AHM Plant Tour 2019 : Liat Proses Produksi dan Bedah Teknologi Honda Genio di Cikarang!

September 12, 2019 199 0 0

Check for details

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Moga Sobat semua dalam keadaan sehat dan diberikan Rejeki berlimpah Aamiin. Dikesempatan kali ini Tebe ingin kembali berbagi cerita pengalaman Visit Plan PT AHM di Cikirang dan ini merupakan kali pertama Tebe ikutan Blogger & Vlogger Gathering dengan tujuan melihat langsung proses pembuatan dan perakitan sepeda motor Honda di pabrik /Plan 3 Cikarang Sob!

Setiba dilokasi tikum AHM Sunter, tak lama kami pun siap kembali untuk bersama-sama menuju Lokasi Pabrik/plan 3 PT AHM di Cikiarang kawasan industri MM2100, perjalan dari AHM sunter ke cikarang ditempuh kurang lebih hampir 1 jamlah dan ini pertama kali Tebe menginjakan kaki di sini Sob! Firts Experience dah!

Oh iya Sob, untuk plan 3 AHM di cikarang ini ternyata hanya berfokus pada produksi Motor Honda Jenis Matik saja seperti Honda BeaT Series dan Matik terbaru AHM yakni Honda Genio 110, Nah…Agenda khusus kali ini adalah untuk melihat langsung proses perakitan dari Nol hingga jadi sebuat sepeda motor Sob kemudian di sesi berikutnya adalah Bedah teknologi Mesin Honda Genio yang memang merupakan mesin baru yess..100% Baru Sob!

Mulailah kami semua diajak berkeliling area plant, terlihat karyawan yang sudah terlatih dan cekatan merakit bagian mesin part demi part..dilanjut terus hingga penyematan rangka motor, kabel kelistrikan, cover body, roda hingga akhirnya jadilah sebuah motor Matik Beat Street utuh yang bisa di hitung ternyata tiap 22 detik satu motor selesai dirakit, so bisa di hitung dalam 24 Jam berapa ratus/rubuan motor di produksi disini Sob dan ini nonstop/continue untuk memenuhi permintaan. Setiap line para karyawan disana terlihat sudah sangat terlatih dengan bagian/tugasnya masing-masing..asli Tebe Takjub dengan cara kerjanya! dan perlu sobat Tau, khusus di line ini kami semua tidak diperbolehkan mengambil gambar/foto dan video, semua perangkat gadget/smartphone di segel bagian kameranya dengan stiker seger dan itu susah banget di kleteknya, taukan stiker segel garansi? yang mirip itu lah, jadi klo di kletek akan hancur 😀

Setelah motor selesai di rakit dan masuk ke proses pengecekan /QC untuk kemudian masuk ke ruang khusus/penyimpanan sementara dengan di bagi-bagi sesuai pilihan waran, setelah ini motor akan masuk ke container dan siap di ditribusikan keseluruh Indonesia. Puas melihat proses pembuatan dan perakitan Honda Beat, kami diajak berjalan kembali menuju area pembuatan Rangka model Terbaru (eSAF) yang di pakai Honda Genio 110.

Disini PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan kepada para Blogger/vlogger proses produksi teknologi rangka terbaru yang diusungnya yaitu enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Luar biasa, investasi mesin pembuatan rangka yang di miliki AHM emang ajib, mesin pressing untuk membentuk plat baja ini terlihat ada 4 unit dan itu berukuran raksasa dengan bobot berton-ton Sob, jadi memang teknologi rangka eSAF sepertinya akan diaplikasikan juga pada motor-motor lain, sepertinya gitu ya…jadi Saat ini Baru Honda Genio aja sih yang baru menggunakan frame jenis ini.

Proses pembuatan Frame eSAF untuk Honda Genio

Proses pembuatan Frame eSAF ini semua dikerjakan dengan mesin dan proses pengelasannya pun menggunakan teknologi Wellding/pengelasan laser, proses pengelasannya walau dengan mesin canggih namun kita bisa lihat dari sisi monitor dan terlihat jelas, khusus bagian-bagian tertentu seperti dudukan footstep dan lainnya di kerjaan dengan mesin las biasa, namun tetap di kerjaan oleh mesin/Robot, hasilnya Luar biasa jadilah sebuah Rangka eSAF yang Simple dan berbobot lebih ringan. Dan Pada proses akhir ini kami semua boleh/diberikan kesempatan pihak AHM untuk mengamibil gambar/video. Setelah puas melakukan plan tour kami akhirnya kembali ke ruang dimana tempat kami berkumpul sebelumnya.

Jam Sudah menunjukan tepat waktunya makan siang, artinya kami semua kembali ke lokasi awal untuk Ishoma, yes isi bensin dulu eh makan dulu ding hehehe, selesai makan siang dan Sholat Zuhur acara kembali di mulai, kali ini kami fokus pada Beda Teknologi pada Mesin Honda Genio Sob!

Pak Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM)

Jika sekilas…memang terlihat Mesin pada Honda Genio 110 ini sama dengan milik Honda Beat dan generasi mesin matic 110cc terdahulu, tetapi Engine pada Honda Genio ini 100% Baru Sob! seperti rangka eSAF, Mesin Honda Genio ini pun terlihat lebih compact/berisi. Memiliki kubikasi 110cc, mesin Honda Genio dengan konfigurasi overstroke untuk langkah yang panjang memiliki ruang kapasitas pengision pelumas oli mesin 650ml.

Sesi Bedah Teknologi ini Pandu oleh Pak Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), selain menjelaskan teknologi terbaru pada Mesin Honda Genio dan mempelihatkan cara membukan bagia-bagian mesin Pak Endro Jua mengatakan, untuk mengisi oli Honda Genio harus lebih berhati-hati jangan sampai mengisi oli melebihi kapasitas yang dianjurkan, karena akan ber efek pada performa dimana saat ini di pasaran/ di AHASS sendiri belum ada ukuran oli dengan kapasitas 650ml, jadi harus ditakar sendiri dan harus Pas teranya.

Last…Itlah sedikit pengalaman Tebe, setelah akhir pekan lalu udah ikurta Fun Touring menggunakan Honda Genio 110 yang diadakan Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang Wahana Artha untuk merasakan secara langsung impressinya, akhirnya dapet lagi pengalaman baru! Genio adalah project besar PT AHM untuk masa mendatang, jadi ada kemungkinan Teknologi Rangka eSAF ini akan diaplikasi pada generasi Motor Matic/sport Honda lainnya melihat investasi yang cukup besar!

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob!

Salam,

-Terasbiker.com-

Tags: AHM Plant Tour 2019, Bedah teknologi Honda Genio, enhanced Smart Architecture Frame, Plant Tour Categories: AHM, Honda, Tech Talk
share TWEET PIN IT SHARE
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: