Banyak Yang belum Tau, Tenyata Begini cara Kerja Fitur ESS Honda ADV 150!

523

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Happy Weeken Sob!! Masih ingetkan postingan Tebe yang membahas mengenai Sharing Technology Honda ADV150 di PapaBro Cafe Kemang (MotoVillage) beberapa minggu lalu ? Yup…dikesempatan ini Tebe sengaja tulis artikel yang berkaitan dengan postingan tersebut, tetapi kali ini hanya mengambil satu point pembahasannya saja seperti Fitur Tersembunyi dari Honda ADV150 yakni ESS (Emergency Stop Signal).

Bytheway..anyway..! Sobat Sekalian Tau gak apa itu Fitur ESS ? sebenarnya Tebe sendiri pun baru ngeuh sama fitur ini, cuma memang belum pernah melihat cara kerjanya secara langsung seperti apa, so diartikel ini akan kita kupas cara kerja ESS pada Honda ADV150!

Baca Juga :

ESS atau Emergency Stop Signal adalah sistem canggih yang berkaitan dengan safety atau teknologi penunjang keselamatan di saat di jalan yang sangat berguna Sob dan Honda ADV 150 adalah model ke-5 Honda yang dibekali Fitur ini. Tapi perlu diketahui ya, Fitur ESS ini hanya tersedia pada varian Honda ADV 150 tipe ABS aja, so ya CBS-ISS belum ada ya πŸ™

“Fungsi ESS ini pada dasarnya yaitu sistem kesemalatan pasif untuk memberitahu pengendara di belakangnya bahwa kita sedang melakukan pengereman mendadak. Supaya pengendara di belakang tidak menabrak yang depan,” Jelas Pak Wahyu dari Wahana Technical Service Funvtion (TSF)..

Gimana Cara Kerja fitu ESS (Emergency Stop Signal) pada Honda ADV 150 ?

Cara kerja dari Fitur ESS Honda ADV 150 yakni akan mengedipkan semua lampu sein secara cepat ketika rider melakukan pengereman secara meendadak. Yup cuma sesederhana itu tapi sangat bermanfaat untuk meberikan signal bagi pengendara di belakang agar melakukan pengereman sehingga dapat menghindari terjadinya tabrakan.

Honda ADV150 ABS – Kecepatan sekitar atau lebih dari 56 kpj

Oh iya Sob, di sesi sharing Technology Honda ADV 150 Pak Wahyu juga menjelaskan mengenai Syarat fitur ESS ini bekerja, karena ESS dan hazzard berbeda, Kedipan pada hazzard memiliki jeda cukup lama, sedangkan ESS akan berkedip sangat cepat.

Begini Cara Kerja Fitur ESS (Emergency Stop Signal) pada Honda ADV 150

  • Kondisi ESS bekerja
  1. Kecepatan sekitar atau lebih dari 56 kpj
  2. Deselerasi atau pengereman mendadak sekitar dan atau lebih dari 6 meter per detik.
  3. ESS bekerja jika tuas rem ditekan
  • Kondisi ESS tidak bekerja
  1. Kecepatan motor di bawah 56 kpj, Jika kecepatan dibawah itu, rem ABS tetap berfungsi mencegah slip namun ESS tidak aktif.
  2. Pengereman tidak mendadak (Diselerasi) , yaitu kurang dari 2,5 meter per detik.
  3. ESS tidak akan bekerja jika tuas rem dilepas.

Nah..itulah penjelasan singkat mengenai fungsi dari ESS (Emergency Stop Signal) pada Honda ADV 150 yang hanya tedapat pada tipe ABS saja. Pastinya dengan hadirnya fitur keselamatan pasif ini setidaknya akan berguna untuk mencegah terjadinya kecelakan akibat adanya signal dari motor kita kepada pengendara yang melaju di belakang.

Moga Berguna πŸ™‚

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob!

Salam,

-Terasbiker.com-

27 COMMENTS

  1. Fitur bagus,. sayangnya ABS nya single channel,. jadi kalau kondisi hard braking kedua rem,. kalau sampe ESS nyala berarti kemungkinan udah ngepot-ngepot nih motor karena rem belakang ndak ABS,.

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.