TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers…Mendekati Musim Hujan beberapa wilayah di Jabodetabek terkena musibah banjir, banjir yang sangat besar ini menyebabkan beberapa skuter yang tenggelam. Tidak banyak dari skuter yang tenggelam ini banyak yang tidak tahu bagaimana caranya untuk dapat memperbaiki skuter matiknya.

Sebagai informasi bagi pengguna skuter ada resiko yang kerap terjadi jika nekat memaksakan untuk menyalakan skuternya yaitu water hammer. Water hammer ini merupakan kondisi dimana ada air berlebih yang masuk ke ruang pembakaran. Resiko ini sangat fatal untuk mesin.

Apabila sudah terjadi water hammer otomatis biaya perbaikan akan lebih mahal. Jadi ada baiknya untuk seluruh skuter yang terkena banjir agar langsung menuju bengkel agar mendapatkan penanganan dengan benar.

Setelah kamu sudah tahu dan tidak ingin water hammer terjadi di skuter kamu, berikut informasi berguna dari Dennil Sagita Founder dari workshop Scooter VIP menyarankan beberapa komponen skuter yang wajib di cek :

1. Filter udara

Filter udara tugasnya adalah menyaring kotoran yang terbawa udara. Bila sudah terendam banjir otomatis filter udara akan menjadi rusak dan harus dilakukan pergantian.

2. Knalpot

Sebagai salah satu komponen utama kendaraan knalot ini sangat berpengaruh. Apabila knalpot sudah kemasukan air maka kinerja pembuangan akan terhambat.

3. CVT atau continously variable transmission

Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda.

4. Oli mesin

Oli yang bercampur air otomatis akan merusak jeroan mesin skuter, maka segera ganti.Nah bila sudah mengetahui informasi ini langsung kamu harus membawa skuter kamu ke bengkel serta pastikan untuk beberapa komponen yang disebutkan harus dicek atau bisa kamu lakukan penggantian untuk lebih aman

5. Aki

Aki merupakan bagian penting untuk kelistrikan dari skuter Sobat, namun bila sudah kena banjir dan skuter Sobat tenggelam ada dua kemungkinan untuk aki bisa digunakan dengan di charger terlebih dahulu atau Aki sudah mati dan harus segera dilakukan penggantian Aki.

6 Tangki Bensin

Beberapa kendaraan skuter ada yang tenggelam keseluruhan skuternya, bila ini terjadi pada skuter Sobat, harap dilakukan pengecekan juga di tangki bensin sobat dan lebih baik bila dilakukan pengurasan tangki bensin sampai habis.

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.