TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers….Setelah resmi diluncurkan pada Juli 2022 lalu, Alhamdulillah akhirnya ditahun 2023 Tebe kembali dapet pinjaman Unit Test Ride Honda ADV 160 dari Main Dealer (MD) Motor Honda Jakarta-Tangerang Wahana Makmur Sejati (WMS) Gunung Sahari. Jadi untuk Test Ride Unit kali ini memang fokusnya untuk penggunaan harian ya Sob, Nah… kira-kira seperti apa sih impresi lengkapnya? Benarkan gak ya Skutik gambot ini punya tarikan bawah yang enteng dan Handlingnya bikin nyaman ?

Biar lebih gampang di pahami, jadi untuk impresinya akan Tebe jelaskan dari mulai posisi berkendaranya, Performa mesin, Handling, hingga Fitur yang dimiliki Honda ADV 160 . Yuk, simak ulasannya sampe selesai Sob!

Posisi Berkendara/Ergonomi

Untuk Honda ADV 160 memiliki jok yang tingginya 780 mm atau 15 mm lebih rendah dibandingkan versi ADV 150. Dengan tinggi badan Tebe sekitar 170cm Meski tak sepenuhnya menapak, namun posisi kaki tetap dapat menjangkau permukaan jalan, jadi tetap nyaman-nyaman aja sob.

Beralih ke area Stang, Yup.. jika di perhatikan  posisi stang yang sedikit rendah sepadan dengan tinggi joknya yang memang dibuat sedikit landai, meski perubahannya tak terlalu signifikan, namun ada rasa yang berbeda saat berada di atasnya, ada point penting lain yakni Honda ADV 160 juga dibekali material jok baru yang lebih elastis.

Area Dek Honda ADV 160 punya jarak yang lebih panjang juga, ini bener-bener bikin pengendara cukup nyaman menapakkan kaki.

Performa Mesin

Untuk penggunaan Harian, menurut Tebe pribadi Honda ADV 160 yang dibekali mesin eSP+ 160cc empat katup seperti yang halnya pada Honda PCX 160. Honda ADV 160 punya karakter mesin yang lebih responsif, dimana pada putaran bawah hinga tengah powernya terus meningkat. Untuk putaran Atas karna percobaan harian kali ini Tebe gak terlalu banyak menemukan jalan lurus nan panjang, jadi masih normal riding dikecepatan maksimal 90kpj dan itu tetap stabil malah berasa masih pengen nambah kecepatan terus. Cocok untuk dibawa Riding jauh pokoknya!

Meski punya body yang bisa dibilang cukup gambot, Honda ADV 160 masih nyaman di kendalikan dan cukup ringan klo udah dibawa riding, nah untuk karakter mesinnya pun menurut Tebe Cukup bisa di andalkan  dalam kondisi macet-macetan (stop and Go) dan dijalan Padat merayap. Mesinya pun bisa dibilang lebih halus dan minim vibrasi dari generasi sebelumnya (ADV150).

Handling dan Suspensi

Untuk urusan Handling dan suspensi, si Honda ADV 160 ini memang terlihat agak kaku dan sulit dikendarai. bukan tanpa alasan, jika dilihat dimensinya yg gede, tinggi dan cukup berbobot eh berotot maksudnya. Ternyata anggapan itu salah sob, karna setelah diajak riding justru malah sebaliknya, motor ini cukup ringan dan nyaman dikendarai dan handlingnya pun bisa dibilang nurut banget Sob….Mantap Pokoknya Sob!

Dengan bobotnya 133 Kg, Honda ADV 160 cukup nurut dan nyaman diajak liak-liuk. Cocok untuk membelah kemacetan karna ringan di kendalikan. Saat di bawa menikung/bermanuver dikecepatan tertentu motor tetap stabil.

Honda ADV 160 didukung dengan FItur HSTC (Honda Selectable Torque Control) dan sistem pengereman ABS single Chanel Yakni pada sistem pengereman depan saja, kedua Fitur tersebut menurut Tebe sangat menunjang banget saat dibawa melintasi berbagai kontur jalan ditambah dengan posisi riding yang nyaman serta rangka yang ringan.

Karakter suspensi depan bisa di bilang paling empuk anti jedak-jeduk sob, cukup nyaman meredam kejutan saat melintasi kontur jalan yang tidak rata dan berbatu. Kemudian untuk Suspensi belakang dengan subtank/tabung, malah ini yang terasa sedikit keras tapi untuk beboncengan jutru karakter suspensi belakanya bikin stabil.

Konsumsi BBM

Dengan menggunakan BBM pertamax dan gaya riding normal/santai antara kecepantan 65-70kpj, untuk berkendara jalur normal dan macet dengan stop and go, konsumsi rata-rata BBM yang disajikan di Speedometer tembus di angka 42,2Km/L, Wow Hasil ini tergolong sangat irit  sih klo menurut Tebe untuk skutik gambot begini. cuma sayang Tebe lupa jepreett sob 🙁

ADV 160 Punya Fitur HSTC

Apa itu HSTC ?

HSTC adalah sistem pengendali engine torque untuk menjaga stabilitas kendaraan. Mekanisme kerjanya yakni : Saat throttle dibuka dengan cepat atau saat motor digunakan dalam kondisi jalan yang licin, maka HSTC ini akan aktif guna mengurangi potensi slip pada ban belakang.

Berbeda dengan Honda ADV 150 sebelumnya,  di Honda ADV160 ini telah disematkan fitur ABS dan HSTC, dimana dengan adanya kedua fitur tersebut bekendara jadi lebih nyaman dan aman,  Fitur HSTC dan ABS ini membuat motor tetap terkendali meski berakselerasi spontan di jalan licin ataupun mengerem mendadak.

USB Charger juga dihadirkan di area console kiri dan dapat mensupport saat perjalanan jauh tanpa harus khawatir ke habisan daya pada perangkat Handphone.

Kesimpulannya

Overall, Honda ADV 160 menawarkan pengalaman berkendara baru yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya ADV 150. Honda ADV 160 bisa di bilang punya banyak kelebihan dalam hal performa, handling, pengereman dan posisi berkendara serta Fitur baru.

Motor yang cocok untuk penggunaan harian atau perjalanan jauh ini dibandrol Rp. 36jtan OTR-Jakarta, Nah untuk sobat yang mau cari motor Matic begaya Adventure cocok banget nih ADV 160 buat dijadiin temen bertualang.

Untuk informasi produk dan pembelian silahkan klik link : https://www.wahanahonda.com/produk/honda-adv-160

Semoga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.