TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers, Royal Riders Indonesia (RoRI) Chapter Jakarta atau yang lebih dikenal sebagai ‘Rojak’ melakukan perjalanan touring dalam rangka peringati Hari Pahlawan tahun tahun 2023. Aktivitas tersebut dilaksanakan pada 1-11 November 2023.

Meski diinisiasi oleh Rojak, namun ada dua perwakilan dari chapter lain yang turut serta melakukan perjalanan bertajuk Expedition to The West 2023 ini. Mereka adalah dari RoRI Sub Chapter BRADERS dan RoRI Chapter Jawa Tengah. ROJAK menyadari bahwa perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari rahmat Allah melalui perjuangan para pahlawan. Sehingga pada masa sekarang mereka dapat melakukan touring ke mana pun di Indonesia ini dengan leluasa.

Marshall Rojak, Gunara Setiadi menyampaikan bahwa peran para pahlawan harus terus kita kenang. Secara khusus, selaku pecinta aktivitas bersepeda motor dirinya menekankan dari kegiatan hobi tersebut harus dapat mengisi kemerdekaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah Indonesia telah dianugerahi kemerdekaan. Sehingga saat ini kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya dan tidak lupa mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan hidupnya untuk kemerdekaan. Mengenang jasa para pahlawan dengan mengunjungi makam para pahlawan dan juga mengunjungi museum agar kita kembali mengingat sejarah perjuangan para pendiri bangsa. Selaku pecinta aktivitas bersepeda motor kita punya cara-cara sendiri dalam mengisi kemerdekaan tersebut. Di antaranya adalah dengan mengenang jasa para pahlawan dan menjadi pelopor ketertiban dan keselamatan berkendara di ruang lalu lintas jalan,” ungkap Gunara.

Dijelaskan juga bahwa setiap tahunnya saat Hari Pahlawan tiba Rojak melakukan kegiatan atau riding untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Di antaranya dengan melakukan ziarah kubur ke makam para pahlawan. Hal sederhana lain namun dampaknya luar biasa adalah mendoakan mereka yang sudah gugur agar mendapatkan “kemerdekaan” di akhirat berupa surga di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Pada tanggal 28 Oktober 2023 lalu, sebelum perjalanan Expedition to The West 2023 dilaksanakan Rojak melakukan ziarah kubur ke makam proklamator Muhammad Hatta. Untuk menambah kecintaan dan menyegarkan wawasan member Rojak dilakukan juga kunjungan ke museum proklamasi.

Touring menggunakan sepeda motor Expedition to The West 2023 ini merupakan inisiasi dari salah satu member Rojak yaitu Arie Djuanda. Awalnya perjalanan menuju KM 0 Indonesia di Sabang hanya akan dilakukan oleh beberapa orang saja. Kemudian mengingat animo untuk ke KM 0 di lingkungan RoRI sendiri tinggi maka dibuka untuk seluruh member RoRI.

Perjalanan Susur Pesisir Pantai Pulau Sumatra

Touring menuju KM 0 Indonesia dalam rangka Hari Pahlawan dimulai pada Rabu, 1 November 2023 sebelum adzan subuh. Empat belas sepeda motor dan rider memulai perjalanan dari Sekretariat RoRI di Jln. Proklamasi No.19, Menteng, Jakarta Pusat.

Menariknya Presiden RoRI, Adnan Maddanatja beserta istri, dan Marshall Rojak, Gunara Setiadi turut menemani dan melepas rombongan. Jika marshall hanya mengantar sampai Banten, maka presiden RoRI melakukannya sampai Lampung.

Setelah tiba di Pulau Sumatra, rombongan menyusuri pesisir barat Sumatra. Start dari Pelabuhan Bakauheni, Krui, Bengkulu, Mukomuko, Painan, Kota Padang, Tapak Tuan, Meulaboh hingga ke Banda Aceh dan kemudian menyebrang ke Pulau Weh untuk menuju Monumen KM 0 Indonesia di Kota Sabang.

Perjalanan yang memakan waktu sepuluh hari dan sekitar 3000 KM ini diikuti juga oleh perempuan berusia lebih dari lima puluh tahun. Ia sendiri merupakan member RoRI Jakarta dan menggunakan sepeda motor Royal Enfield Classic 500. Meski disediakan dua unit mobil support, member Rojak bernama Mita ini tidak mau kalau dalam perjalanannya ini tidak bersepeda motor walau hanya berjarak semeter pun.

Rencananya perjalanan hanya akan dilakukan sampai waktu Maghrib tiba. Pada kenyataannya kondisi tersebut tidak mendukung untuk tiba di Sabang tanggal 10 November. Akhirnya dengan segala perhitungan perjalanan pun tembus sampai jam 2 dini hari.

Perjalanan tersebut tidak dapat dikatakan mudah. Mengingat dari seluruh peserta yang ikut tidak ada yang pernah touring ke KM 0 Indonesia sebelumnya. Cuaca pun di luar dugaan. Mulai dari Lampung hujan sudah menyambut rombongan Expedition to The West 2023.

Setidaknya salah satu perjalanan yang dirasa cukup berat oleh peserta adalah dari Painan menuju Kota Padang. Kondisi cuaca hujan, perjalanan di perbukitan, gelap karena sudah malam dan derasnya air hujan yang melintasi permukaan jalan membuat peserta harus ekstra hati-hati. Terlebih kondisi lalu lintas cukup ramai dilintasi mobil truk besar.

Untuk mensyukuri anugerah alam yang indah. Perjalanan Expedition to The West 2023 pun menjamah Pulau Samosir dan menikmati luasnya Danau Toba. Rumah adat yang berjajar di pinggir jalan raya membuat peserta terkagum atas keragaman budaya dan tradisi yang ada di Indonesia.

Akhirnya setelah 10 hari melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor. Peserta touring dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 tiba di Monumen KM 0 Indonesia di Kota Sabang. Selain permukaan jalan yang mulus, kondisi alam yang masih asri peserta juga disambut oleh monyet yang banyak ditemukan di beberapa titik menuju Monumen KM 0.

Setelah perjalanan ini tuntas dilaksanakan. Rencananya perjalanan menuju KM 0 Indonesia akan dilakukan ke bagian timur. Tidak terburu-buru, namun rencananya akan dilaksanakan pada semester pertama tahun 2024 setelah lebaran Idul Fitri.***

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.