TerasBiker.com – Halo sobat Bikers, setelah resmi diluncurkan PT. Astra Honda Motor (AHM) pada awal bulan Februari 2024 lalu, akhirnya Terasbiker mendapat kesempatan untuk mencoba unit New Honda Stylo 160 buat penggunaan harian selama 7 hari Sob, Yaa.. kebetulan unit yang TeBe gunakan adalah versi tertinggi dari varian Honda Stylo 160 series,  Yakni Versi ABS yang dibandrol Rp 30,425 juta (OTR Jakarta) dengan Warna Royal Matte Black/hitam doff sob…!

Review Singkat New Honda Stylo 160

Seperti kita ketahui, New Honda Stylo 160 hadir menjawab permintaan konsumen yang kepengen punya motor skutik Fashionable mirip Scoopy atau Genio, namun dengan performa yang lebih tinggi. Makanya Stylo 160 dikasih tagline  “Fashion Meets Power” Sama AHM. Udah punya tampilan klasik modern, power mesinnya pun mumpuni banget!

Hari pertama Berangkat kerja Gass pake Stylo 160 ABS – TerasBiker.com

Nah…Gimana Impressi TeBe saat menggunakan New Honda Stylo 160 ini untuk kegiatan riding harian seperti berangkat kerja, anter/jemput anak sekolah dan aktivitas lainnya? dan Kira-kira apa aja Kelebihan dan kekurangan Stylo 160 ketika dipakai harian? Kuy lanjut bacanya!

Ergonomi dan Sisi kenyamanan Stylo 160

Pertama yang akan kita bahas soal Ergonominya dulu, Pertama kali duduk diatas dan testride New Honda Stylo 160 pasca perilisan di Deltamas Cikarang, TeBe sudah merasakan langsung gimana Impressinya. Stylo 160 ini feelnya emang nyaman banget, dan saat sesi Test Ride pun kesan pertama yang dirasakan saat tuas gas dipulir, motor ini melesat dengan smooth dan tarikannya enteng banget!

Ergonomi New Stylo 160 saat Test Ride di AHM – Nyaman Pool Sob!

Soal Ergonomi Honda Stylo 160 ini emang cocok untuk mayoritas postur orang kita di Indonesia Sob, misal buat anak muda tau emak-emak sakalipun, karena tinggi joknya hanya 768 mm, lebih rendah 10 mm dari Vario 160. Ini terbukti, Waktu awal Stylo 160 ABS tiba di Garasi TerasBiker, istri Tebe dengan Tinggi 160 cm bisa dengan mudah duduk dengan kaki masih bisa menapak meski posisi duduknya agak sedikit maju.

2 Hari di pake Kerja PP 130KM

Sehari setelah motor tiba di Garasi Terasbiker, besoknya langsung Tebe gas buat ngantor Sob, yup… jarak rumah ke kantor TeBe di kuningan Rasuna said kira-kira 34KM, jadi PP 2 hari dipake buat kerja sekitar 130an KM sob.

Posisi total odometer waktu motor tiba sudah diangka 1.363 KM dan saat itu juga Trip A di panel speedometer langsung direset menjadi 0, supaya tau seberapa jauh jarak tempuh selama penggunanan dan konsumsi rata-rata BBM nya.

Total odometer awal 1.363 KM
Kondisi BBM Awal Full Tank (Total odometer 1.363 KM )

Performa Mesin Stylo 160

Pada Stylo 160 Mesin yang diandalkan speknya memang gan main-main, bermesin 4 langkah 1 silinder SOHC 4 klep dengan sitem injeksi dan berpendingin cairan eSP+ berkapasitas 156,9 cc overbore dengan spesifikasi bore x stroke 60 x 55,5 mm. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 15,2 dk di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Oke lanjuttt saat awal dipakai berangkat kerja. Asli… impressi pertama waktu di pakai harian buat menempuh jalur Cibinong – Margonda – Lentang Agung terus sampe Pancoran, karakter mesinnya alus, tapi responsif banget! Torsi dan powernya terasa ngisi terus baik pada putaran bawah maupun atas.

Menembus kemacetan di pagi hari rasanya gak jadi kendala, karena handlingnya yang lincah dan ringan, tau sendiri kondisi jalur arah margonda sampe pasar minggu macetnya seperti apa dan pemotor juga banyak yang pada gasspoll. Stylo 160 sangat mudah di kendalikan dan tanpa butuh waktu untuk penyesuaian.

Jadi soal mesin, Stylo 160 cocok banget yang pengen punya motor bergaya klasik modern dengan power maksimal. Cocok buat yang suka kecepatan, akselerasinya dapet tapi tetap mudah di kontrol.

Setelah 2 hari digunakan, dengan total +/-130 Km, hasilnya rata-rata konsumsi BBM si Honda Stylo 160 ini bisa sampe 53km/L luar biasa irit ini sih untuk motor dengan kapasitas mesin 160cc.

Konsumsi BBM rata-rata di panel Speedo meter setelah menempuh jarak 130km (selama 2 hari riding PP rumah-kantor)

Ini baru penggunaan selama dua hari di jalur padat lalulintas. Karena penasaran akhirnya Tebe coba lakukan pengetesan konsumsi BBM dengan metod Full to Full, kira-kira berapa dapetnya ? oke nanti kita bahas diartikel terpisah berikutnya ya Sob!

Kinerja Suspensi dan Pengereman

Untuk kinerja suspensi menurut TerasBiker karakternya terbilang Empuk pada bagian shock depan, artinya reboundnya masih smooth dan dapat meredam getaran saat melintas dijalan yang agak bumpie atau kurang rata saat riding santai ataupun sedikit ngebut sob. Berbeda dengan Suspensi depan, karakter suspensi belakang sedikit lebih terasa keras, reboundnya terlalu cepat jadi kurang meredam saat melintas dijalan yang rusak dan pas melibas speed trap, tapi saat berboncengan justru malah lebih berasa empuk.

Untuk Jok dengan tekstur ala-ala kulit dengan warna coklat, tapi ini bukan kuli beneran ya sob tapi kulit jok dengan bahan sintetis bermotif/tekstur kulit dengan permukaan sedikit kasar dan kaku, yang TeBe rasakan gak terlalu cepet panas di area bokong dan berasa tetap rilek meski busa joknya juga gak begitu empuk.

Pengeraman stylo 160

Gimana Soal pengeramannya ? selama dua hari riding dengan gaya santai atau ngebut dijalur perkotaan yang kondisi lalulintasnya kadang padet dan lengang, pengeremanya cukup jempolan. Ya… Karena Stylo 160 yang Tebe gunakan adalah versi ABS, jadi untuk pengereman feelnya nyaman dan pakem, sedikit sentuhan di tuas rem depan/belakang aja berasa pakemnya, apalagi untuk versi ABS ini sistem pengereman depan dan belakang sudah menggunakan cakram/disk brake.

Untuk sistem ABS juga mantul, enggak mengagetkan dan bekerja dengan baik, tak ada efek di jari tangan meski cuma 1 channel yang depan saja.  Pokoknya cukup memuaskan, empuk dan pakem baik yang depan maupun belakang pokoknya, motoran jadi gak was-was.

Nah, kira-kira itu dulu Sob pengalaman Tebe menggunakan New Honda Stylo 160 selama dua hari untuk aktvitias kerja, dan diartikel selanjut Tebe bakalan bahas konsumsi BBM dengan metode Full to Full dan Pengalam Riding ke Puncak Bogor berboncengan!

Gas boncengan Ke puncak Bogor Naik Stylo 160 – TerasBiker.com

Kesimpulannya, dibandrol dengan harga termurah (CBS) 27jtan dan 30jtan untuk versi tertinggi (ABS), New Honda Stylo 160 menarwarkan banyak kelebihan, diantaranya adalah Desain klasik modern dengan tampilan keren, mesin bekapasitas 160 cc yang sama dengan Vario 160 bahkan harganya pun hanya selisih 1jtan aja. jadi ada opsi untuk konsumen mau pilih yang mana sesuai selera desain yang diinginkan. Sudah Keyless untuk semua Varian (ABS/CBS). Full LED pada lampu penerangan dan kekinian Sob! Menurut Tebe sih Stylo 160 layak dimilik untuk yang suka dengan penampilan klasik tapi tetap kentjaaankkk! Satu lagi, gak perlu banyak modif, karna motor ini udah kece banget!

Semoga bermanfaat!

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.