TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Pada Sabtu (14/12) minggu lalu PT Wahan Makmur Sejati (WMS) Selaku main Dealer sepeda motor Honda Jakarta – Tangerang mengundang Tebe dan temen-temen dari Blogger & Vlogger untuk mengikuti rangkaian kegiatan terakhir di tahun 2019. Bertempat di PapaBro Cafe Kemang (MotoVillage) Wahana menggelar Event Pamungkas dengan mengadakan workshop & sharing teknologi Honda ADV 150, dengan materi pembahasan seputar fitur dan teknologi unggulan Honda ADV 150.

Tepat pukul 10.30 acara pun di buka oleh Mba Adinda dari Tim Corcomm wahana, Turut Hadir juga dan memberikan sambutan di kesempatan tersebut Head of Customer Care Wahana Honda, Pak Eky Haryadi

Beliau sedikit menjelaskan “walau bukan merupakan produk baru, tetapi Honda ADV 150 ini masih menjadi skutik permium fenomenal ditahun 2019, dimana menurutnya masih banyak informasi seputar keunggulan serta teknologi yang ada pada Honda ADV 150 belum banyak di ketahui. Pada sesi sharing ini sebisa mungkin silahkan ditanyakan apa yang belum di pahami dari produk ini dan kalo ada masukan silahkan di sampaikan”, Jelasnya.

Sejak pertama rilis hingga saat ini Honda ADV 150 cukup banyak menarik perhatian, bulan lalu mendapat penghargaan “Motorcycle of The Year dan Best Scooter Matic 150cc” dari Gridoto Award 2019 dengan aspek penilaian pada sisi desain, fitur, teknologi, performa, kenyamanan, value for money, serta jenis dan jumlah varian. Selain itu, Honda ADV 150 diklaim sebagai transformasi gaya baru skutik yang ada di pasaran tanah air. Tentunya akan banyak pertanyaan dari konsumen, terlebih Honda ADV Punya Desain dan karkter Adventure layaknya X-ADV750.

Nah…Kira-kira apa sih yang dibahas di Workshop Teknologi Honda ADV 150 ? Yuk lanjut Bacanya 🙂

Di kesempatan ini Materi workshop & sharing teknologi Honda ADV 150, langsung dipandu oleh Pak Wahyu dan Pak Mukti dari Divisi Wahana Technical Service Funvtion (TSF).

Pembahasan dimulai dari Tipe pilihan Honda AVD dimana saat ini tersedia dua pilihan yakni Honda ADV150 CBS dan Honda ADV150 ABS, Desain tampilan, Fitur terbaru, hingga fungsi-fungsi dari berbagai technologi yang di sematkan.

Fitur dan teknologi Honda ADV 150

Fitur yang ada di Honda ADV150 memang sangat lengkap dengan beberapa teknologi yang diusung Sob, Honda ADV150 ini cenderung untuk menunjang perjalanan jauh/touring. Sobat bisa lihat dari floor boardnya yang didesain dengan kemiringan sesuai anatomi kaki sang rider.

Mulai dari sisi Ergonomi yang nyaman, membuat honda ADV150 ini cocok banget untuk perjalanan jauh/touring, sehingga tetap nyaman. Hal ini telah Telah Tebe rasakan sendiri waktu Touring Jakarta – Dieng (550KM). Desain piramida jok bagian depan, juga memungkinkan rider menggeser Bokong ke depan dan belakang, Sesuai kenyamanan yang diinginkan.

Begitu pula denga raiser setang yang dilengkapi dumper. Hal ini berfungsi untuk mengurangi Rambatan vibrasi dari roda suspensi depan, jadi tereduksi lebih optimal. Hal ini membuat dekapan handgrip jadi makin lembut dan konsentrasi berkendara jadi lebih baik dalam pengaturan control bukaan gas dan tuas rem depan belakang.

Kenyamanan rider juga kian bertambah, dengan hadirnya wind screen yang tinggi rendahnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Fitur ini disebutnya sebagai Two Step Adjustable Wind Screen. Dengan proses pengaturan manual, lewat mengendorkan baut pengunci untuk menggesernya naik/turun.

Dibekali sistem ACG Starter plus Idling Stop System untuk menekan pemakaian BBM saat berada di lalu lintas yang traffic light-nya cukup rapat. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan saat kondisi darurat atau hujan lebat, fitur lampu hazard sekarang siap mengawal perjalanan Honda ADV 150.

Lanjut ke area kompartemen dashboard, Honda ADV 150 mengusung panel indicator yang paling canggih dan lengkap di kelasnya. Pada bagian ini juga, Honda ADV 150 seakan tahu kebutuhan rider karakter.

Panel indikator yang sangat lengkap Seperti info : speedometer, fuel meter, average consumption, odometer, trip meter, tanggal, jam digital, indikator baterai, indikator suhu luar ruangan, serta indikator jadwal penggantian oli mesin. Andaikan saja, Honda ADV 150 diajak survive di tengah belantara dengan trek masih level cross country, rider tak lagi khawatir.

Dibagian console box kiri terdapat DC Power Charger, untuk recharge power bank atau keperluan recharge gadget. Kapasitas tangki BBM 8 liter di bagian tengah, dan dilengkapi cover pelindung tangki.  Bagais luas Honda ADV 150 berkapasitas 28 liter, cukuplah untuk membawa bekal pakaian saat ingin melakukan perjalanan Touring.

Untuk membuka dan menututup cover pelindung tangki dan jok terbilang cukup praktis, sebab tersentral pada dua switch berbeda. dimana Switch hanya akan berfungsi, ketika knop kontak berada di posisi stand by.

Pada perangkat Honda Smart Key knop kontak Honda ADV 150, dilengkapi panel back up pembuka bagasi, di tepi sisi kanan rumah knop perangkat kunci. Memiliki bentuk penampang hexagonal. Fungsinya, untuk membuka bagasi saat kondisi darurat, seperti saat smart key tertinggal.

 

Jadi saat jok telah terbuka dengan kunci cadangan pembukan bagasi, pemilik dapat menghidupkan mesin, dengan mengakses EM Conector yang berada tool kit dalam bagasi. Serta menindak lanjuti step untuk menyalakan pada mode darurat, yang telah dijelaskan cara-caranya, jadi saat Motor Honda ADV 150 diterima, maka konsumen akan medapatkan Honda Smart Key, ID tag, Wave Key dan EM Connector.

Fitur penerangan, LED crystal bagian depan, yang mampu menghasilkan sorot lebih fokus. Canggihnya, posisi naik turun lampu jauh bisa diseting sesuai kebutuhan. Sebab, ketika riding single sorot lampu jauh biasanya simetris, tepat sesuai kebutuhan. Tapi, beda saat dipakai boncengan, sorot lampu relatif lebih naik.

Stop lamp, berdesain futuristic elegan, bias susunan LED yang inovatif, kian memancarkan stylishnya Honda ADV 150. Demikian sein belakang, mengusung model sport terpisah dari stop lamp. Tampil lebih informatif, sentuhan crystal dan LED pada komponen-nya, terkesan sampai detailing juga menjadi perhatian AHM.

Kelebihan paket mesin 150cc eSP Honda ADV 150, lebih detailnya silahkan intip dibawah Sob

  • ACG Starter, dengan komponen ini proses starter mesin jauh lebih senyap, ACG starter juga digunakan untuk fitur ISS (Idling Stop System)
  • Roller Roker Arm baru, di ADV komponen ini sudah lebih diperbaharui lagi sehingga minim gesekan dan berimbas ke irit bahan bakar.
  • Compact combustion chamber yang memberikan perbandingan kompresi tinggi untuk performa lebih tinggi
  • Spiny sleeve pada dinding silinder menjadikan penyeberan panas lebih merata di dinding silinder
  • Light weight piston, makin kesini bobot piston dibuat lebih ringan yang berimbas ke performa lebih tinggi
  • Higher rigidity for crankshaft
  • Breather structure, desain kantung-kantung air di blok mesin yang lebih disempurnakan
  • v-matic dengan w-cog belt, belt model gerigi dua sisi atas bawah yang membuat efisiensi penyaluran tenaga ke roda meningkat
  • desain transmission case baru yang memberikan sedikit tonjolan untuk menahan oli dari putaran gear sehingga gear terlumasi lebih sempurna

Dengan mengusung mesin 4 tak Single Over Head Cam eSP Idling Stop System. Mesin jenis ini dikenal memiliki tingkat efisiensi gesek yang paling bagus di kelasnya, seperti pemakaian roller pada rocker arm, berikut pencapaian off set piston yang lebih baik.

Berbekal minimnya tingkat gesekan komponen mesin, siklus piston 57,3 mm dan stroke 57,9 mm, jadi makin licin dan ringan bergasing. Akurasi suplai bahan bakar yang dilayani sistem PGM – FI (Programmed Fuel Injection), juga dikenal presisi.

Nah…dari hasil akumulasi durasi camshaft tersebut, debit bahan bakar dan rasio kompresi yang merujuk pada angka 10,6 : 1 dan program ECU yang berbeda, mampu menawarkan performa Honda ADV 150 yang berbeda. Dimana perbandingan torsi maksimal dan HP maksimal, Honda ADV 150 justru lebih dulu nongol torsi produktifnya. Dengan pencapaian13,8 Nm di 6.500 RPM. Terbukti, Untuk akselerasi awal, Honda ADV150 tak membutuhkan bukaan handgrip lebih lebar. Motor langsung njengatt!

Hal ini juga atas kontribusi racikan daleman CVT Honda ADV 150, terbagi bobot roller weight, sudut movable – fixed drive face, diameter kampas sentrifugal, hingga komposisi bahan drive belt terbaru yang lebih inovatif (V-Belt dengan alur luar dalam).

Display panel indikotor  yang di lengkapi odometer dengan informasi jadwal penggantian oli mesin. Untuk Gear Box telah di lengkapi stik pengukuran oli gear box, jadi bisa di cek manual baik kepekatan dan kapasitas olinya.

Rangka dan Suspensi Honda ADV150

Honda ADV 150 memakai rangka tipe Double Cradle, dengan bobot ringan tapi memiliki kontruksi kokoh. Saat dikombinasi dengan bodi, mampu menghasilkan dimensi 1950 mm x 763 mm x 1153 mm, dengan wheel base 1324 mm dan ground clearance setinggi 165 mm.

Ditopang suspensi depan model telescopic dan belakang tipe Twin Subtank Rear Suspension. Suspensi belakang jenis ini dilengkapi gas yang terbungkus rubber bladder separator, sehingga terpisah dengan oli suspensi.

Jadi tak adalagi istilah buble oli suspensi mempengaruhi kenyal lembutnya suspensi. penjelesannya gini Sob, dengan posisi gas dan oli suspensi terpisah seperti ini, mekanis suspensi akan bekerja lebih mulus, sesuai dengan porsinya.

Ketika bermanuver jadi memiliki tingkat kestabilan yang lebih baik. Sebab, antara suspensi sisi kanan dan kiri, bekerja pada porsinya tanpa pengaruh buble. Bahkan dengan tambahan gas yang ada dalam tabung, mekanis suspensi jadi lebih stand by. Dalam pergerakan travel per 1 mm, sudah terasa perbedaan reboundnya.

Pengeraman Honda ADV150

Pada tapak kaki, dikawal velg 14” di depan dan 13” di belakang, bersanding ban tipe tubeless profil 110/80-14 M/C di depan dan 130/70-13 M/C di belakang. Tingkat safety juga lebih baik, sebab pada tipe CBS mengusung Triple Pot Hydraulic dan dilengkapi Anti Lock Braking System 1 chanel. Pada point ini Muslimin juga menjelaskan, sistem mekanis dan komponen penunjang CBS.

Dilengkapi komponen penunjangnya disebut Delay Valve. Mekanisnya berdasar dari porsi tekanan master rem. Misal, saat di kecepatan stasioner, dengan porsi tarikan master lebih rendah, katup pada Delay Valve untuk konsumsi caliper depan jadi terbuka lebar dan sebaliknya, untuk tekanan caliper belakang relatif lebih menurun. Sehingga, efek pengereman berlangsung lebih responsif.

Beda, saat tarikan master berlangsung kuat. Katup depan pada perangkat Delay Valve akan terbuka rata. Sehingga, distribusi tekanan minyak rem ke caliper depan dan belakang, berlangsung seimbang. Dengan begitu, tingkat kestabilan jadi terjaga lebih baik, saat kondisi aspal kering maupun basah.

Nah untuk mekanis/cara kerja sistem ABS ini mekanisnya berdasar input speed sensor, yang disampaikan ke ECU, kemudian diterukan ke mekanis ABS modulator. Untuk mengatur tinggi rendahnya tekanan minyak rem, sesuai hasil input sensor.

Terakhir…untuk fitur safety dari Honda ADV 150  namun baru ada di versi ABS adalah Emergency Stop Signal (ESS). Fitur keamanan ini akan mengaktifkan lampu hazard berkedip lebih cepat dari biasanya untuk memberi peringatan ke pengendara di belakang saat kita mengalami pengereman mendadak.

Untuk dapat aktif, fitur ESS membutuhkan kondisi sebagai berikut:

  • kecepatan lebih dari 56km/jam
  • Terjadi deselerasi secara cepat lebih dari 6m/s2 saat pengereman terjadi.

Last….Demikian informasi mengenai sharing workshop teknologi Honda ADV 150 yang digelar oleh Wahana Honda sebagai event pamungkas di penghujung tahun 2019.

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob!

Salam,

-Terasbiker.com-

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.