TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers…Tekiro Mechanic Competition 2023 Yang merupakan Lomba Otomotif SMK terbesar se-jabotabek kembali digelar, diikuti oleh 14.013 siswa jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dari 152 sekolah kejuruan, kemudian Para siswa ini berkompetisi untuk menjadi mekanik terbaik.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak Februari 2023, yang diawali dengan Roadshow sosialisasi ke sekolah-sekolah, kemudian di lanjutkan dengan open registrasi pada Maret 2023 dan dilanjutkan proses penyisihan pada 16 Mei 2023.

Tekiro Mechanic Competition 2023 – SMK Se-Jabotabek

Public Relation dan Digital Marketing Manager Tekiro, Dody Sanjaya menjelaskan bahwa untuk TMC 2023 ini melibatkan para juri, tak hanya dari internal Altama tapi juga dari praktisi dan influencer.

Public Relation dan Digital Marketing Manager Tekiro, Dody Sanjaya

“Bagi kami, kegiatan Tekiro Mechanic Competition merupakan salah satu wujud implementasi kegiatan CSR kami. Ke institusi Pendidikan, yang kita namakan Tekiro Goes To School,” ujar Dody.

Ia menyatakan kompetisi ini akan menjawab kebutuhan para peserta didik sekolah kejuruan untuk memberikan ruang bagi mereka untuk berprestasi di luar sekolah.

“Sehingga mereka punya wadah untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan meningkatkan kemampuan agar mereka siap terjun. Jadi para peserta didik itu tidak melihat hadiahnya, tapi peluang mendapatkan pengalaman dan sertifikat bagi mereka,” ujarnya.

Setelah Roadshow sosialisasi dan open register, kegiatan ini pun kembali berlanjut dengan babak penyisihan secara daring dibulan Mei, dan babak Semifinal-Final secara offline pada tanggal 17 dan 18 Juni di kantor Tekiro, Jakarta.

Dari hasil dari babak penyisihan, mengerucut menjadi 20 sekolah terbaik yang mengikuti babak Semifinal. Untuk babak Final, diikuti 10 sekolah dari hasil seleksi di babak Semifinal.

Lomba keterampilan otomotif yang digagas oleh Brand Tekiro ini, memiliki keunikan dan perbedaan dari lomba otomotif lainnya. Karena pesertanya berbentuk tim, yang terdiri dari 3 orang dengan  tujuan agar siswa dapat bekerja sama dalam merencanakan, merakit, menguji kendaraan dan menyelesaikan segala soal yang diujikan.

“Lomba ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar tentang kolaborasi, komunikasi, dan kerjasama tim yang efektif. Kemampuan ini sangat penting di dunia nyata, di mana bekerja secara tim menjadi bagian penting dalam industri”, ujar Novitasari Ketua TMC 2023.

VP Direktur PT Altama Surya Anugerah, Stephanus Santoso menyatakan gelaran tahun kedua ini merupakan tanggapan atas permintaan dari pihak sekolah, yang menganggap bahwa Tekiro Mechanic Competition ini mempunyai arti berbeda bagi para peserta didik.

VP Direktur PT Altama Surya Anugerah, Stephanus Santoso

“Jadi ini lah yang mendorong kami untuk menggelar kegiatan Tekiro Mechanic Competition ini, untuk memberikan sumbangsih bagi para peserta didik di sekolah teknik melalui program CSR kami,” ungkap Stephanus pada sesi QNA  presscon TMC 2023, Minggu (18/6).

Ia menyatakan publikasi merupakan langkah selanjutnya untuk menyampaikan prestasi para peserta TMC kepada publik.

“Sehingga masyarakat maupun perusahaan akan melihat kualitas para peserta didik ini dan bisa memberikan kontribusi sesuai dengan kualitas mereka,” ucapnya.

Tekiro Mechanic Competition 2023 – Press Conference

Bagi institusi pendidikan sendiri, keikutsertaan mereka akan menjadi bagian portofolio sekolah, yang dapat dibanggakan kepada calon para peserta didik baru.

“Sementara untuk pengajar, akan ada kompetisi tersendiri untuk pembuatan modul ajar dan juga ada lomba yel-yel dari para peserta,” pungkasnya.

Para pemenang dalam kegiatan Tekiro Mechanic Competition 2023 – SMK Se-Jabotabek nantinya akan di pilih 3 Juara terbaik dan 2 Juara Harapan dengan hadia Ratusan juta rupiah.

Selain uang tunai, sekolah yang juara juga mendapatkan trophy, peralatan bengkel, sertifikat, dan prioritas menjadi karyawan di salah satu perusahaan sponsor, serta  piala bergilir Tekiro Mechanic Competition bagi yang Juara utama.

10 Tim Finalis Tekiro Mechanic Competition 2023 ber foto sebelum mengikut perlombaan di babak Grand Final (18/06).

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.