TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers…..Alhamdulillah Tebe kembali mendapatkan unit test ride All New Honda Vario 160 dari Main Dealer (MD) Motor Honda Jakarta-Tangerang Wahana Makmur Sejati (WMS) Gunung Sahari, Walau seperti biasa…waktu yang diberikan untuk testride ini hanya empat hari aja, tapi lumayan lah….cukup buat Tebe merasakan gimana sih Vario 160 ini jika dipake buat Harian ? hmmm ternyata emang Nyaman dan cokok banget buat daily used!

Unit Testride yang diberikan adalah dengan Tipe CBS yang emang masih baru ya Sob.. bukan versi tertinggi yakni ABS, jadi untuk pengereman masih single disk brake yang depan aja Sob, sedangkan untuk pengereman belakang masih tipe tromol.

Saat Pengambilan Unite Test Ride Vario 160 – MD Wahan Honda Jakarta

Sedikit cerita, untuk Testride All New Vario ini buat Tebe bukan yang pertama sob, dimana sebelumnya saat peluncuran Tebe sendiri sudah merasakan impressi riding diatas Motor dengan desain serba baru dan besar ini… sobat bisa baca/klik aja link artikelnya di sini : First Impression Test Ride Vario 160, Responsif dan Lincah!! 

Untuk Testride sebelumnya kan cuma sekedar mencoba dan merasakan performa riding dengan area/jalur testride yang terbatas. Tapi kali ini, Impressi yang ingin Tebe dapatkan adalah gimana sih klo dipake berkendara normal dijalan raya..? nah kuy kita lanjut pembahasannya….

Yang Baru dari All New Honda Vario 160 eSP+

Sedikit flash back, Seperti yang kita tau Desain All New Vario 160 bener-bener Serba baru dengan perubahan mulai dari bodywork, sasis, elektronik hingga kaki-kaki. Dimana Vario 160 akhirnya menggantikan posisi Vario lawas yang masih menggendong mesin 150cc. Vario series varian tertinggi hadir dengan pembaruan mesin yang lebih bertenaga. Berkapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power Plus (eSP+) yang identik dengan PCX 160.

Posisi Berkendara diatas All New Honda vario 160

Sebelum bahas yang lain, kuy kita mulai dari yang paling umum adalah posisi berkendara/ergonominya diatas vario 160 sob, Saat pertama kali naik di atas skutik ini, sepertinya sama saja dengan Vario lawas,cuma emang dimensinya kini berasabanget lebih gede. Segitiga ergonomi masih identik dengan generasi sebelumnya. Joknya empuk berasa lebih lebar dan kaki bisa menapak sempurna. Hal ini karena  jarak dari tanah ke posisi jok hanya 778 mm dan ground clearence 140 mm. Dengan tinggi Tebe sekitar 173 cm, jadi cukup mudahlah ya menggapai kuda besi ini.

Sementara untuk area leg room dengan dek rata masih cukup lega, jadi ruang sisa untuk pergerakan kaki masih cukup aman Sob dimana masih ada gap sekitar 10 cm untuk maju-mundur. Nah untuk dengakul juga ada jeda lumayan Sob, jadi gak mudah mentok tebenglah, Padahal klo dilihat dari desain kompartemennya cukup menonjol keluar.

Posisi Boncenger ?

Nah…ini hal yang menariknya sob, karena saat Tebe ngajak Istri ikut berboncengan impressi dari boncenger ternyata posisi yang dirasakan lebih tinggi dan lebih nyaman sob, jadi lebih enak aja katanya dibanding berboncengan dengan vario lawas. Posisi saat riding berdua katanya gak perlu ribet miring-miringin kepala karena helm mentok rider depan, dan ini yang gak dirasakan saat berboncengan di atas Vario 160, ditambah dimensi Jok yang lebih lebar.

Performa mesin All New Vario 160

Saat Engine di starter, suara mesin terdengar halus dan minim sangat vibrasi. Saat Tebe mulai riding bawa motor bertolak dari Wahana Gunung sahari ke rumah di Cibinong, yess… waktunya menjajal langsung Vario 160 dijaluar jalan raya Jakarta-Bogor yang biasa macet-macetan. Saat tuas gas pertama kali diputar, akselerasi yang dirasakan sangat responsif. Daya yang disalurkan melalui transmisi otomatis dengan kopling sentrifugal langsung terasa di putaran bawah. Ya, tenaga di awal sempat bikin kaget sob, karena hentakan mesin cukup halus dan tarkan sangat enteng. Serius rasanya emang beda banget sama Vario Tebe yang cuma 125cc hahahaha. Saat mencobanya di jalan raya yang cukup lengang, meski berboncengan napas/tarikannya cukup panjang.

Handling Yang Nyaman dan Lincah!

Ketika motor dibawa riding menembus kemacetan dijalur keramat jati dan melakukan manuver selap-selip, meski punya dimensi yang besar tetapi karakternya cukup cekatan dan tetap lincah, gak ada gejala jeda saat buka gas.  saat pada kondisi stop and go di kemacetan atau ingin menyalip, responsnya juga cukup baik Sob. Rasanya, Vario 160 cukup mengakomodasi berkendara di perkotaan, maupun luar kota. Jadi memang cocok banget nih sob buat dijadiin motor  harian.

 

Selain sasis terbaru tipe eSAF, pemilihan besaran sudut rake dan trail juga diperkirakan punya andil cukup signifikan agar Vario 160 tetap lincah di berbagai kondisi. Distribusi beban di depan dengan bodi mengembung padat juga tampaknya berpengaruh dalam hal kestabilan.

Sistem Pengereman Vario 160 tipe CBS (Combie Brake System)

CBS merupakan sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dan rem belakang. Hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri/tuas rem belakang maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan, Nah….pada Vario 160 tipe CBS yang Tebe testride ini terbilang cukup pakem Sob, jadi pada tipe CBS ini untuk pengereman cukup Oke dari sisi system CBSnya terbagi dengan baik dan menghasilkan Deselerasi yang maksimal.

Fitur All New Honda Vario 160 eSP+

Pada sisi ini, Tebe rasa untuk Fitur yang tersemat sepertinya sama pada versi lawas Sob, yang membedakan adalah dari tipe tertinggi saja yang udah di sematkannya Anti-lock Braking System (ABS) single chanel (pada roda depan) dan Pengereman belakang juga telah dilengkapi cakram, berbeda dengan CBS yang masih tipe tromol sob, Selebihnya seperti yang telah ada fitur keamanan Smartkey System, Usb charger dan sistem penerangan dengan lampu LED,  Answer Back System dan Anti Theft Alarm, serta panel instrumen full digital dengan teknologi negative display.

All New Honda Vario 160 – CBS-ISS – TerasBiker.com

Kesimpulannya, All New Honda Vario 160 adalah skutik yang punya karakter berbeda dari sebelumnya, mulai dari desain bobywork baru yang lebih besar, Handling yang juara, serta power mesin yang dihasilkan pun jauh lebih bertenaga, pokoknya semua beda dan baru. Motor ini didesain untuk kebutuhan daily use, karena fungsionalitas yang tetap sama dari generasi sebelumnya. Berkat adanya perubahan pada sektor sasis/rangka tipe eSAF, membuat Vario 160 sangat lincah dan nyaman. Selain itu dengan ukuran ban yang lebih besar membuat motor lebih tenang dan stabil dikecepatan tinggi.

Lanjut kesoal Harga, All New Honda Vario 160 dirilis awal Februari 2022 lalu ditawarkan dengan harga Rp 25,8 juta untuk tipe CBS dan Rp 28,5 juta untuk versi ABS OTR-Jakarta.

Last…itulah pengalaman Tebe selama 4 hari besama Vario 160,  dan Tebe pribadi cukup tertarik dengan Vario 160 ini sob, selain menawarkan desain terbaru yang terlihat big scootic, Performa mesinpun memang jelas sangat responsif dan halus plus handling lebih lincah. So…cocok banget lah ini motor buat nemenin aktivitas harian sob..!

Semoga Bermanfaat 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.