Kenalin Nih Suzuki Saluto 125, Skutik Neo Retro yang Mirip Piaggio Vespa?

710

TerasBiker.com – Assalammulaikum, Halo sobat bikers sekalian…..Asli Suzuki keren Sob! Karena sudah berani rilis motor baru berlebel Saluto 125 dengan model desain bergaya Eropa banget, Yap….jika diperhatian garis desainya emang mirip banget ya sama piaggio Vespa. Suzuki Saluto ini pun mengadopsi mesin dari Suzuki Swish 125.

Diperkenalkan bertepatan dengan gelaran World New Car Show 2020 yang berlangsung di Nangang Exhibition Hall Taipei, Taiwan, mulai 26 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 mendatang.

Tapilannya sekilas emang mirip layaknya skutik Piaggio Vespa, Peugeot Django, Kymco Like 150 hingga Lambreta yang desain modelnya khas skutik Eropa (Itali). Nah biar ga penasaran seperti apa sih detail tampilan dan fitur yang ada pada Saluto 125 ini, kuy..lanjut aja bacanya Sob..!

Suzuki Saluto 125

Kita mulai dari Desain Headlampnya….. Yup…. Bentuknya memiliki desain mewah dengan garnish chrome membuat tampilan dari Suzuki Saluto 125 ini cukup menawan, batok lampunya mirip banget ya sama Matik Piaggio Vespa dengan lampu LED.

Menuju kebawah, dibagian Tebeng berdesan garis tegas yang tajam dengan bagian kiri dan kanan terdapat DRL. Sepertinya kombinasi pilihan warna Silver sangat cocok dengan list chrome di ujung depan tebengnya. Membuat kesan mewah dan elegan. kemudian pada sisi kiri-kanan di belakang lampur DRL ada semacam lampu kucing ciri khas motor eropa.

Lanjut Ke sisi area Speedometer dengan dua kombinasi yakni model/tipe Analog untuk menunjutkan Speednya sedangkan odomoter dengan display digital. Minimalis, Keren Klasik Modern lah…!

Khusus Stop-lamp, Bentuknya cukup modern dengan safe mengkotak, stoplamp ini di kelilingin LED dengan Lampu sein terpisah dibagian ujung bodi kiri-kananya.

Nah….lanjut ke area Dashboard, ada konsol Box tanpa penutup, kiri-kanan di isi dengan tempat pengisian BBM dan Keyless. kerennya lagi, di sisi kanan keyless terdapat power outlet tipe USB jadi tinggal colok kaber data carger aja ya untuk isi batre gadget.

USB charger yang menyatu dengan Keyless system, model baru nih….!

Bagian Area Deknya telihat cukup luas ya….dan konturnya floornya mirip banget seperti yang ada pada Skutik Verspa dengan bergaris menonjol sejajar.

Paduan warna Coklat pada kulit Jok membuat motor ini makin terlihat klasiknya. Sedangkan untuk sektor kaki-kaki, Saluto 125 menggunakan velg dengan ukuran 12 inchi dan dibalut dengan profil ban bertapak lebar. Serta menggunakan suspensi ganda di bagian roda belakangnya yang membuat tampilan semakin kompak dan berisi.

Dual Suspension

Untuk urusan Engine/meisn, Suzuki Saluto 125 menggunakan basis engine Suzuki Swish 125 Seperti yang Tebe infokan diawal tadi. Mesin Saluto 125 memiliki kubikasi murni 124 cc SEP (Suzuki Eco Perfomance) yang mampu memuntahkan tenaga hingga 9,4 PS di 7000RPM dan torsi 10NM pada putaran 6000RPM. Dan berkat teknologi SEP Suzuki saluto diklaim sangat irit dengan perbandingan 1:51,1 km. Wah ini sih kebangetan Iritnya Sob!

Panel Switch control handle kiri dan kanan

Last… Sepertinya PT Suzuki Indomobil Sales harus bener-bener mempertimbangakan model dari Suzuki Saluto 125 untuk dilakukan reset pasar di tanah air atau lebih bagusnya sih langsung di boyong ya :D, secara padangan Tebe pribadi desainya akan sangat timeless dan pastinya bakalan dinanti oleh para bikers tanah air yang cinta motor-motor skutik retro klasik sepert ini. Infonya Suzuki Saluto 125 masih di pasarkan di Taiwan Sob, namun tidak menutup kemungkinan akan di pasarkan secara global dalam bentuk CBU. So kita tunggu aja gimana tanggapan Suzuki Indonesia!

Moga Berguna 🙂

Image Source : Moto7.net

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob!

Salam,

-Terasbiker.com-

1 COMMENT

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.