Pertajam Skill Berkendara dengan Latihan Safety Riding Bareng YRA!

August 10, 2019 81 0 0

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian…Well akhirnya setelah terpending karna bentrok dengan jadwal lain, akhirnya kesempatan yang ditunggu-tunggu untuk ikut latihan safety Riding bareng YRA (Yamaha Riding Academy)  datang juga Sob, Kebetulan Tebe sudah kenal dengan Om Arief sang Instruktur YRA, jadi setelah terpending di schedule pertama, langsung di kontak sama doi untuk ikutan di sesi selanjutnya. Yup…akhirnya pada 20 Juli lalu tepatnya hari Sabtu Tebe Meluncur ke Markas Yonzikon (Batalyon Zeni Kontruksi) di Jagakarsa-Jaksel karna lokasi pelatihannya berada disana.

Oh iya Sob…Pelatihan safety Riding yang di fasilitasi oleh Yamaha ini merupakan Gebrakan baru yang masuk dalam layanan 3S (Sales, Services, Spareparts), hal ini sebagai bentuk tanggung jawab APM kepada konsumen sepeda motor Yamaha khususnya, agar setiap konsumen memahmi dan sadar akan pentingnya dalam berkendara yang aman.

Bagi Sobat sekalian yang pengen ikutan, bisa langsung aja daftar secara oline di micrositenya Yamaha : www.yamaha-motor.co.id/yamaha-riding-academy. Nah…untuk waktu paling deket dan available adalah pelatihan buat tanggal 31 Agustus 2019 dengan waktu pedaftaran dibuka sejak 5 – 25 Agustus 2019, buruan Sob…peserta terbatas soalnya cuma 20 orang aja per batchnya, dan yang enaknya lagi pelatihan ini free a.k.a gretong ga di pungut biaya.

Sesi Teori Yamaha Riding Academy 2019

Setelah tiba dilokasi, Tebe langsung menuju kelas untuk mengikuti sesi teori yang di sampaikan oleh Mas Arief..Banyak banget informasi penting di sini, mulai dari info data kecelakan sepanjang tahun, fakto-faktor apa saja yang menjadi terjadinya kecelakaan seperti (Faktor Manusia, Lingkungan dan Kendaraan) sebagai contoh faktor kendaraan : kurang mengenal karakter kendaraan, Fungsi kelengkapan keamanan kendaraan, dan perawatana yang salah. Kemudian pembahasan seputar pemahaman kondisi bahaya atau blind spot, sehingga pengendara dapat mengidentifikasi dan memposisikan kendaraan agar terlihat pengguna jalan lain. Termasuk pengertian tentang pengoperasian rem yang efektif dan persiapan sebelum berkendara dengan melakukan pengecekan motor terlebih dahulu.

Sesi Teori – YRA 2019

Yang Paling Tebe ingat di sesi Teori ini adalah Pentingnya menjadikan safety Mind Sebagai “Karakter”, yup…Membangun kesadaran akan Safety (Safety Mind) sangatlah penting Sob, karena dengan menjadikan Safety Mind sebagai Karakter saat berkendara kita pastinya akan selalu siap dan otomatis ketika akan berkendara tanpa disuruh selalu senantiasa menggunakan : safety Gear, Melakukan pengecekan kendaraan sebelum digunakan, Mematuhi setiap peraturan lalulintas yang berlaku dan menghormati pengguna dan pengendara lain di jalan.

Setelah paham mengenai safety Mind sebagai karakter, maka lanjut pemahaman soal apa itu “Riding Skill”, nah…ini juga gak kalah pentingnya Sob, dimana pada sesi teori ini kita harus paham akan teknik dasar dari Posisi berkendara, Tekni pengereman, Teknik keseimbangan, Teknik Berbelok hingga benar-benar paham dengan karakter sepeda motor yang akan kita gunakan, pada teori ini nyambung banget dengan sesi praktek yang akan diikuti nantinya.

Sesi Praktik Yamaha Riding Academy 2019

Setelah selesai mengikuti sesi teori kurang lebih 1 jam, akhirnya kita langsung keluar kelas dan menuju lokasi praktiknya. Nah..enaknya Yamaha Sudah menyiapkan Motor dari jenis Matik seperti Yamaha Nmax, Lexi, dan FreeGo, serta untuk Jenis Sportnya tersedia 1 unit Yamaha MT-15 yang bikin penasaran Tebe, sebab dari proses rilis baru sekedar foto dan coba riding posision aja, belum pernah Test Ride Sob, Ok selain motor, Pihak Yamaha Riding Academi pun menyediakan perangkat Safety Gear lengkap untuk para peserta secara cuma-cuma.

Sebelum melakukan praktik Mas Arief dan crew dari YRA kembali memberikan sedikit informasi bagaimana cara yang baik melakukan pengecekan kendaran sepeda motor sebelum digunakan, seperti pengecekan tekanan angin, lampu-lampu, kondisi kampas rem dan kondisi oli mesin. lalu di lanjutkan dengan sesi pemanasan dan penggunaan safety gear.

Di sesi Pertama, kita di ajarkan bagaimana melakukan pengereman yang baik..yup proses pengeraman (braking) yang baik secara tepat dan benar, Kemudian sesi kedua yakni Tekni berikutnya yakni Slalom (berbelok) dan sesi terakhir Chidori (Tekni berbelok dengan kecepatan rendah dan menjaga keseimbangan) Ada poin penting dalam teknik ini, yakni E-Point (Eyes-Point) dimana kita harus fokus pada tujuan titik saran saat berbelok dengan posisi kaki tidak turun . Di sesi Pratik ini terlihat para peserta yang berasal dari Bikers komunitas Motor yamaha dan lainnya sangat antusias mengikuti dan menyerap informasi yang disampaikan.

Last….Buat Sobat yang emang pengen banget ikutan, silahkan aja kunjungin kanal microsite Yamaha Riding Academy untuk lakukan register sesuai waktu yang tersedia. Nah klo udah register tunggu di konfirmasi ya oleh Mas Arief, biasa 1 atau 2 mingguan sebelum waktu pelaksaan doi udah kontak ketersedia kita Sob, nanti baru di masukan ke Group WA untuk informasi selanjutnya.

 

“Jujur…pelatihan safety riding seperti ini sangat berguna, terutama bagi saya yang memang setiap hari selalu berkendara dengan sepeda motor menuju lokasi kantor, dan ini pertama kali saya ikutan…seru banget dapet ilmu dan temen-temen baru.” ujar Om Fajar dari Cimanggis – Depok salah satu Perserta YRA yang Tebe ajak Ngonbrol.

Tertarik ga Sob buat ikutan YRA..Ya Masa gak Kuy??….mumpung masih free dan quota terbatas loh!

Moga berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com Sob!

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

Tags: safety Riding Yamaha, Yamaha Riding Academy, YRA 2019 Categories: Safety Riding, Yamaha
share TWEET PIN IT SHARE
Related Posts
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: