Test Ride All New Honda PCX 160, Power Naik dan Handling Makin Mantap!

249

TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers….Setelah resmi di luncurkan secara virtual, Alhamdulillah Sob, Terasbiker mendapatkan kesempatan kembali untuk merasakan sensasi berkendara diatas All New Honda PCX 160 Terbaru! Yup…bertempat AHM Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat (09/02). AHM mengundang teman-teman Blogger & Vlogger untuk merasakan langsung motor Honda PX 160 tersebut.

Test Ride All New Honda PCX 160

Melihat dan merasakan langsung tampilan serta performa baru dari All New Honda PCX 160, AHM bener-bener berhasil membuat kesan agresif dan Elegant dari PCX 160 dari sisi desain baru ini, ditambah dengan penyematan mesin 156,9cc empat katup eSP Plus, dan fitur-fitur terbaru yang di hadirkan…bikin mantap saat dipacu diarena test ride, Yup…terasa sekali kenaikan performa dan Handlingnya! Yes…infonya Inilah yang di harapkan Konsumen setia Honda PCX tahan air.

Desain dan Ergonomi All New Honda PCX 160 – TerasBiker.com

Review Singkat All New Honda PCX 160

Kuy…kita bahas keseluruhan dari All New Honda PCX 160 mulain dari Desain, Ergonomi, Handling dan Performa saat TeBe Test ride dilintasan/mini tract AHSRTC.

Baca Juga :

Desain

Kalo sobat perhatikan, untuk garis desain All New Honda PCX 160 masih terlihat sama dengan generasai Honda PCX 150 sebelumnya, nah… pada desain terbaru AHM lebih menonjolkan lekukan serba menajam yang membuat kesan agresif tetapi tetap terlihar elegant.

Tampak lampu depan yang lebih terlihat simple dengan garis khas bigscootic Honda Forza, jadi poin plus..ubahan juga terlihat pada desain lampu belakang yang kini lebih pas tidak melebar seperti generasi sebelumnya, makin terlihat mevvah dan berkelas…

Ergonomi

Saat pertama Tebe naik diatasnya, memang tidak ada perbedaan yang dirasa, dengan tinggi 167cm..posisi duduk dengan kaki yang sedikit jingjit efek dari jok yang lebar (fyi, tinggi jok PCX 160 adalah 764 mm), memaksa area paha melebar sob. Tapi tepat nyaman walau menapak dengan satu kaki.

Area joknya juga masih tetap terasa nyaman walau agak licin efek kulit jok yang bergeser (melar) hal ini karena bagian dalam busa dibalut plastik agar tidak rembes, untuk posisi kaki bisa menekuk atau selonjoran dan posisi setang mudah dijangkau karena memang tidak ada ubahan, masih seperti yang lama yakni sedikit menekuk kearea dalam pengendara.

Handling

Gimana Soal handling dari PCX 160 ini ? yup…ini adalah bagian yang paling berasa improvenya,  Saat mulai riding sangat terasa kalau Honda PCX 160 ini dapet memberikan pengalaman riding yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini karena adanya ubahan desain rangka untuk meningkatkan handling yang sempurna.

Selain kenyamanan karena handling yang manteppp… ada Fitur baru yang di sematkan AHM untuk All New Honda PCX tipe ABS dan e:HEV (Hybrid) yakni fitur HSTC ( Honda Selectable Torque Control) yang berguna banget untuk mencegah ban belakang spin saat motor dikendarai. Fitur yang dapat di setel sesuai kebetuhan ini, bekerja dengan teknologi sensor yang beradda di area roda belakang.

Saat test ride, dengan kondisi HSTC Active, tapi Tebe belum merasakan fungsi fitur tersebut bekerja, apa mungkin karena medan/tract singakta dan gaya ridingnya terlalu santai kali ya..? Next klo ada kesempatan test ride, Tebe Coba expolore lagi! 😀

Menikamati riding kurang lebih 5 putaran, Honda PCX 160 emang nyaman dibawa meliuk-liuk di track yang mirip gymkhana. Kali ini kita bahas soal Improvement kembali di area kaki-kaki, yup…adanya peningkatan pada profil ban PCX 160 yang lebih lebar dari sebelumnya (saat ini : ukuran ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13) bikin handle berasa asik dan motor nurut dan satbil bener diajak miring-miring, hal ini tak lepas dari peningkatan pada sisi suspensi belakang yang lebih panjang 15 mm.

Performa Honda PCX 160

Saat akan memasuki area test ride, saat tuas gas diputar..akselerasi halus dan bertenaga dengan karakter mesin berkubikasi 156,9cc amat terasa bedanya jika dibanding mesin sebelumnya.

Sangat dirasa kalau tenaga Honda PCX lebih halus di putaran awal, namun terasa lebih nendang di putaran menengah ke atas, saat melibas tikungan dan mencoba tancap gas..akselerasi berasa mulai naik diputaran tangah, Jadi inilah karakter mesin overbore yang dimiliki PCX 160, dari diameter silinder (bore) yang naik (dari 57,3 mm menjadi 60,0) dan jarak piston (stroke) menjadi lebih pendek (turun menjadi 55,5 mm dari 57,9 mm).

Yup…Honda PCX 160  kali ini mengusung mesin eSP+, SOHC, 1 silinder, 4 katup, PGM-Fi. Beda dengan PCX 150 yang masih menggendong mesin 149 cc, 2 katup.

Di atas kertas, mesin ini lebih powerful dari PCX 150 yang punya power 10,8 kW dan torsi 13,2 Nm. Honda PCX 160 memiliki tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6500 rpm.

Saat TerasBiker memacu dilintasan lurus berjarak kurang lebih 250 Meter, terbukti motor pun sangat stabil dan minim vibrasi, karena keterbatasan trek dan kondisi aspalt abis diguyur ujan dadakan, kecepatan yang dapat Tebe dapet cuma 87km/jam, asli pengen gebeerr tapi rada-rada ngeri takut bablaasss sob..hahaha

Sektor pengereman pun jauh lebih nyaman, kebetulan Unit yang Tebe gunakan adalah Tipe ABS, jadi saat geberrr dilintasan lurus Tebe coba lakukan hard-breaking dengan menekan kedua tuas rem (depan dan belakang) secara bersamaan dengan penuh perasaan ya Sob hahaha, untuk rem belakang karena belum ada fitur ABS, jadi sedikit berdecit karena roda terkunci seketika tapi tetap aman Sob,  dengan kombinasi rem depan yang sudah ABS membantu mengatasi motor hilang kendali, ditambah dengan peningkatan pada  profil ban yang menjadi lebih besar. So..Untuk pengeraman dibantu fitur ABS memang makin Ajibb! Puas banget dah..! ini baru satu channel ABS, gimana ditambah pada rem belakang yah..hmm bisa jauh lebih ajibb dah, AHM improve doang 😀

Kesimpulannya ?

Nah, itu tadi kesan pertama Tebe saat n PCX 160. Gimana Soal harganya ?

Dengan segala pembaruan, baik dari segi desain, mesin dengan eSP+, serta fitur-fitur baru, motor ini bisa jadi pilihan sob buat kalian yang ingin tampil berkelas…Jujur..AHM berani banget , dari semua upgrade yang diberikan, Harga All New honda PCX 160 ini cuma punya selisih harga kurang dari 1juta dari PCX150 sebelumnya. jadi udah gak ada kata OverPrice yee 😀

Intip aja Harga terbaru All New Honda PCX 160 2021 (OTR-Jakarta)

All New Honda PCX 160 dijual dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Berikut :

  • Harga All New Honda PCX 160 – CBS : Rp. 30.350.000,-
  • Harga All New Honda PCX 160 – ABS : Rp. 33.950.000,-
  • Harga All New Honda PCX 160 – e:HEV : Rp. 43.550.000,-

Nah..Silahkan dipilih sesuai budget serta kemampuan masing-masing ya.. sekian dari Tebe 😀

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com

 

 

 

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.