TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers…Mumpung masih Weekend nih sob, ngisi waktu senggang… akhirnya Tebe baru kesampean nulis artikel Review Filter Udara Kenshi yang sebelumnya udah duluan Tebe pasang di motor Honda Vario 125 eSP lansiran 2015 (K59), cuma karena kesibukan dan lain hal..hahaha (sok sibuk beudd ya ..padahal kerja juga dirumah alias masih WFH) jadi Tebe baru bisa ulas diartikel ini.

Filter pada motor menjadi salah satu komponen yang sering diabaikan oleh para pemilik kendaraan. Yup… komponen yang satu ini memang tak begitu krusial. Tapi klo gak paham soal cara merawatnya¬† juga bakal jadi masalah nantinya.

Idealnya penggunaan filter udar pada motor Matic Injection perlu diganti secara berkala tergantung dari kondisi dan jenis filter yang digunakan,Untuk Jenis Filter udara kering biasanya perlu dilakukan pergantian antara 8.000-10.000km, sedangkan jenis filter udara basah hingga maksimal 16.000km.

Baca juga :

Filter Udara Kenshi

Tapi tidak berpatokan juga sama jarah tempuhnya ya, klo filter udara dicek udah bener-bener kotor ya harus segera di ganti, hal ini bertujuan agar tidak menjadi masalah karena filter udara yang kotor bisa membuat udara yang masuk keruang bakar menjadi berkurang dan efeknya pembakaran jadi gak maksimal mengakibatkan tarikan motor jadi kurang bertenaga, yang parahnya lagi bisa bikin konsumsi BBM jadi makin boros.

yang atas kondisi filter udara lama yang udah penuh debu

Berapa Harga Filter Udara Kenshi ?

Ngomongin Harga, Untuk part fast moving seperti filter udara Honda Vario 125/150 eSp yang Ori/Genuine Part biasanya kisaran 90rban Sob, tapi banyak juga produk-produk Filter udara after market dengan harga 50-60rb.

Harga Filter udara vario 125/150 eSP original – Rp. 98.000,-

Nah…sesuai judulnya, kali ini untuk pergantian Filter udara Honda Vario 125 eSP Tebe percayakan pake produk Filter Merk Kenshi, dengan harga lebih hemat hampir 50% dari filter ori/Genuine, Filter udara Merk Kenshi untuk Vario 125 eSP ini dibandrol cuma Rp. 40.000,- aja Sob, Soal kualitas gak perlu diragukan karena Filter udara dari Kenshi ini bisa dibilang part aftermarket setara sama produk Orinya (OEM) dimana produknya sudah menjalani serangkaian pengujian dengan Standar JIS D1612, jadi udah terukur soal Performa dan Fungsi Filterasinya Sob.

Kelebihan Filter Udara Kenshi dibanding produk aftermarket lain:

  • Dimensi presisi dan pemasangan PnP
  • Konstruksi frame kokoh
  • Papernya basah untuk menangkap partikel debu
  • Papernya juga kokoh, tidak lembek

Filter Udara Kenshi juga telah dilakukan pengujian berdasarkan standar JIS D 1612.
Ada beberapa parameter pengujian Filter Udara, 4 diantaranya merupakan parameter penting, yaitu:

1. Pressure Drop
2. Dust Holding Capacity
3. Eficiency
4. Life test.

Kesimpulannya, Setelah ganti Filter Udara Vario 125 eSP dengan Filter dari Kenshi kira-kira udah semingguan lebih, kerasa banget bedanya…motor lebih berasa lebih ngisi terus tenaganya, tarikan enteng karna nafasnya lebih panjang dan plong. Ini beneran kebukti saat Tebe otw berangkat liputan Test Ride New CB150X di Deltamas Cikirang, dari Jalur Jonggol – Cibarusah buntutin Honda ADV150 Om Endrik Elangjalanan.net di kecepatan 85kpj berasa enak aja. Selain ada peningkata Performa yang terasa, komsumsi bbm juga terbilang emang jadi lebih irit sob!

Nah..kira-kira itu Sob, Impressi Tebe saat menggunakan filter udara merek Kenshi dimotor Vario Tebe, So…dengan harga terjangkau tapi kualitas setara ori, Filter Kenshi bisa jadi pilihan tepat buat kalian yang lagi cari-cari filter udara buat motor.

Buat Sobat yang ingin melakukan order Filter udara Kenshi untuk Motor kesayangan, silahkan aja  klik link ini : Kenshi

Segitu aja Sob dari Tebe, Semoga artikel ini bermanfaat ya…

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.