TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers, Sesi TestRide Motor baru menjadi momen yang paling ditunggu, Yup… Kali ini yang ditunggu untuk di Test Ride adalah Motor listrik Pertama Honda EM1 e:. Setelah resmi merilis harga Honda EM1 e: dan e:Plus, yakni Rp 33 juta dan Rp 33,5 juta, kemudian pihak AHM seperti biasa memberikan kesempatan kepada Blogger/Vlogger untuk menjajal Unit Motor Listrik EM1 e: langsung di lintasan AHM Safety Riding Park. Memiliki Desan Futuristik dengan dimensi yang imut dan compact, Seakan sudah kebayang klo motor listrik ini bakalan cukup lincah buat diajak riding dijalan perkotaan.

Motor Listrik Honda EM1 e: Berstandar Global

Menurut Executive Vice President PT AHM, Thomas Wijaya, kualitas produksi Honda EM1 e: yang dibuat di pabrik Pegangsaan sudah berstandar global dengan mengutamakan kualitas terbaik.

“Kita memperhatikan aspek durability, safety, realibilitas sehingga konsumen merasa nyaman menggunakan skuter Listrik pertama dari Honda. Soal kecepatan 45 km/jam in berdasarkan survey riset kami, memang penggunaan motor listrik, itu di kisaran 40 -50 km. Dengan maksimum speed itu harapannya di tahap awal sudah dapat memenuhi ekspektasi konsumen terutama pemakai pemula motor listrik,”sebut Thomas.

Skuter listrik Honda EM1 e: dirancang sebagai komuter berkonsep friendly dan clean e-scooter sebagai langkah awal mewujudkan mobilitas berkelanjutan dengan gaya modern dan Compact. Memiliki Spesifikasi panjang 1.795 mm, lebar 680 mm, tinggi 1080 mm serta tinggi jok 740 mm. Honda EM1 e: ternyata cukup ringan dengan bobot 95 kg, Soal kekuatannya, ternyata skuter listrik EM1 e: bisa menampung beban untuk berboncengan hingga 180 kg .

Yup, Terbukti saat Test Ride Tebe dan Mang Kobay coba mensimulasikan gimana performa motor listrik ini saat dibawa riding berboncengan, dengan total bobot rider dan boncenger kurang lebih 170KG, ternyata performanya tetap ok dan yang terpenting adalah motor tetap nyaman saat dan lincah bermanuver serta handlingnya pun terasa ringan dan stabil. ituh!

Dibekali motor penggerak dengan tenag maksimal 1,7 kW, EM1 memang cocok banget untuk transportasi di jalan perkotaan. Punya dua Riding Mode yakni : Standar dan Econ, Honda EM1 e: ini memang setupnya untuk motor santai, karna emang gak bisa di gasspoll dan ngebut Sob, terbukti saat test ride dengan Mode Standar dimana untuk topspeednya aja pas Tebe bejek tuas gas cuma mentok di 48Km/Jam aja.  Beda lagi dengan Mode Econ, yang cuma bisa jalan pelan tanpa ada hentakan akselerasi, saat riding lurus kecepatan maksimal hanya mentok di 29-32Km/jam.

Soal Kenyamanan dan Build Quality Honda EM1 e: ?

Saat pertama dukuk diatas Honda EM1, Impresi pertama yang Tebe rasakan adalah pada kualitas joknya yang terasa beda, terasa lebih empuk. Posisi berkendara juga lebih santai dengan ruang gerak kaki dan tangan lebih leluasa.

Tebe yang punya tinggi badan 170 cm dan bobot 78 kg, saat duduk di atas jok Honda EM1 e: cukup empuk. Tapi posisi kaki, sangat berbeda dengan Honda BeAT yang didesain sebagai motor komuter harian.

Saat melitasi area tes ride, Untuk akselerasi memang terasa cukup smooth, ditambah kemampuan handling yang juara, cukup rigid dan terasa kokoh.  Hal ini juga terbukti saat motor diajak meiluk-liuk tetap nyaman tanpa ada rasa khawatir slip ban dan jatuh.  Tanpa perlu waktu untuk adaptasi, saat tuas gas di putar, motor melajut dengan santai tanpa ada hentakan. Untuk perpindahan Riding mode cukup menurunkan tuas gas aja, selama gas di pulir, riding mode gak bisa di switch ya.

Honda EM1 e: punya ground clearance yang ramah untuk tinggi rata-rata orang Indonesia. Kaki sangat mudah menapak tanah. Jadi aman lah buat yang punya tinggi badan kurang dari 170cm.

Test nyebur di genangan air buatan

Dalam area test ride juga tersedia obstacles berupa kolam buatan. Jadi perkali rintangan yang di lalui motor yakni melintasi genangan air hingga batas setengah roda 12 Inc, dan si Honda EM1 e: ini tetap aman melaju di genangan air tersebut tanpa mengalami kendala/masalah.

Honda menyebut untuk melintasi genangan, batas aman yang disarankan sekitar 30 cm. Jangan khawatir, AHM juga memberikan garansi buat Honda EM1 e:

“Kita memberikan garansi rangka 5 tahun di luar itu kita berikan dua tahun baik dari sisi komponen baterai dan maupun non baterai, tapi baterai tahun ini kita berikan sampai tiga tahun,” ujar Executive Vice President PT AHM, Thomas Wijaya.

Gimana Soal Braking sistemnya ? dibekali sistem pengereman CBS, rem depan dan belakang bekerja cukup maksimal, lanjut ke bagian suspensi, seperti pada skuter lainya EM1 memiliki suspensi yang mungkin punya performa yang sama, jadi memang gak terlalu membutuhkan suspensi yang berlebih untuk motor listri ini, hanya cukup untuk mengantar jalan aja sob.

Nah.. kira-kira dari kesan pertama ini soba sudah punya  gamabaran sendiri yah, kalaau skuter listrik EM1 e: cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi di area perkotaan, kepasar, keliling di sekitar perumahan atau untuk ibu-ibu ganter anak ke sekolah.

Jadi menurut Sobat sekalian, Dengan harga 33jt sudah termasuk subsidi dari pemerintah, Si Honda EM1 e: ini apakah layak untuk diboyong sebagai kendaraan hemat Energi dan ramah lingkungan ? Silahkan tulis di kolom komentar aja sob.

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.