TerasBiker.com – Halo Sobat vario Lovers, Berawal dari kejadian beberapa minggu lalu dimana saat Tebe bawa si Vario techno 125 ESP kepuanyaan TerasBiker ada suara yang gak biasa, jadi klo pas narik gas akan ada suara nglitik di area mesin, pada awalnya dikira suara itu berasal dari area mesin seperti klep yang kendor, dan yang anehnya klo dalam keadaan mesin menyala tapi diam gak jalan suara nglitiknya ilang, digas pun ga ada suara, jadi suara nglitiknya itu bunyi klo pas kondisi jalan dan narik gas aja Sob!

Akhirnya karena pas kebutulan libur kerja, Tebe pun langsung meluncur ke Ahass Milenium Motor Jl. Juanda Depok Sob, Setelah daftar service motor pun langsung di gelandang ke pit service, sedikit cerita kendala sama montir yang menangani… akhirnya setelah di lakukan sedikit analisa dan investigasi dari mana sumber suara nglitik berasal akhirnya ketemu Sob dari mana suara itu bersal hehehe… 😀

Baca Juga :

Penasaran, Yuk Lanjut bacanya ! 🙂

Dugaan awal memang dari montir ketika Terasbiker cerita dia bilang klo area mesin ngelitik bisa di 2 sektor, pertama di bagian rantai keteng atau setelah klep yang udah kendor. Namun setelah dicek nyalakan mesin dugaan pertama gak terbukti…akhirnya coba sama montirnya dibawa jalan motornya ke setikataran area bengkel untuk mendapatkan sumber suara itu berasal.

Proses bongkar area CVT Vario 125 Esp – Terasbiker.com

Nah…setelah dibawa jalan dan melakukan test dengan tarikan gas akhirnya montir pun langsun kembali ke area pit service, Mas Maulan montir yang menangani motor Tebe langsung manggil ane dan menjelaskan sumber asal suara nglitik berasal… Ternyata dari area CVT Sob.. Wah! Proses bongkar cover CVT dimulai, kemudian buka bagian pulley depan belakang.. setelah di bongkar Mas Maulan langsung sodorkan ke Tebe “Ini Mas masalanya” ujarnya sambil nyengir-nyegir hehehe

Slide Piece Pada Vario 1255 ESP – Terasbiker.com

Yup.. Ternyata sumber ngilitik di motor Vario TerasBiker berasal bukan dari area mesin Sob, tapi dari area bagian CVT tepatnya di pulley depan Sob, masalah utamanya yaitu part slide piece atau slider tutup rumah roller yang jumlahnya ada 3 biji mengalami aus. Sehingga ada celah atau rongga yang cukup besar yang memicu adanya suara nglitik.

Karena fungsi atau cara kerja peranti ini bergeser keluar masuk seiring putaran mesin, sehingga gesekan yang terjadi berakibat terjadinya keausan. Artinya Kalau rongganya/ celah hasil ke ausan semakin besar otomatis suara ngliti yang dihasil makin keras. jadi agar suaranya hilang, TeBe musti ganti 3 slider tersebut, Harganya cuma @Rp.8.000 jadi 1 set 3 biji seharga Rp 24rb aja Sob udah sekalian ongkos pasang karena Tebe sekalian service rutin juga hehehe..

Setelah selesai dilakukan pergantian slide pice tadi dan semua bagian area CVT di pasang kembali, motor pun di hidupkan dan di tes jalan, kebetulan Tebe juga di suruh tes jalan.. bener Sob’ Suara glitiknya udah ga ada lagi alias sepiii anyepp deh…Josss!

Gimana klo kondisi tersebut tetap dibiarkan ? info dari Mas Maulan, Klo kondisi tersebut tetap diabaikan, maka imbasnya roller akan cepat peyang, selain Roller yang bakalan cepet peang, paling parahnya lagi dudukan rumah roller juga ikut kemakan Sob, Nah sebelum kejadianya lebih parah mending cepet-cepet deh Sob dibawa ke bengkel!

BACA JUGA :

Moga info ini berguna ya Sob!

Salam,

-TerasBiker.com-

12 COMMENTS

  1. mau tanya mas Tebe, V150 saya jg sama kasusnya spt punya mas, cuma apa mungkin motor masih baru kilometer aja blm nyampe 200km juga uda kena piece slidenya mas?

    • Salam Mas Hendri,

      Suara nglitik bisa berasal dari mesin atau area CVT, klo dari mesin biasanya nglitik karena setelan klep yang kendur, coba bawa ke Ahass mas.. tanyakan dengan detail tentang keluhan motor.. nanti pasti ada solusi.

      Pengalaman ane waktu pertama nglitik karena klep yang kendor dan setelah di stel ulang, suara nglitik pun ilang. cuma klo yang kedua ini berasal dari slide piece, jadi harus ganti, dl pernah ganti slide piece juga cuma keluhan ada gredek aja dan kondisi roller juga udah peang.

      semoga bisa membantu ya mas 🙂

  2. @hendri
    bisa jadi rakitan dr pabriknya ga presisi jd ada celah di luar toleransi.
    matic sy beda merk dulu masih 200km jg cvt udah selip n kasar, begitu dibongkar n dibenahin jd mulus lagi smpe sekarang.

    • Nah..bener tuh apa yang dijelaskan Om Efbees, setiap produk dari 1000 unit pasti ada beberapa unit produksi yang gagal atau ada kekurangan dan lolos QC (quality control)

  3. maaf gan,kalo service bongkar2 gitu tanpa ganti part ongkosnya berapa ya…?? rencana pingin ke ahas juanda depok soalnya v125 ane kl tarik gas dah nyentuh 60 atw 70 kpj kadang timbul getaran(gradek2) dan juga kl mesin dah panas abis jlan jauh timbul suara sresek2 .

    • Service CVT/Bersih”in aja bayar 45rb gan, klo gredeg biasanya kotor area CVT nya terutama bagian kampas ganda, cek aja nanti roller dan V-belt nya sekalian, part perlu diganti tergantung dari saran mekanik aja, klo agan cuma mau cek dan bersihin jg gpp, pergantian bisa next aja, yg Penting tau kondisi cvt dl… moga mencerahkan
      salam kenal gan ?

    • Untuk periode ganti oli mesinya gimana Gan? apa tiap bulan?? coba agan bawa aja ke Ahass, konsuktasi sama mekaniknya ya…biasa klo ga klep yg perlu di stel ulang, part slidepiece di area cvt juga pengaruh

  4. Ini punya saya punya jg ada msalah yg sama. Pdhl bru 700km. Honda beat sporty. Belum ada servis. Ini mw coba dibawa dlu deh ke ahass. Semoga bener deh nnti

  5. iya bro, coba bawa aja ke ahass, service pertama biasanya setelah satu bulan motor di terima atau 1000KM (mana yang lebih cepat aja) , harus ganti oli pastinya. nanti jelasin aja ke mekaniknya.

    • Halo Bro Depi, suara kasar dibagian area CVT/ puley belakang pas di engkol bisa karena kampas dan mangkok gandanya habis, untuk lebih pastinya cek ke bengkel ya bro, klo udah dibongkar nanti akan keliatan dari mana sumber bunyinya.
      Makasih moga mencerahkan 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.