TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Wow baru setahun si Stella aka Suzuki NEX II kepunyaan Tebe udah tembus 13.000 KM sob, sebenarnya itu hitungan jarang di pake, karena untuk mobilitas harian masih sering pake si Bleki Rio (vario 125 eSP) yang saat ini udah tembus 80.000 KM selama 4,5 tahun di geber!!

Oke balik ke si Stella yang udah tembus 13.000 KM dan waktunya service, sebenarnya sih dari baru emang rutin service sob, tapi ya gitu cuma sekedar ganti oli dan tune-up ringan hingga jadwal service ke-4 ini akhirnya udah mulai minta ada pergantia part, Nah kira-kira apa aja ya perlu di ganti ?

 

Perawatan Rutin / Service Suzuki NEX II

Sebelum Masuk pit service, di bagian pendaftaran sama petugasnya udah ditanyain kira-kira apa yang kurang enak, sesuai yang di rasain aja klo untuk tarikan aman-aman aja sih soal mesin karena Tebe runtin lakuin ganti oli tiap 3.000 km, paling komstir agar keras, Lampur Utama HL karena udah putus satu yg low (bawah), Filter udara dari baru belum diganti, busi dan oli gardan (gearbox). Klo CVT ini perlu di bongkar dulu jadi Tebe sekalian minta dicek kira-kira apa aja yang peru diganti.

Setalah motor naik area pit service, langsung dibokar are CVT, di cek kampas ganda, roller dan slidepiece masih aman, jadi cuma sekedar dibersihin aja, untuk oli gardan yang paling parah udah item banget Sob dan langsung diganti, komstir bener karena sering kena lubang jadi efeknya jadi agak kaku dan di kendorin selesai normal lagi, Busi di cek masih aman cukup di bersihin aja.

Lampu Depan (HL) ini sampe gosong hahaha…ternyata Bohlam biasa ini wattnya gede juga ya 12V/32 watt efek panasnya mantul, langsung aja Tebe ganti sama LED light lebih kecil cuma 5 Watt dan lebih terang pastinya Sob cuma lupa di foto karna udah keburu di pasang sama montirnya, Filter udara pas dicek juga udah kotor ga ketulungan jadi harus diganti.

 

Dari hasil pengecekan dan pergantian Part di Suzuki NEX II kepunyaan Tebe ini udah jelas ya di 13.000 KM ini apa aja yang mesti diganti, cuma ini ga bisa jadi patokan karena masing-masing pasti ada perbedaan tergantung dari gaya riding dan penggunaan harian motornya, jadi klo Tebe list part yang diganti dan biayanya ya sebagai berikut :

1. Ganti Lampu utama/HL tip LED Rp. 125.000,-
2. Ganti Filter udara Rp. 96.000,-
3. Ganti oli GearBox/gardan Rp. 9.000,-
4. Jasa Bongkar/ Bersihin CVT Rp. 60.000,-
5. Jasa Service Masih free sampe service ke-5

Total Rp. 290.000,-

Nah kira-kira itu sob part yang harus ganti dan biaya perawatan suzuki NEX II di 13.000 atau selama satu tahun penggunaan, atau ada pengalaman lain dari Sobat sekalian ??

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

15 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.