6 Tips Menyetir Mobil Pada Malam Hari, No. 4 Sering di Abaikan!

132
Tips Aman Berkendara di malam Hari - image Source girlsdrivebetter

TerasBiker.com – Halo Sobat Sekalian, Punya rencana berpergian jarak jauh menggunakan mobil di malam hari ? jika ya.. artikel ini pas buat Sobat yang ingin menempuh perjalanan panjang. Yup…Malam hari adalah waktu dimana banyak orang tidak melakukan aktivitas apapun kecuali beristirahat. Hal inilah yang membuat beberapa orang yang ingin bepergian dengan jarak jauh, memutuskan untuk melakukan perjalanan pada malam hari. Sebab, mengemudi di malam hari dapat dijadikan sebuah pilihan untuk terhindar dari kemacetan. Mungkin Anda juga tidak menginginkan jika sedang bepergian justru terkena kemacetan bukan?

Akan tetapi tidak sedikit juga yang memang merasa malas ketika mengendarai mobil pada malam hari. Karena mungkin masih merasa kelelahan setelah menjalankan aktivitas seharian. Sebab, jika dipaksakan akan membuat fokus mata serta jarak pandang akan menjadi terganggu.

Jika memang diharuskan untuk berkendara pada malam hari yang disebabkan oleh kepentingan yang sangat mendesak atau berkaitan dengan masalah pekerjaan, setidaknya pada siang harinya harus beristirahat dengan cukup agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Aman Berkendara di Malam Hari!

Nah…Pada artikel Tips kali ini Tebe akan memberikan kepada Sobat sekalian beberapa tips berkendara aman di malam hari yang dapat dijadikan pegangan agar selalu diingat saat Sobat berkendara. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

Tips Aman berkendara di malam hari – Image Source Istimewa
  1. Memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik-baik saja sebelum berangkat berkendara. Seperti mesin, spion, dan lain sebagainya, serta yang paling utama adalah untuk lampu atau penerangan. Ada juga lampu sein, lampu depan atau belakang, lampu rem pada mobil. Jika setelah dicek ada yang tidak berfungsi, sebaiknya segera perbaiki. Atau memang dalam keadaan waktunya habis untuk memperbaiki, alangkah baiknya untuk meminjam mobil saudara atau teman serta dapat juga memesan taksi.
  2. Memastikan kondisi tubuh Anda sangat baik dan mampu untuk menyetir sendiri. Jangan mencoba memaksakan diri ketika memang tidak dalam kondisi yang fit. Sebab dapat membahayakan diri sendiri bahkan orang lain.
  3. Ketika dalam kondisi yang kurang baik memang Anda memaksa untuk menyetir, setidaknya ajaklah teman atau siapa saja. Lebih baik lagi jika teman Anda dapat menyetir mobil juga, untuk diajak ngobrol agar ketika merasa lelah atau ngantuk dapat bergantian untuk menyetir mobil.
  4. Mengetahui rute atau jalur yang akan dilewati. Ketika Anda memang baru pertama kali melewati jalur tersebut, jangan mencoba untuk menjalankan mobil dengan kecepatan tinggi. Sebab, melewati jalan yang baru pertama kali Anda lewati kemungkinan besar resikonya. Mungkin saja ada jalan berlubang, tikungan, tanjakan, turunan, dan lain sebagainya yang kita belum paham letak persisnya dimana.
  5. Menggunakan lampu jarak jauh seperlunya saja. Sebab, jika terlalu sering atau lama, kemungkinan besar menggangu para pengendara lain yang berlawanan arah dengan Anda. Jika memang sangat gelap, gunakan lampu jauh, kemudian ganti dengan lampu dekat.
  6. Jika perjalanan yang anda tempuh sangat jauh dan membutuhkan waktu berjam-jam, berhentilah dalam selang waktu dua jam sekali. Ini agar anda dapat beristirahat sebentar.

Last…Itulah Beberapa ulasan mengenai tips menyetir mobil pada malam hari yang dapat Sobat jadikan panduan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk menggunakan layanan asuransi kendaraan terbaik agar dapat memberikan cover terhadap kendaraan Anda.

Semoga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.