Tips Aman Berkendara di Musim Hujan Ala TerasBiker!

December 5, 2018 63 2 0

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Udah masuk musim penghujan nih Sob, cuaca sangat gak menentu banget, lah..Tebe berangkat dari rumah terang benderang, tiba-tiba ditengah perjalanan langsung dilanda hujan deres. Sudah sejak sebulan terakhir kondisi cuaca susah di prediksi nih dan bahkan seminggu terakhir ini cuaca bener-bener ekstrim ditambah angin kencang yang melanda membuat Tebe sebagai Biker harus terus waspada saat berkendara dijalan.

Yup disaat musim hujan melanda berbagai bahaya bisa saja terjadi, seperti pohon yang tiba-tiba tumbang, atau apapun yang berada di tepi jalan, yang bisa saja tiba-tiba roboh menimpa para pengendara yang sedang melintasi jalan. Nah kejadian tersebut tidak dapat diprediksi dan pastinya tidak dapat dihindari di saat sedang berkendara.

Berkendara pada saat kondisi hujan juga dapat membuat berkurangnya jarak pandang dan dapat menggangu penglihatan pengendara, pada saat hujan pastinya akan berpengaruh pada kondisi jalan yang menjadi lincin, banyaknya genangan air, serta lubang pada jalan yang rusak patut dan perlu di waspadai Sob.

Nah.. bagi para Bikers yang memang menginginkan perjalanan yang aman dan selamat sampai tujuan, gak ada salahnya untuk menyimak beberapa Tips Aman berkendara ala TerasBiker berikut ini :

1. Jangan Lupa dan selalu Bawa Jas Hujan (Rain Coat)

Nah..kadang tebe suka memperhatikan masih aja ada biker / pengendara motor yang menganggap tak perlu dengan perangkat berkendara yang satu ini, alhasil pas kondisi hujan ada yang nekat basah-basahan dan berteduh dikolong Underpass dan bikin macet. sebagai pengendara motor menurut Tebe wajib hukumnya untuk punya dan selalu bawa Jas Hujan.

yang penting kepala ga basah bro 😛

Untuk saran sebaiknya hindari penggunaan jas hujan model ponco, karena memiliki resiko nyangkut dan rawan kecelakaan.

Bahaya Jas Hujan model ponco yang bisa nyangkut dirantai

2. Perhatikan kondisi dan Tekanan udara pada Ban

Segera ganti ban jika kondisinya sudah mulai botak atau alur grip ban sudah mulai habis, Karena kondisi jalanan pada saat hujan atau basah akan menjadi lebih licin, jika tekanan angin pada ban terlalu tinggi maka permukaan ban menjadi tidak menapak seluruhnya dan bisa lebih mudah terjadi slip, untuk menghindari hal itu maka tekanan udara baik depan dan belakang bisa di turunkan tekananya antar 3 s.d 5 psi.

jaga kondisi ideal tekanan udara pada Ban

3. Nyalakan selalu Lampu Utama

Untuk semua jenis motor baru saat ini sudah pasti dibelaki dengan kondisi lampu yang akan menyala pada saat kontak dinyalakan, nah poin ini hanya berlaku buat pengguna motor yang masih perlu menyalakan lampu utama dengan kontak, karena dengan kondisi hujan cahaya lampu yang berasal dari kendaraan akan membantu penglihatan (sebagai tanda) kendaraan lain dari arah berlawanan.

pastikan lampu utama selalu menyala saat berkendara

4. Jangan Lepas sepatu atau nyeker saat berkendara di kondisi hujan

pake sendal jepit aja bahaya apalagi nyeker 😛

Banyak yang lebih memilih nyeker dari pada sepatu kesayangan basah atau rusak kehujanan, berkendara tanpa alas/sepatu sangat berbahaya, karena selain bahaya kaki terlindas kendaraan lain yang bisa bikin cedera kaki, pada kondisi hujan posisi tapak kaki akan cukup perlu bertumpu menahan beban motor dan lebih berpotensi terkena benda tajam.

5. Jaga Jarak Aman kendaraan Sob’

Berkendara pada saat hujan sebaiknya tetap jaga jarak aman dengan kendaraan lain yang berada di depan, Hal ini bertujuan agar semaksimal mungkin memiliki jarak yang cukup pada saat melakukan pengeraman mendadak dan mengindari menabrak kendaraan lain yang berada di depan.

6. Kurangi laju kendaraan

Dengan laju kendaraan yang tinggi pastinya akan lebih memiliki resiko slip pada ban karena kondisi jalan pada saat hujan yang licin, -pastikan tetap selalu mengontrol lanju kendaraan pada saat hujan dikecepatan rendah, dengan kecepatan rendah ban akan menempel sempuran di pada pemukaan jalan sehingga grip ban lebih sempurna mencengkram dan lebih sedikir resiko tergelincirnya.

7. Hindari melintasi Genangan Air

Ketika ada genangan Air sebaiknya dihindari dan harus diwaspadi, karena kita tidak pernah tau seberapa dalam dari genangan air tersebut jadi sebisa mungkin jangan di terjang dan klo bisa menghindar sebaiknya jangan di lewati, satu lagi saat menghindari genangan sebaiknya perhatikan kendaraan yang ada dibelakang dan jangan melakukan pengereman secara mendadak.

Memaksakan melintasi genangan air tanpa tahu kondisi jalan akan berakibat fatal

Tips berkendara diatas hanya sebagian besar saja yang memang perlu menjadi perhatian kita sebagai Biker saat musim hujan tiba, agar terhindar dari resiko bahaya yang bisa saja terjadi, tetap Fokus dan berhati-hati saat berkendara, merupakan cara tetap untuk tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Semoga bermanfaat dan keep safety riding mas Bro!

sumber photo  : google image

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob 🙂

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

Tags: Tips aman berkendara, Tips Aman berkendara saat hujan Categories: Safety Riding, Tips
share TWEET PIN IT SHARE
Comments
  1. -

    Mntap gaaan

    1. -

      Thanks Mamennn 🤘👍

Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: