Home Honda Test Ride New Honda Vario 125 2023, Ukuran Ban Lebih Gede Bikin...

Test Ride New Honda Vario 125 2023, Ukuran Ban Lebih Gede Bikin Handling Makin Siiiiip!

TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers….New Honda Vario 125 telah resmi di luncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada senin minggu lalu (26/09).  Nah….seperti biasa pasca perilisan produk Tim dari AHM langsung membawa kami para rekan media, blogger dan Vloger ke area area Astra Honda Motor Safety Riding and Training Centre ( AHMSRTC ) untuk melakukan test ride New Vario 125 ini, nah… kira-kira gimana sih impressinya ?

Seperti yang kita ketahui New Honda Vario 125 MY2023 ini tidak banyak mengalami perubahan dari tipe sebelumnya. Jadi memang hanya sebatas minor update aja sob, desainnya tetap mempertahankan versi lawas, hanya ada beberapa sentuhan diarea cover depan/dan cover body, serta garis desain yang lebih tajam membuat tampilan New Vario 125 ini lebih sporty, detailnya Tebe udah posting di artikel berikut :

Ini Detail Ubahan dan Fitur Baru New Honda Vario 125 2023!

Nah…Perubahan yang dihadirkan skutik 125cc ini hanya pada penambahan fitur-fitur baru dan ukuran roda yang lebih besar dari model sebelumnya.

Pada area mesin memang masih menggunakan mesin lama yang berkapasitas 125cc, eSP (Enhanched Smart Power) tanpa ada embel2 plus (+) yang mampu menghasilkan tenaga 11,1 PS di 8.500 rpm dan torsi 10.8 Nm di 5.000 rpm. Jadi untuk impressi riding terkait performa menurut Tebe sih biasa aja, namun jika Tebe bandingkan dengan Vario 125 eSP milik Tebe lansiran 2015 jelas jauh kemana-mana, New Vario 125 ini cukup nyaman di sisi ergonomi dan Handling juga gak kalah mantap!

Review singkat Test  Ride New Vario 125 2022

Kuy kita mulai bahas review test ride New Honda Vario 125 menurut Terasbiker, Seperti yang Tebe informasikan diawal pada first impression test ride ini, Tebe gak banyak bahas soal performa dari New Honda Vario 125, karena skutik 125cc ini masih menggunakan mesin yang sama dari sebelumnya. Tetapi Tebe akan membahas gimana kelincahan dari Handling New Vario 125 ini dengan ukuran ban yang lebih besar dari model sebelumnya.

New Honda Vario 125 saat ini telah di bekali roda berukuran 90/80 R14 di bagian depan sedangkan untuk bagian belakang menggunakan ukuran 100/80 R14.  Setelah melakukan tes di lintasan yang dirancang untuk merasakan sensi meliuk-meliuk serta bermanuver, yang Tebe rasakan New Vario 125 ini memang lebih terasa balancenya, maksudnya lebih stabil dan seimbang aja gitu, tentunya efek tersebut membuat posisi riding makin nyaman karena ukuran ban yang lebih besar menempel ke aspal, Selain itu Handling pun menjadi lebih mantap!

Test Ride yang singkat, tapi cukup puas merasakan impressinya. Yup…Tebe yang diberi kesempatan hanya 2 kali memutari area tes ride, karena kondisi waktu itu tiba-tiba hujan deres Sob, Masuk test ridenya di kloter kedua. Dengan trek basah serta settingan trek test ride dibuat banyak belokan, tapi ada juga trek lurus yang hanya beberapa meter untuk melakukan performa skutik terbaru ini, hasilnya….dengan kapasitas mesin yang sama dan ukuran ban yang lebih besar punya banyak peran, dimana memang performa gak se-agresif mesin 150/160nya, tetapi handlingnya justru makin juara, di bawa liak-liuk nyaman, gesit dan ringan banget pokoknya sob!. Cuma karena test ride ini sifatnya hanya sebatas first impression aja, jadi sedikit kurang puas aja hehehe…so perlu coba lagi nih gimana rasanya klo di pake buat riding harian di jalan raya tentunya, Stop n go di kemacetan pasti Asik-asik aja! Nunggu unit test ride dah…

Pengereman dan Suspensi New Vario 125

Kebetulan Tebe nyoba yang versi CBS-ISS SP, Untuk pengereman Taulah ya untuk sistem CBS untuk ngerem awal-awal pasti butuh penyesuaian, karena memang sistem pengereman ini banyak yang ngeluh kurang begitu pakem. Tebe sendiri yang udah 7 tahun pake Vario dengan sistem Rem CBS ini akhirnya nyaman-nyaman aja sob, intinya nyaman karena emang udah terbiasa, cuma memang butuh di imbangin dengan rem depan supaya deselerasi motor lebih cepet dan motor berhenti dengan kondisi stabil.

Gimana soal suspensinay nih ? menurut Tebe kerja suspensi baik depan dan belakang sangat imbang, kejutan suspensi depan gak terlalu keras dan lebih ke medium Soft sih. Dan untuk suspensi belakangnya sedikit keras, jadi tetap stabil menahan guncangan saat melintas dijalan kurang rata dalam kecepetan tinggi, dan pastinya nyaman untuk berboncengan.

Apakah untuk Area CVT New Vario 125 masih Gredeg!!

Saat tarikan awal hingga putaran gass Tebe bejek hingga rpm tinggi, Area CVT New Honda Vario 125 tidak menunjukan gejalan gredeg lagi sob, tarikan cukup nyaman dan halus, hmm apa emang benar udah ada improvement nih, apa memang kondisi motor masibaru ? Sepengalaman Tebe pengguna Vario 125 lawas lansiran 2015, Gejala gedeg ini muncul ketika Area CVT sudah kotor dan perlu di lakukan perawatan berkala agar area CVT tetap bersih dari debu dan kotoran kampas, yang memicu terjadinya gejala gredeg, selama dilakukan perawatan alhamudlillah Vario 125 Tebe aman-aman aja dari gedeg sob.

Kesimpulannya,

New Honda Vario 125 ini tidak banyak perubahan, terutama di bagian mesinnya, kecuali di bagian sisi fitur dan ukuran ban yang sangat sesuai untuk tipe perkotaan, untuk handling dan manuver ada peningkatan sedikit karena ukuran ban yang lebih besar tadi,  pastinya lebih rigid ke aspal dan membuat kenyaman saat kita  berkendara. Untuk performa masih tetap sama dengan model sebelumnya karena masih menggunakan mesin sebelumnya.

Suka dengan New Vario 125 ? jujur Tebe sendiri emang udah tergoda banget sama desain yang ini, eh tambah lagi ada update disisi desain dan fitur, penggunaan pelek lungsuran vario 150 sebelumnya juga jadi bikin tampilannya tambah cakepp! Bakal Ambroll  ini celangan…..:D

Untuk harga New Honda Vario 125 dipasarkan dalam tiga tipe, yakni CBS, CBS ISS, dan CBS ISS SP. Soal harga intip aja sob dibawah ini :

Harga Terbaru New Honda Vario 125 eSP 2023

  • New Honda Vario 125 Tipe CBS dipasarkan Rp 22.350.000 (On The Road Jakarta).
  • Tipe CBS-ISS dipasarkan seharga Rp 24.000.000 (On The Road Jakarta).
  • Tipe CBS-ISS SP dipasarkan seharga Rp 24.250.000 (On The Road Jakarta).

Dah gitu aja Sob dari Tebe, semoga bemanfaat ya…

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version