TerasBiker.com – Halo Sobat GP-Mania, Gelaran MotoGP Qatar 2022 telah selai, dimana sang Pembalap Tim Gresini Racing Ducati, Enea Bastianini, berhasil menyabet gelar juara di seri perdana MotoGP 2022 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (6/3). Sementara itu, pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez hanya mampun finish di posisi kelima.

Start dari grid kedua, Bastianini tampil konsisten dan cukup tangguh, kemudian di susul Podium kedua oleh Brad Binder (KTM Red Bull) dan ada Pol Espargaro (Repsol Honda) di posisi ketiga. Tentu saja ini jadi kemenangan perdana Bastianini di kelas MotoGP sejak debut pada musim 2021 lalu.

 

Laps pertama dimulai, Pol Espargaro langsung tancap gas dan langsung memimpin, di belakangnya, ada sang rekan setim Marc Marquez yang mengekor ketat, kemudian diikuti Brad Binder. Sementara itu, Jorge Martin yang menyabet pole position memulai balapan dengan buruk sehingga tercecer hingga urutan tujuh.

pesaingan sengit pun terjadi, Marc Marquez yang terus mencoba merebut posisi rekan setim yang tengah memimpin. saat masuk tikungan Marc pun sempat berhasil menyalip Pol Espargaro.

Namun tak sampai lama, Pol Espargaro pun langsung dengan sigap mengambil alih tempat pertamanya kembali sehingga Marc Marquez kembali mundur ke posisi kedua. Usai sukses kembali memimpin balapan dan mencoba terus menjau dari Marc Marquez.

Diposisi lima besar tak mengalami perubahan hingga balapan menyentuh lima lap. Ada Pol Espargaro, Marc Marquez, Brad Binder, Enea Bastianini, dan Joan Mir. Namun, di baris belakang, sejumlah pembalap berusaha memperbaiki posisi, seperti Fabio Quartararo yang ada di posisi kesembilan. Dia terus memberi tekanan kepada Alex Rins.

Persaingan lima besar kembali memanas kala balapan menyisakan 16 lap, Brad Binder berhasil menyalip Marc Marquez yang ada di depannya. The Baby Alien kemudian juga mendapat persaingan sengit dari Bastianini sehingga dirinya kini menekam di posisi keempat.

Di tengah panasnya persaingan di baris depan, nasib malang menimpa pembalap tim Valentino Rossi, Marco Bezzecchi, Marco pun mengalami crash hingga terseret ke gravel. yang membuatnya tak bisa melanjutkan balapan debutnya di kelas MotoGP.

Saat balapan terisa 11 lap, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin terlibat insiden. Berawal dari usaha Bagnaia untuk menyalip Jorge Martin kala melaju di tikungan pertama, namun Bagnaia kehilangan kontrol dengan motornya sehingga tergelincir dan menghantam Jorge Martin yang berada di sampingnya dan kedua pembalap mengalami crash.

Di 10 lap terakhir balapan, persaingan di tigaa besar kian memanas. Bastianini perlahan berhasil menyalip Binder sehingga kini berada di posisi kedua. Sementara Marc Marquez, kala berjuang keras mengejar Binder di posisi ketiga, dia justru tersalip oleh Aleix Espargaro.

Bastianini kemudian kembali melancarkan serangan kepada Pol Espargaro. Usai bersaing sengit, dia akhirnya merebut posisi Pol kala balapan hanya menyisakan empat lap.

 

Laju Pol Espargaro kemudian melebar dan kondisi ini dimanfaatkan oleh Brad Binder yang menyodok ke posisi kedua. Bastianini terus melesat menjauh hingga tak tersentuh meninggalkan pembalap dibelakangya dan barhasil Finish di posisi Perama menjadi Pemenang di seri Pedana Gelaran MotorGP Qatar 2022.

Nah…Berikut hasil lengkap MotoGP Qatar 2022:

MOTOGP QATAR – LOSAIL – HASIL BALAPAN LENGKAP

1 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21) 42m 13.198s
2 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +0.346s
3 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) +1.351s
4 Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP) +2.242s
5 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +4.099s
6 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +4.843s
7 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +8.810s
8 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22) +10.536s
9 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +10.543s
10 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +14.967s
11 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +16.712s
12 Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP) +23.216s
13 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22) +27.283s
14 Andrea Dovizioso ITA WithU Yamaha RNF (YZR-M1) +27.374s
15 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)* +41.107s
16 Darryn Binder RSA WithU Yamaha RNF (YZR-M1)* +41.119s
17 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)* +41.349s
18 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)* +42.357s
Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22) DNF
Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22) DNF
Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) DNF
Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V) DNF

* Rookie

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.