4 Hari Bersama Yamaha Lexi ini Kelebihan dan Kekurangannya Menurut Terasbiker!

August 1, 2018 4455 0 0

Terasbiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Yamaha Lexi125 yang merupakan Keluarga baru dari MaxiYamaha ini memang bisa dibilang produk skutik gambot dengan  kubikasi mesin masih di bawah sang kaka Yamaha NMAX dan Aerox yakni hanya 125cc. Hal ini sejalan dengan cita-cita Yamaha yang berkeinginan menciptakan Skutik Maxi dengan harga Murah, kaya fitur dan Fungsional serta tidak meninggalkan sisi performa pada Mesinnya, Yamaha Lexi punya spesifikasi yang lebih mumpuni dengan mesin 125 cc, Lexi mampu memuntahkan power mesin hingga mencapai 11,7 daya kuda dan torsi 11,3 Newton meter.

Tebe yang Sempat mendapatkan kesempatan unit Test Ride dari yamaha selama 4 hari..hmmm sebentar banget ya 🙁 tapi gpplah yang penting bisa merasakan untuk pemakaian harian, jadi artikel ini intinya sebagai pelengkap dari beberapa artikel review yamaha Lexi 125 yang udah duluan publish.

Baca Juga :

Walau hanya kebagian waktu 4 hari aja, tapi tenang sob..secara maksimal Tebe coba sedikit gali kelebihan dan kekurangan Yamaha Lexi 125 ini menurut penilainya pribadi Terasbiker. Nah..kebetulan unit Testride yang Tebe terima adalah Lexi S-Version (key-Less). Yukk kita bahas apa aja sih yang keren dari Yamaha Lexi 125 ini ?

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi 125

Pertama dari sisi Desain, Yamaha menghadirkan Yamaha Lexi sebagai Skutik dengan tampilan skutik Elegant “Smart & Sexy Design”, hal ini terlihat dari setiap sudut desain body yang serba membulat dari bagian depan Head-lamp hingga buritan belakang. Hampir sama sekali gak ada sudut menajam dibagian sisi bodynya. Kesan Maxi pada Yamaha Lexi ini makin terlihat karena adanya windshield dan posisi stang yang tinggi serta tertutup cover.

Yang Membedakan Yamaha Lexi 125 dengan Yamaha NMax dan Aerox adalah tipe Rangkanya Underbone dimana Pada Yamaha Lexi jelas Letak Tangki BBM dipindah dibawah Jok untuk memberikan Ruang Lebih dibagian Dek/pijakan kaki…Bener-bener luas Sob sampe bisa bawa 2 galo air, Tebe aja biasanya pake Vario itu bawa 2 tas ditumpuk + boncengin si Sulung didepan udah berasa sempit buat pijkan kami, tapi di lexi gak ada kata sempit…namun yang jadi masalah adalah ruang kompartemen yang ada dibawah Jok menjadi lebih kecil.

kedua, fitur yang cukup modern, Fitur-fitur yang terdapat pada yamaha Lexi bisa dibilang cukup komplit, seperti Speedometer Full Digital yang membuat kesan mewah dan terlihat modern, Fitur lainnya seperti Lampu Hazard, Dibekali fitur canggih Stop & Start System (SSS) berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti. Apalagi ditambah Smart Motor Generator (SMG) membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Suspensi belakang sudah Tabung untuk versi-S dan power-outlet untuk charger gadget saat berpergian jauh dan yang terakhir adalah system kunci kontak dengan Tipe Key-Less, jadi nyakan motor cukup pencet-pencet remote dan tekan+puter tombol knob kuncinya, tunggu lampu indikator speedo menyala..motor siap untuk distarter.

Ketiga, Suspensi dan Bagian Jok Yamaha Lexi, redaman pada Suspensi Depan cukup nyaman namun agak terasa sedikit ke empukan dan untuk suspensi belang dengan sub-tang cukup nyaman jika digunakan untuk berbocengan jadi gak terlalu mentul-mentul, tapi klo sendiri agak keras dan kurang meredam guncangan.

Joknya sendiri di desain dengan kontur busa yang cukup lembut..dimensi Jok Yamaha Lexi ini memang cukup lebar karena mengikuti bentuk body motor…Tebe yang punya Tingg 168cm ini bisa dibilang harus jingjit balet dan gak bisa menapak sempurna. tapi jangan khawatir..klo motor udah jalan posisi riding akan sangat nyaman sob, seriuss gak ada tuh harus penyesuaian dulu, riding jarak jauh pun gak berasa pegel dan Yamaha Lexi emang paling nyaman dah buat boncenger…Sinyonya yang bilang..beda banget sama naik Vario.

Keempat, Sistem Pengereman…untuk masalah braking Tebe akuin sistem disk-brake Yamaha Lexi emang enak banget gak ada tuh pas direm nyelonong..pakem karena piringan/disknya punya diameter yang lumana lebar sob…duh makin pengen ganti ninin dahh, dikombinasikan dengan sistem rem tromol pada roda belakang..sayang banget ya, harusnya Yamaha memberikan double-diskbrake pada Yamaha lexi ini, pasti makin ganteng dan nyaman tentunya. Satulagi..Yamaha Lexi belum ada tipe ABS.

Yang terkahir…Performa mesin dan Handling serta kapasitas tangki BBM. Saat mesin dinyalakan dan motor dibawa riding, Yamaha Lexi ini memberikan kesan motor Maxi namun dengan bobot yang ringan, saat dibawa riding Handlingnya cukup nyaman untuk bermanufer kelak-kelok, ukuran ban yang disematkan pada yamaha lexi adalah 90/90 untuk depan dan belakang 100/90 dengan Pelek 14″, ternyata gak mengurangi kelincahannya.

Performa mesin cukup responsif pada putaran bawah, tengah..untuk putaran atas saat VVA aktif di 6000rpm tarikan mesin akan mulai terasa powernya, namun cukup disayangkan pada putaran tengah di 6000rpm vibrasi mesin cukup terasa diarea stang, saat mesin kondisi idling/stasioner pun vibrasi dari mesin cukup terasa. Untuk Tanki BBM sepertinya telalu kecil untuk ukuran MaxiYamaha yakni hanya 4.2Lt saja.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi 125

Kesimpulan, Seperti ungakpan tak ada gading yang tak retak, Nah pastinya setiap produk sepeda motor pun punya beberapa kekurangan. Jadi setelah empat hari riding dengan Yamaha lexi 125, inilah beberapa poin kelebihan dan kekurangan Yamaha Lexi 125 menurut penilaian pribadi Terasbiker :

Kelebihan Yamaha Lexi 125 :

  • Punya dimensi desain lebih ramping dan bobotnya lebih ringan dibandingkan Maxi Skuter Yamaha lainnya.
  • Bagian Dek/Pijakan kaki cukup luas dengan jok panjang yang memaksimalkan kenyamanan bagi pengendara dan boncenger
  • Teknologi Mesin 125cc yang dilengkapi dengan Blue Core dan VVA, sehingga konsumsi bahan bakar semakin irit dan performa mesin tetap optimal.
  • Mengadopsi suspensi belakang tabung (Sub-Tank) yang membuat berkendara semakin nyaman dan lebih stabil saat melewati berbagai terutama saat berboncengan.
  • Kaki-kaki/ ban tapak lebar pada roda depan dan belakang.
  • Adanya fitur keamanan “Smart Key System” atau Keyless yang membuat berkendara semakin nyaman dan telah terintegrasi pada Answer Back System & Immoblizer.
  • Sudah mengadopsi lampu depan Full LED + adanya lampu Hazard.
  • Teknologi Smart Motor Generator yang membuat suara motor lebih halus saat distarter.
  • Adanya fitur “Electric Power Socket”” yang berguna mengisi daya gadget pengendara saat sedang berpergian jauh.

kekurangan Yamaha Lexi 125 :

  • Ruang penyimpanan/Bagasi dan Glove Box terlalu kecil
  • Terasa sekali adanya Vibrasi /Getaran di area stang
  • Shock belakang agak keras saat Riding sendiri, Tapi nyaman untuk berboncengan
  • Kapasitas tangki BBM kurang Besar hanya 4,2LT
  • Pada Yamaha Lexi S (varian Tertinggi) masih menggunakan rem belakang tipe tromol.
  • Tidak ada varian ABS

Last itulah sedikit pengalaman test ride unit Yamaha Lexi yang Tebe rasakan, jadi poin kelebihan dan kekurangan ini murni atas penilaian Tebe Pribadi ya. So..dengan harga di bawah Rp 20 juta untuk versi standar Rp. 19.950.000 dan Rp. 22.800.000,- untuk S-Version, sang adik dari NMax ini diklaim menjadi skuter ‘premium dengan harga terjangkau.’ kaya fitur dan dilengkapi smart key, Stop & Start System(SSS) dan mesin Blue Core, serta lampu hazard. Lampu depan LED, speedometer Full digital bikin yamaha Lexi ini jadi Skutik Murah dengan Fitur melipah.

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob 🙂

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

Tags: fitur lengkap Yamaha Lexi, kekurangan Yamaha lexi 125, kelebihan yamaha lexi 125, moladin_motor, review Singkat Yamaha lexi 125 Categories: Review, Test Ride, Yamaha
share TWEET PIN IT SHARE
Related Posts
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: