Impressi Pertama Pakai Ban Michelin Tipe City Grip Pro, Ini Kelebihanya dari Ban Biasa!

December 16, 2018 2863 0 0

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Tak terasa ya, setelah dipakai kurang lebih dua tahun dengan jarak tempuh 31.000 KM, ban depan pengganti ban Vario 125 eSP bawaan pabrik kini sudah waktunya diganti. Ban Aspira Premio Terreno dengan motif grip dual purpose ini sebagian besar pattern bagian tengahnya telah menipis. Oleh karena itu, tepat pada pertengahan bulan November lalu, akhirnya Tebe memutuskan untuk segera melakukan pergantian ban, karena memang ban tersebut sudah tidak nyaman untuk dipakai saat riding.

Jujur, Tebe cukup puas dengan performa dari Ban Aspira Premio Terreno sebelumnya, karena Aspira Premio Terreno ini memang terbuat dari bahan karet medium compound. Lantas, material tersebut membuat ban tidak cepat mengalami keausan dan cukup awet untuk dipakai selama hampir dua tahun penggunaan.

Ban Aspira Premio Terreno yang sudah gundul bagian tengahnya

Namun, seperti yang telah disebut sebelumnya, Tebe akhirnya memutuskan untuk mengganti Ban Aspira Premio Terreno tersebut dengan merek ban lain yang juga cukup populer yakni Michelin. Untuk Tipenya sendiri, Tebe memilih Michelin City Grip Pro yang dilengkapi dengan grip/pattern yang lebih modern, tetapi tetap memiliki kesan dual purpose dengan motif semi On-Off road. Oh iya Sob, untuk ban belakang Tebe masih menggunakan Aspira Premio Terreno, biar masih ada kesan motif dirt bike antara ban depan dan belakangnya gitu sih.

Tampilan desain Grip/Pattern ban Depan Michelin City Grip Pro

Kelebihan Ban Michelin City Grip Pro

Selain karena motifnya yang modern, ban Michelin City Grip Pro ternyata punya kelebihan lain lho jika dibandingkan dengan produk ban kompetitor pada umumnya. Ban Michelin City Grip Pro telah dibekali dengan MICHELIN OVERLAP TECHNOLOGY (MOT) yang membuat ban lebih tahan terhadap kebocoran karena ban tersebut terdiri dari tiga lapisan penguat dan satu lapis karet pada pattern utama/luar. Dengan compound karet keluaran baru, Michelin City Grip Pro diklaim mampu bertahan lebih lama dan juga pastinya lebih kuat 10% dari produk kompetitor. Oh ya, masa penggunaan khususnya ban depan bisa mencapai jarak tempuh (mileage) hingga 30.000 km, sedangkan untuk ban belakang sampai jarak 20.000 km saja.

Model alur grip dari Ban Michelin City Grip Pro pun cukup unik Sob! Grip/ kembangan antara ban depan dan belakang ternyata berbeda. Selain kita bisa melihat petunjuk dari sidewall untuk arah alur bannya, ternyata untuk membedakan ban depan dengan belakangnya kita hanya butuh melihat dari alur kembangan ban saja. Karena pada bagian ban depan (front) grip/kembangan ban akan berlawan arah/terbalik dengan alur grip ban belakangnya (rear). Mengapa begitu? Ternyata Michelin mendesain ban depan dengan alur terbalik agar ban tersebut dapat lebih efektif saat menerobos maupun menjajal genangan air saat berkendara di kondisi hujan.

Tampilan Ban setelah di pasang di Roda depan Honda Vario 125 eSP Alur Kembangan Ban depan terbalik/ berlawanan arah.

tampak Samping Ban setelah di pasang di Roda depan Honda Vario 125 eSP

Impresi Pertama dengan Michelin City Grip Pro

Oke, setelah kita bahas mengenai alasan Tebe memilih Ban Michelin City Grip Pro beserta kelebihannya juga, kini kita akan lanjut membahas tentang impresi ban ini saat dibawa riding. Asli Sob… beda banget dengan sensasi memakai Aspira Premio Terreno sebelumnya, ban yang satu ini lebih terasa soft dan lebih minim vibrasi saat berbelok. Sebenarnya, ban Michelin City Grip Pro terasa lebih soft karena memang ban sebelumnya memiliki pattern grip yang cukup kasar dibandingkan City Grip Pro ini yang merupakan model ban tipe on-off road. Kebetulan selama beberapa minggu ini kota Jakarta sering diguyur hujan, jadi Tebe bisa merasakan sensasinya memakai ban baru saat riding di jalan yang basah. Yup, memang berasa banget nyamannya ban ini saat dipakai dalam kondisi jalan basah ternyata. Gripnya tetap dapet dan traksi ban ke jalan tetap terjaga. Terus gimana saat riding di jalan yang kering? Kalo ini sih jangan ditanya Sob karena pastinya untuk kondisi jalan kering ban ini akan terasa lebih nyaman dibanding ban sebelumnya. So.. soal performa gak perlu diragukan lagi deh Michelin City Grip Pro ini.

Baca Juga :

Pilihan Ukuran Ban Michelin City Grip Pro

Karena ban ini Tebe gunakan untuk Motor Vario 125 eSP, jadi Tebe akan bahas penggunaan ban pada motor matic aja ya Sob! Terdapat ukuran Ban Michelin City Grip Pro dengan dimensi velg 14 inci yang memang khusus dibuat untuk motor matic. Enaknya lagi.. Sobat nggak perlu bersusah-susah saat mencari ukuran yang diinginkan, karena varian ukuran yang tersedia juga cukup banyak! Berikut Tebe berikan beberapa pilihan ukuran ban Michelin City Grip Pro :

  • Ukuran Ban Michelin City Grip Pro – 80/80-14 (Front/Rear)

  • Ukuran Ban Michelin City Grip Pro – 80/90-14 ((Front/Rear)

  • Ukuran Ban Michelin City Grip Pro – 90/80-14 ((Front/Rear)

  • Ukuran Ban Michelin City Grip Pro – 90/90-14 (Front/Rear)

  • Ukuran Ban Michelin City Grip Pro – 110/80-14 (Front/Rear)

  • Ukuran Ban Michelin City Grip Pro – 70/90-14 (Front/Rear)

Ukuran Ban Michelin City Grip Pro yang Tebe gunakan sebagai pengganti ban sebelumnya pada Vario 125 eSP tetap memiliki ukuran yang sama yakni 90/90-14. Ukuran ini sengaja Tebe gunakan untuk mengikuti ban belakang yang telah di-upgrade dari ukuran bawaan pabrik, sobat bisa baca artikel nya di sini. Dengan upgrade pada ukuran ban, Vario 125 eSP kepunyaan Tebe secara tampilan jadi sedikit terlihat lebih berisi dan tinggi.

Oh..iya, sampe lupa Sob untuk membahas soal harganya. Untuk harga, Ban Michelin City Grip Pro dengan ukuran 90/90-14 sobat bisa tebus dengan uang Rp. 272.000,- aja. Tapi memang untuk kisaran harga akan tergantung dari ukuran bannya juga hehehe…semakin besar ukuran ban maka harganya akan lebih mahal dan pula sebaliknya.

Di Mana Beli Ban Michelin City Grip Pro ?

Kebetulan karena waktu itu Tebe mengalami kondisi yang urgent, jadi Tebe belinya langsung ke toko fisik. Nah, tapi biar Sobat gak perlu repot-repot dateng ke toko fisik secara langsung baiknya Tebe sarankan untuk beli secara online saja Sob. Kalau Sobat nanya, emang bisa beli ban via online..? Ta bisa pake banget dong! Sobat bisa dapetin Ban Michelin City Grip Pro melalui situs dan aplikasi E-commerce ternama di Indonesia seperti Shopee. Selain pilihannya lengkap, proses pembeliannya juga gak ribet, cukup order via handphone dan lakukan pembayaran.. So, Sobat tinggal tunggu barang dianter ke alamat sobat. Nih, biar lebih mudah Tebe kasih deh info pelapak yang menjual Ban Michelin City Grip Pro di Shopee! Klik aja Sob link pelapaknya dengan ID tiojayamotortoko.

Kesimpulan

Ban Michelin City Grip Pro ini sangat cocok buat sobat yang mau tampilan motor kesayangannya terlihat beda. Dengan desain dari grip/kembangan ban yang terlihat modern dan stylish, mampu melindungi ban dari kebocoran, serta performa yang dihasilkan juga cukup baik maupun mampu mengontrol handle kendaraan dengan sempurna khususnya pada motor ber CC kecil seperti Honda Vario 125 eSP, ban ini bisa menjadi pilihan baik untuk berbagai kalangan.

Itulah sedikit pengalaman Tebe tentang impressi pertama saat menggunakan ban Michelin City Grip Pro selama hampir 1 bulanan. Nah, yang jelas secara keseluruhan Tebe puas banget karena Michelin berhasil memberikan kenyamanan terbaik pada produk ban dengan tipe medium compound ini di tingkat harga yang diberikan Sob! Sip.. gitu aja deh ya, semoga artikel ini dapat berguna ya..:)

Baca Juga :

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob 🙂

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

Tags: ban michelin City Grip Pro, kelebihan ban michelin City Grip Pro, michelin City Grip Pro, review ban michelin City Grip Pro, ukuran ban michelin City Grip Pro Categories: accecories-part, Review
share TWEET PIN IT SHARE
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: