering sekali membuat usia laher cepet rusak adalah air Sob, sering menerobos banjir membuat pelumas/grease pada laher lama-lama hilang dan kering, lama kelamaan kotoran yang masuk akan bercampur dan menjadi karat sehingg laher roda cepet haus dan mudah rusak.

Laher Roda depan Honda Vario 125 – eSP

Oh iya, untuk harga Bearing cukup murah sih kisaran Rp 18.000 aja perbuah, jadi sepasang Rp. 36.000,- ini pengalaman Tebe ganti Bearing sendiri untuk Honda Vario 125 eSP.

Nah gimana Sob artikel Tips dari Tebe ? mudah bukan cara cek Bearing/laher motor yang sudah haus/rusak ?

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.