TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers…. Sabtu jam 7 Pagi (27/05) Tebe udah Gass motoran ke Deltamas Cikarang untuk menghadiri undangan Event Safety Riding Training & Competition Blogger Vlogger yang diadakan oleh Team HC3 PT AHM, setelah menumpuh perjalanan hampir 2 jam dari cibinong, sampailah Tebe di AHM Safety Riding & Training Center di Deltamas Cikarang.

Tiba dilokasi ternyata udah ada beberapa rekan dari Vlogger, Blogger Jakarta dan Nasional seperti dari Jateng, Jawab Barat dengan total hampir 25 orang. AHM Safety Riding & Training Center Deltamas Cikarang merupakan fasilitas edukasi safety riding terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di AHM Safety Riding Park, Deltamas. Disini juga biasa jadi tempat launching dan test ride motor baru AHM dimana Tebe sendiri udah beberapa kali dateng ke sini.

Astra Honda Motor Safety Riding & Training Center – TerasBiker.com

Sesi Materi Safety Riding AHM

Acara di bukan oleh Mba Siska dari tim HC3 AHM

Tepat Jam 10 WIB, semua peserta mengikuti sesi Teori untuk mengkalibrasi kembali pengetahuan tentang berkendara aman yang disampaikan oleh Mas Erik, punggawa safety riding dari AHM, kita semua menyimak secara singkat penyampaian materi tentang safety riding dan #Cari_Aman saat berkendara.

Pentingnya pengetahuan tentang safety riding menjadi faktor pendukung dalam berkendara, hal ini yang menjadi pegangan dasar, artinya gak cuma sekedar jago naik motor aja sob, sementara pengetahuan kita soal safety riding masih minim, ini yang perlud dihindari. Karena dalam Hirarki berkendara ada poin-poin penting yang harus di kuasai, seperti :

  1. Kemampuan Berkendara (Teknik pengereman, menikung, kesimbangan, postur berkendara, dll.
  2. Kemampuan Prediksi Bahaya (Mengenali bahaya, Menghidari dan mengatasi bahaya)
  3. Kemampuan merencanakan perjalanan (Pemilihan rute, pengaturan waktu, Persiapan sebelum berkendara, pemeriksaan kendaraan, dll)
  4. Pola pikir mengenai keselamatan (Tujuan berkendara, pandangan tentang keselamatan, kontrol emosi)
  5. Budaya Keselamatan (Pandangan Sosial terhadap keselamatan, perilaku pengguna jalan secara umum dll)

Nah dari 5 point hirarki berkendara diatas kita seharusnya dapat terhidar dari yang namanya kecelakaan, yup…meski saat berkendara kita sering berhadapan dengan kondisi dan situasi berbeda namun saat kita sudah mempunyai pegangan untuk berkendara secara aman sehingga seminimal mungkin terhindari dari yang namanya kecelakan. Yup, artinya kecelakan dapat di Cegah!

Berdasarkan data kecelakan, Faktor utama adalah Manusia itu sendiri (uman factor) dimana kasus kecelakaan ini terjadi karena hal tersebut, seperti :

  1. Ceroboh terhadap lalu lintas di depan
  2. Ceroboh saat berbelok
  3. Gagal menjaga Jarak Aman
  4. Melebihi batas kecepatan
  5. Ceroboh saat mendahului

Minimal basik berkendara aman ini sudah melekat didalam diri, agar hal-hal tidak diinginkan bisa dihindari. Jadi selalu budayakan menggunakan safety gear lengkap atau minimal gunakan helm saat berkendara Sob. Jangan sampai kita menyesal karena baru sadar setelah kejadian.

Safety Riding Training & Competition

Okeh kelar sesi materi, akhirnya tibalah kita lanjut ke  sesi Training dan lanjut ke competition…. yeas akhirnya yang ditunggu tiba.  dalam sesi ini kita dibagi kelompok dan masing-masing melakukan sesi berbeda/bergantian, ada dua sesi latihan pertama balancing/menjaga kesimbangan di narrow plank dengan waktu terlama dan sesi slalom course.

Latihan keseimbangan/Balancing

challenge riding diatas Narrow plank dengan bigbike CB500F
Riding challenge dilintasan Narrow Plank dengan Bigbike CB500F – TerasBiker.com
Start > Riding challenge dilintasan Narrow Plank dengan Bigbike CB500F – TerasBiker.com

Latihan Narrow Plang, kita di uji untuk bisa riding pelan diatas plank besi dengan tetap menjaga keseimbagan, intinya harus seimbang, postur berkendara tidak berubah, karena hanya bagian tangan yang membantu keseimbangan dan berkendara selambat-lambatnya jangan sampai keluar jalur atau kaki napak ke aspal, langsung failed!

kemudian latihan slalom, Alhamdulillah treknya masih bisa di inget sob, jadi gak terlalu punyeng hahaha…sebelum memulai slalom dengan mengendarai motor, kita semua diajak berjalan mengelilingi trek untuk sekedar menghapal jalur, barulah dikasih 2x sesi dengan menggunakan sepeda motor.

Setelah sesi latihan selesai, langsung ambil nilai, semua peserta di uji baik sesi narrow plang dan slalom, Alhamduliiha Tebe bisa mengikuti semua dengan mulus, disini belum tau bakalan masuk 3 besar sob. Jadi intinya ikutin aja arahan istruktur dan hasilnya serahin aja sama tim penilai 😀

Pengumuman Pemenang

Setelah mengikuti serangkaian acara sampe selesai, kahirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba, Penguman pemenang kategori juara Harapan 1 dan 2 jatuh kepada mba vlogger Gurunsahara dan Om Sandy Lim (superbikesuspects).

Pemenang Safety Riding Training & Competition Blogger Vlogger – Juara Harapan 1 dan 2

Gak nyangka banget saat nama Tebe di sebut masuk ke 3 Besar dan menjadi juara ke 2 di event Event Safety Riding Training & Competition Blogger Vlogger 2023 ini, Alhamdulillah akhirnya bisa juara juga Sob, oh iya… untuk Juara 1 Mas Putu dari Saononemotovlog dan Juara ke 3 bro Revdy Stuntrider. Masing-masing pemenang mendapatkan Hadiah keren ternyata, Juara 1 dapat Helm Shoei X14, Juara 2 Helm AGVK6 dan juara 3 dapet Hadiah Jaket Alpinestar. Joss tenan Pokoknya!!

Juara 1, 2 dan 3 Safety Riding Training & Competition Blogger Vlogger 2023

Safety Riding Training & Competition Blogger Vlogger 2023

Acara telah selesai, Alhamdulillah dapet ilmu dan pengalaman baru mengenai safety riding, bonusnya menang competition dan Hadiah Helm AGV k6. Terimakasih untuk Team HC3 AHM yang sudah mengadakan event seru kali ini, Pesan buat kita semua selalu #cari_aman dalam berkendara yah. Tetap Taati peraturan dalam berlalulintas, tengok kiri kanan, Gunakan Safety Gear SNI, dan jangan lupa berdoa.

Semoga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.