Terasbiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian, Mengawali artikel ditahun 2018 ini, Tebe ingin kembali mengulas atau review ban Aspira Premio Terreno yang sudah lebih dari setahun nempel di Roda Honda Vario Techno 125 eSP kepunyaan Tebe, ban dengan pattern/ kembangan grip semi dualpurpose bisa dibilang cukup kuat dan cocok banget buat penggunaan harian…seperti apa kira-kira bentuknya setelah dipakai setahun lebih…yuk dilanjut bacanya sob!

Review Ban Aspira Premio Terreno – Ban dual Purpose dengan hard compound

Sedikit ulasan tentang Ban Aspira Premio Terreno yang Tebe kutif dari laman website resmi superplanetban[dot]com

ASPIRA PREMIO TERRENO All Terrain Tire. Ban untuk petualang disegala medan jalanan. Dengan tampilan tapak ban yang agresif. Terreno adalah perpaduan ban commuting, touring dan off road dalam satu ban. Konstruksi dan desain tapak Terreno di desain untuk memberikan ketahanan dan keamanan di segala jenis jalanan, manuver di perkotaan, perjalanan touring dan melintasi jalan off road. Dengan daya cengkram yang baik pada jalanan dan traksi yang tinggi ada jalanan off road. Memberikan daya jelajah yang lebih jauh dan durabilitas yang tinggi.

Keunggulan ASPIRA PREMIO TERRENO :

  • Teknologi Progressive Groove Design  system yang menyesuaikan desain telapak ban depan dan belakang yang berbeda, sehingga lebih sempurna untuk perjalanan sehari-hari.
  • Aman dalam keadaan jalan basah dan nyaman pada jalanan bergelombang
  • Cocok untuk Anda yang menginginkan performa, kenyamanan, dan keamanan dalam berkendara.

Oke Sob, kita kembali ke awal waktu Tebe melakukan pergantian, pertama Tebe ganti ban belakang bawaan di Honda Vario pada bulan september 2016 (Ganti Ban Belakang Km 22.000 (26/9/16). Tebe juga sempat lakukan review setelah penggunaan 3 bulan, ternyata sesuai ekspektasi sob…ban yang memiliki kontur karet dengan komponen Hard compound berpattern semi dualpurpose ini cukup enak saat riding dan melakukan handling, gak slip saat jalan basah atau riding dikondisi hujan dan yang Tebe suka dari ban ini punya grip yang lumayan Tebel hehehe… jadi untuk dipake harian pastinya lebih tahan lama…

Selang 6 bulan kemudian, tepatnya bulan maret 2017, akhirnya Tebe pun Harus ganti kembali Ban depan Bawaan yang udah mulain gundul, proses pergantian Tebe lakuin dengan metode switching. Maksudnya switching gimana ? jadi gini sob Ban Aspira Premio Terreno yang sebelumnya nempel di bagian belakang Tebe jadikan ban pengganti buat roda depan, sementara untuk ban belakangnya Tebe upgrade dengan ban baru yg ukurannya lebih gede hehehe

Buat kedua pergantian diatas sobat bisa baca diartikel berikut :

Review Ban Aspira Premio Terreno dual purpose setelah 3 bulan pemakaian

Upgrade ukuran Ban Var-Tech 125/150 ESP dengan Aspira Premio Terreno Biar Makin Bohay Sob!

Nah…dari dua artikel diatas, akhirnya Tebe kembali buat Review Ban Aspira Premio Terreno setelah penggunaan lebih dari satu tahun, kira-kira seperti apa sih kondisi ban setelah penggunaan dalam waktu satu tahun lebih ?

Ok sob’ Tebe coba jelaskan pengalaman menggunakan ban Aspira Premio Terreno ini, secara penggunaan dari waktu tersebut yang pasti Tebe puas dengan performanya, selain gripnya yang tebel… ban dengan hard compound ini pun bisa dibilang punya kekuatan yang lebih bilang dibandingkan dengan ban sebelumnya, terbukti ban gak pernah Bocor Sob, bayangin aja rutinitas harian Tebe tiap hari riding 64KM PP rumah -kantor, diluar dari aktivitas lain loh, rute jalanan pun gak semua mulus….tapi ini ban bandelnya minta ampun hehehe, pengalaman Tebe klo abis ganti ban baru, paling kuat 6-8 bulanan terus udah mulain bocor deh…klo udah bocor sekali pastinya akan terus-terusan bocor 🙁 tapi Ban Aspira Premio Terreno ini masih aman dari kebocoran…walau udah lebih dari setahun.

Nih beberapa foto hasil jepretan setelah penggunaan selama lebih dari setahun :

Kebetulan Beli ban ini di Plan*nBan sob, jadi Free isi Nitrogen. Dengan membeli ban di Toko PB… sobat akan diberikan kartu Member untuk melakukan pengisian Nitorgen secara gratis (Re-Refill) selama 1 tahun heheh, cukup tunjukin aja ke petugas toko hehehe…Penting banget menjaga tekanan angin pada Ban, hal tesebut untuk menjaga keawetan dari ban sendiri agar tidak mudah rusak dan pastinya agar saat berkendara lebih nyaman dan aman Sob. Untuk hal ini Tebe rasain banget manfaatnya, karena pasti tiap minggu udara / nirtogren pada ban mengalami pengurangan…jadi setiap minggu Tebe usahain melipir ke Toko PB untuk tambah Nitrogen hehehe 😀

Ukuran Ban Aspira Premio Terreno

Namun cukup disayangkan untuk ukuran Ban Aspira Premio Terreno hanya tersedia ukuran paling besarnya 100/90-14 (R), karena untuk kebutuhan modifikasi/upgrade banyak pembaca yang mencari ukuran diatasnya, Nah untuk ukuran lain dibawahnya tersedia dengan size berikut:

Ukuran Ban Depan Aspira Premio Terreno (Front)

  • 70/90-14 (F)
  • 80/90-14 (F)
  • 90/90-14 (F)

Ukuran Ban Belakang Aspira Premio Terreno (Rear)

  • 80/90-14 (R)
  • 90/90-14 (R)
  • 100/90-14(R)

Last…OverAll Selama setahun lebih ini Tebe cukup puas sob dengan Performanya, seperti yang udah disebutkan diatas Ban Aspira Premio Terreno cukup bisa diandalkan untuk mobilitas riding harian, nah… buat sobat yang memang lagi cari-cari referensi ban dengan model pattern/grip ala-ala dual purpose Aspira Premio Terreno bisa jadi pilihan, selain kontur karetnya menggunakan hard compoud yang bikin awet…harganya juga cukup terjangkau banget… 😀

Moga berguna ?

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com di bawah ini Sob!

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

TerasBiker.com-

11 COMMENTS

  1. Maaf sob, saya juga pengguna ban tersebut hampir 2 tahun.
    Tahun pertama memang aman namun setelah setahun lewat akan mulai berasa kelemahannya. Sisi-sisi alur pada ban mulai terdapat beberapa yang pecah dan ternyata itu menyebabkan bocor alus, yang terdeteksi dengan busa sabun. Lalu ban mulai lemah gampang tertancap ranjau paku walau ukuran paku kecil hanya 1cm.
    Ini saya sudah mau ganti ban lagi, walau terlihat masih layak pakai. Tapi karena retak tersebut tidak hanya 1, yang sudah saya cek terdapat 3 retakan membuat dalam 2-3 hari ban kempes banget dengan sendirinya

    • Koq bisa pada retak ya Om? apa sebelumnya gak cek tahun ban, krn bisa jadi ban sudah expired atau hal lain yg bikin ban retak adalah penggunaan semir ban..Selama saya pakai di Vario 125 depan/belakang keduanya aman” aja tanpa retak dan yg saya salut sama ban ini bener” gak pernah ngalamin bocor baik bam depan dan belakang, selama pemakaian lebih dr 2 tahun saya selalu memperhatikan tekanan angin, ban belang sudah saya ganti sebulan lalu, krn sudah tipis, utk ban depan masih layak dan blm saya ganti…

  2. Awalnya juga saya sangat mengandalkan ban ini dari awal beli, karena banyak review yg bagus. Dan memang terbukti dijalan ban ini sangat handal.
    Kalau expired sepertinya belum sob. Produksinya itu beda 6 bulan dari waktu saya beli di Planet Ban. Kalau bocor dengan sendirinya memang tidak pernah, kalau bocor kena paku itu sekitar 10/11 bulan penggunaan baru kena, itu juga karena saya periksa ban.
    Kalau penggunaan semir ban saya pribadi tidak pernah, saya selalu cuci motor sendiri. Hanya sesekali dalam setahun ini saya cuci di cuci steam, mungkin disana ada yg memberikan semir ban.
    Sayang sekali disini tidak bisa upload foto. Retaknya itu disela-sela alurnya itu, seperti ban kering. Baru saja saya cek lagi, mulai ada retak halus baru. Saya mau ganti tapi bingung apakah kembali pakai Aspira Premio Terreno atau tidak, tapi memang agak banyak stok si Terreno ini di Planet Ban

  3. Karena pengalaman saya ban belakang pake FDR evo 110/80 11 bulan ini nyaman bgt, makanya saya mau cari fdr juga ban depan ukuran 90/90 ato 90/80. Barusan ke PB, cari FDR ban depan tp kosong, eh mata tertuju ke Aspira terreno ini. Krn masih ragu2 saya ga langsung mutusin beli. Mau liat review di gugel bagus ato ga.
    Maklum saya juga sama seperti om tb di sini, kantor-rumah jarak lebih dr 60km untuk PP, jadi masih harus banyak liat review2 terreno ini.

  4. Aspira premio terreno bagus kok bro.
    Mas ecko yg retak, apakah motor sering disimpan dibawah sinar matahari langsung saat siang hari dalam waktu lama?.
    Kalo iya itulah penyebabnya.
    Karet ban jd cepat getas.

  5. Gue pernah pakai ban ini depan belakang dng jarak tempuh 50-150 KM / hari.
    Lumayan bagus, di garis putih marka jalan, ban ini tidak licin seperti ban lain. Di jalan yg dikerok jadi beralur (untuk diaspal lagi), ban ini stabil meski dipacu 40 KM/jam dimana ban lain sudah geal geol karena alur jalan terkelupas. Di sentul yg nembus ke jalur puncak, lewat jalan tanah menanjak, ban ini masih sanggup napak grip tanah dng baik, sedang motor teman yg grip halus terus slip kerepotan nanjak jalanan tanah sampai yg bonceng turun. Gue suka miring aspal kalo nikung dan ban ini enak banget nikung.
    Sesudah pemakaian 1,5 tahun akhirnya pensiun karena tapak ban gundul meski masih enak tapi resiko.

  6. pengalaman pake aspira premio terreno hampir sama dg om ecko di motor beatku utk bagian belakang

    bermula dari setelah merembesnya cairan anti bocor di ban aspiraku tadi yg expired, setelah di bersihkan sambil sedikit dapet ilmu dari tukang tambal ban klo cairan anti bocor itu ndak bagus utk velg, setelah dibersihkan dan dipasang lg bannya, ternyata beberapa kali ban sering kempes/kehabisan angin, waktu di tukang tambal ban dapet info klo merk aspira dg kontur yg tak pake (aspire terreno) itu jelek karna tipis lapisan karetnya walaupun gripnya keliatannya masih tinggi2 sehingga mudah bocor

    dan tak buktikan waktu fungsi tubelessnya tak pangkas dg tak rubah jadi tubetype, takkasih ban dalam, ternyata 4x ban aspiraku tadi bocor sehingga perlu dipangkas, itupun dalam jangka waktu seminggu skali pasti bocor ban dalamnya

  7. Setelah 2.5 tahun pakai ban ini utk pemakaian harian 40km/hari dg aneka kontur jalan yg beragam mulai aspal mulus dan bertambalan hingga beton coran dan sesekali dipakai turing jauh full beban muatan ban baru bocor setelah usia ban memasuki masa pakai 2 tahunan dg catatan dr awal ban pakai sistem tubetype..Untuk handling dikondisi kering maupun basah selama grip ban belakang belum bener2 gundul lumayan bandel masih diandalkan walau kondisi muatan penuh, ketahanannya bagus selama tekanan angin terjaga plus tidak dijemur tiap hari sinar matahari langsung ban tidak akan mengalami kondisi pecah/getas..berhubung ban sudah gundul dan kepingin ngrasain performa type terbaru si premio stretto ban commuting terpaksa kepo kpingin ngerasain citarasa baru..barangkali Om Tebe jg kpingin nulis review utk pemakaian ban type ini (premio stretto) nantinya yg kebetulan belum ada review pemakaian yg lengkap hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.