TerasBiker.com – Halo sobat Bikers, Setelah Sesi peluncuran Honda Stylo 160 di AHM Safety Riding And Training Center Cikarang, Jawa Barat, Jumat, 2 Februari, 2024. PT AHM memberikan kesempatan kepada Para awak media, Blogger/vlogger termasuk Tebe yang hadir untuk merasakan sensasi berkendara New Honda Stylo 160 ini, Nah kira-kira seperti apa sih Impressinya ?

Sekilas mengenai New Honda Stylo 160, Skutik bergaya retro Modern ini dibekali mesin bekapasitas 156,9 cc atau dibulatkan jadi 160cc, 4 katup dengan liquid cooler/pendingi cair eSP+, mesin tersebut di claim mampu memuntahkan tenaga maksimal 15,1 hp pada 8.500 rpm dan torsinya 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Stylo 160 memiliki kapasitas tangki bbm berkapasitas 5L dan ruang bagasi bawah Jok sekitar 16,5L.

New Honda Stylo 160 – Versi CBS – Glam Beige

Dan kali ini, Alhamdulillah Terasbuer (TeBe) mendapat kesempatan untuk mencoba dan ini jadi pengalaman pertama mengendari Honda Stylo 160 Sob!!! Kebetulan yang Tebe gunakan adalah varian tertinggi yakni versi ABS dengan warna Ijo lumut/Royal Green.

Ergonomi New Honda Stylo 160

Tebe dengan tinggi badan 170 cm, ternyata sedikit jingjit Sob, jadi membuktikan klo dimensi dan tingginya sedikit diatas Honda Scoopy. Karena Honda Stylo punya ground clearance 151 mm dengan jarak sumbu roda sebesar 1.275 mm serta ketinggian jok 768 mm, tapi walaupun jinjit masih aman sob!

Meski kaki rider gak bisa menapak sempurna, namun saat sudah berada diatasnya terasa nyaman saat dibawa riding. Masih jadi PR sepertinya, untuk bagian jok stylo ini tidak terlalu empuk sama seperti pada Vario 160, cuma untuk kualitas kuli Joknya yang mirip kulit berbahan sintentis dengan warna coklat lebih baik lah dan gak mudah merosot/melar.

Tonton Juga Video Test Ride New Honda Stylo 160

Secara riding position Honda Stylo 160 bisa dibilang cukup nyaman, menurut Tebe jarak stang cukup pas dengan pengendara, jadi posisi stang dengan siku tangan sejajar. Area Dek atau ruang kaki yang lumayan luas juga menambah kenyamanan rider.

Soal Performa New Honda Stylo 160

New Honda Stylo 160 memberikan First Impression yang kuat tentang skuter dengan Performance lebih powerfull, dengan tetap terlihat mewah dan legan. Jadi udah kebayang kan, dengan desain klasik modern dan futuristik New Honda Stylo 160 memang dibekali mesin yang sama seperti Vario 160, yakni berkapasitas 160cc, akan terasa fun to ride untuk mendukung mobilitas harian di jalur perkotaan.

Gimana Handlingnya ?

Untuk Handling dan Manuver, New Honda Stylo 160 ini mirip seperti motor skutik Honda lain yang sama-sama Pakai rangka eSAF. Hal ini terbuksi saat Tebe coba lakukan manuver di jalan berkelok dan basah karena hujan, terasa ringan dan tidak terasa adanya bantingan saat riding di jalanan berkelok/menikung, hal ini juga seperti adanya andil dari bagian suspensinya, terasa sekali untuk suspensi depan yang lebih empuk dibanding dengan suspensi belakang yang sedikit lebih kerasa keras.

mendapatkan tiga kali sesi/putaran, saat putaran akhir dilintasan lurus, Tebe coba melakukan start dari 0 hingga 79kpj dengan mudah diraih pada jarakkurleb 150-200m,  cuma krn memang kondisi aspal yang basah jadi agak kurang pede aja Sob, untuk mesin Honda Stylo 160 punya kompresi yang cukup tinggi yakni 12:1 yang menghasilkan performa cukup memuaskan di kelasnya. Memberikan kepercayaan diri untuk berakselerasi, terutama di kepadatan kota.

Layar digital menampilkan segala informasi yang dibutuhkan saat berkendara, memberikan kesan klasik namun tetap modern pada Stylo 160. Informasi yang dihadirkan antara lain indikator aki, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A & Trip B dan Total odometer.

Pencet tombol Starter dan Mesin pun menyala dengan halusnya, ya Stylo 160 punya suara mesin yang khas/mirip seperti Honda Vario, dengan minim vibrasi. Membahas mesinnya, saat diajak untuk berakselerasi Stylo 160 tak seperti Vario. Akselerasi yang smooth, dan tenaga yang selalu terisi bahkan saat melewati tanjakan slope di trek Astra Honda Motor Safety Riding sekalipun, sampe terbang motornya sob.

Karena unit yang kami coba adalah tipe tertinggi yakni Stylo 160 ABS. Anti-lock Braking System (ABS) yang tersemat adalah satu channel yang dilengkapi disc brake pada bagian depan dan belakang yang berukuran 220mm. Nah pantes saat melakukan pengereman lebih terkontrol di pengeraman depan, sedangkan untuk rem belakang sempat mengalami ban slip.

Saat Tebe melakukan manuver di trek slalom, jujur Stylo 160 sangat handal memberikan kepercayaan setiap tikungannya bahkan untuk putaran 180 derajat dengan kecepatan rata-rata 40 km per jam, gak khawatir jatuh. Hal ini karena dukungan desain bodi yang kompak serta penggunaan ban lebar dan pelek berukuran 12 di depan dan belakangnya. Ukuran bannya 110/90 pada bagian depan dan 130/80 pada bagian belakang, klo di liat emang gede Sob ukurannya bannya dan cukup mendonat.

Kesimpulannya ?

Menurut Tebe Pribadi Honda Stylo 160 ini sangat cocok buat yang mau tampil beda, ya… stylo 160 memberikan pilihan baru bagi para pecinta Motor matic bergaya klasik modern. Jika sebelumnya pilihan entry levelnya ada di Honda Scoopy atau Genio, kini Sobat bisa memiliki motor dengan gaya klasik dan elegan ditambah dengan performa yang Handal. Untuk harganya pun cukup Value for money lah, dijual Rp. 27.550.000 untuk versi CBS dan varian tertinggi Rp. 30.425.000 untuk versi ABS.

Gimana Sob, Tertarik untuk memiliki New Honda Stylo 160 ?

New Honda Stylo 160 – ABS – Royal Green

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.