TerasBiker.com – Halo sobat Bikers… Akhirnya yang ditunggu-tunggu pun tiba, Yup…perhari ini secara resmi , PT. Astra Honda Motor resmi merilis salah satu produk barunya yakni New Honda ADV160 (01/07). Motor ini secara umum bisa dibilang merupakan update besar-besaran dari Honda ADV150 sebelumnya yang telah dirilis 3 tahun yang lalu.

Ada banyak perubahan serta update yang dihadirkan pada ADV160 ini, Seperti halnya Mesin dari ADV160 yang menggunakan  mesin baru dan ini adalah mesin dengan kapasitas terbesar yang pernah benamkan di keluarga Vario sampai saat ini. Honda menyebutnya sebagai mesin eSP+.

Mesin ADV160 menggunakan dimensi Bore x Stroke : 60,0×55,5 mm (overbore), dengan rasio kompresi yang cukup tinggi yakni 12:1 dan menggunakan total 4 Valve sehingga membentuk total kubikasi 156,9 cc. Mesin baru ini dapat memuntahkan power maksimum 11,8 Kw pada 8500 Rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6500 Rpm.

Fitur Baru Honda ADV160 2022

Untuk Fitur, Masih sama dengan versi laeasnya. Honda ADV160 ini dibekali beragam fitur penunjang seperti Two Step Adjustable Windscreen. Selain itu, Honda ADV160 dilengkapi sistem FULL DIGITAL panelmeter baru yang memiliki layar lebih besar, lebih canggih, namun tetap tangguh serta dapat menampilkan berbagai informasi yang diupdate dibandingkan generasi sebelumnya, seperti adanya takometer digital dan indikator traction control (HSTC).

Digital Panel Meter ADV160 2022

Selain itu juga panel dashboard ini masih tetap menghadirkan indikator tegangan dayaa aki, indikator suhu, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar aktual, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, Trip A & Trip B.

Honda ADV160 memiliki ruang penyimpanan bagasi yang luas, naik 2 liter kapasitasnya menjadi 30 liter dan dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang. Pada sisi keamanan, skutik ini telah ditunjang Honda Smart Key dan Alarm System. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan power charger pada console box depan dan jok berdesain lebih tinggi di bagian belakang yang akan menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Sentuhan Desain Baru

New Honda ADV160 mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Seperti pada bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang semakin tajam yang membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas.

Berubahnya bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi. Model ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter) yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang.

Dari tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Tinggi jok kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.

Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya.

Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Pada sisi keamanan, New Honda ADV160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

Dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic, New Honda ADV160 akan semakin membuat pengendaranya merasa aman dan nyaman. Khusus tipe ABS ini, disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur yang biasa disematkan pada big bike dan motor-motor premium Honda itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Selain itu, fitur ESS (Emergency Stop Signal) tetap menjadi andalan, yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.
ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Harga All New Honda ADV160 2022

Untuk Harga, AHM memasarkan New Honda ADV160 dengan dua tipe, yakni ABS dan CBS dengan total 6 varian warna.

Harga New Honda ADV160 – ABS

Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (On The Road Jakarta), tersedia dalam tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Pada tipe ini, emblem di samping bodi semakin manis dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar.

Harga New Honda ADV160 – CBS

Sementara itu tipe CBS yang dipasarkan seharga Rp 36.000.000 (On The Road Jakarta), mendapat tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Semoga Berguna!!

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.