TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers, Mungkin sobat sekalian adalah salah satu konsumen yang mengalami kendala Inden pembelian unit sepeda motor Honda, terutama unit Honda Scoppy dan BeAT ? jika  benar, maka saran Tebe mohon untuk bersabar dulu sob, hal ini bukan tanpa sebab namun faktanya kondisi di lapangan berbeda dengan apa yang kita fikirkan. Nah diartikel ini Tebe ingin berbagi informasi mengenai alasan tersebut. Apa sih yang sebenarnya terjadi ? kuy lanjut bacanya….

Sejak April 2022 lalu, Tebe sebenarnya sudah mendengar informasi ini dari media otomotif di Tanah Air seperti gridoto, bahwa produksi dari Sepeda motor Honda terutama Scoopy dan BeAT mengalamin penurunan, karena adanya masalah ketersediaan komponen pendukung bernama chip semikonduktor yang tak sebanding dengan tingginya produksi. Dimana rumornya AHM terpaksa menghentikan sementara produksi dua skutik andalannya tersebut Sob, dan hal ini tentunya berimbas pada pengiriman unit ke konsumen jadi tertunda.

Emang Apaan Sih komponen chip semikonduktor itu?

Chip semikonduktor sangat penting bagi sejumlah industri, termasuk sepeda motor. Tanpa komponen kecil tersebut, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna. 

Komponen Chip Semikonduktor merupakan komponen pintar yang erat kaitannya dengan pembuatan komponen part pada sepedamotor. So..Tanpa komponen kecil tersebut, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna. 

Chip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon dan lainnya. IC sendiri adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik (Seperti: Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor) yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil. 

Chip semikonduktor bersifat sebagai isolator listrik (tidak dapat dilalui arus listrik). Namun pada temperatur, arus listrik, atau dalam keadaan tertentu, semikonduktor dapat juga berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik), misal sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.  

Di mana komponen IC itu digunakan di sepeda motor? 

Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks seperti pembuatan komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya. 

Bagaimana proses pembuatan IC itu? 

Komponen IC dibuat dengan menggunakan Proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak suatu gambar/pola hingga ukuran nanometer (nm). Sehingga dapat diproduksi sebuah IC dengan ukuran kecil. 

Pengaruh terhadap Masspro/produksi massal sepeda motor Honda

Akibat kelangkaan komponen tersebut, proses produksi sepeda motor Honda tidak bisa optimal di tengah tingginya permintaan untuk beberapa tipe produk, termasuk diantaranya tipe yang sedang populer di masyarakat seperti Honda BeAT dan Scoopy. Sehingga waktu inden sepeda motor Honda pun menjadi lebih lama dari biasanya

dimana Kapasitas produksi yang biasanya mampu hingga 200.000 unit harus terpangkas menjadi 20.000.

Pelu diketahui, Chip semikonduktor untuk kebutuhan dalam negeri memang masih impor dari luar, salah satunya berasal dari tiongkok/china Sob. Dimana saat ini China kembali melakukan lock down akibat kebijakan zero covid yang dicanangkan oleh pemerintah setempat.  Nah dari sini semua bermula, aktivitas kegiatan produksi komponen pendukung tersebut pun berhenti sehingga pasokan menjadi tersendat, bukan hanya Indonesia negara lain pun merasakan ini, dan bukan Hanya AHM, tetapi hal ini berimpact ke hampir semua sektor industri otomotif di Tanah Air Sob.

Last…Semoga dari informasi ini sobat sekalian yang mengalami masalah inden unit sepeda motor Honda yang cukup lama bisa memahami kondis yang terjadi dan mohon besabar sejenak yak, AHM sendiri mengklaim pihaknya telah melakukan berbagai usaha agar kondisi dapat pulih sehingga bisa segera memenuhi kebutuhan seluruh konsumen di Tanah Air. Aamiin…

Semoga Bermanfaat 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.