[DIY] Ganti Sendiri Laher (Bearing) Roda Depan Vario 125 eSP, Gampang Banget!

August 8, 2018 2155 0 0

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat biker sekalian…artikel DIY ini Tebe buat karena pas kebutan lagi pengen ganti sendiri laher (bearing) roda depan Honda Vario Techno 125 eSP yang emang sebulan terakhir berasa mulain oblak. Awalnya sih gak kerasa saat motor di pake riding, cuma pas lagi di cuci koq pas diputer bannya rada oblak, setelah dilihat bener ternyata bagian laher roda depan udah goyang dan harus diganti.

Cara Cek kondisi Laher Pada Sepeda Motor:

Nah, gimana cari mengtahui klo kondisi laher (bearing) udah oblak? gampang Sob, coba aja sambil di dipegang rodanya di digerakin ke kiri/kanan (posisi motor distandar tengah), klo memang udah rusak lahernya akan berasa goyang dan ciri kedua, biasanya klo abis dicuci terus motor di pake riding seperti biasa akan keluar air warna coklat seperti karat diarea as roda, itu tandanya bagian dalem laher sudah kemasukan air dan berkarat, biasanya sering libas banjir tuh.. jadi grease/gemuk yang ada di dalamnya udah kering dan itu yang membuat kerusakan pada laher atau bisa juga sering menghatam jalan berlubang. Demi faktor keselamatan, komponen yang bekerja sebagai penghubung antar as roda dan tromol ini harus diganti kalau sudah oblak/ rusak Sob.

Untuk laher (bearing) roda depan ini baru pertama kali dilakukan pergantian sejak baru, jadi lumayan lama juga ya umurnya hampir 3 tahun (57.000KM). Karena Tebe Hobi ngoprekin motor sendiri dan kebetulan kuncinya juga ada..akhirnya Tebe cukup beli lahernya aja dengan harga RP. 36.000 (sepasang) dan kebetulan juga Kampas Rem depan / disk padnya udah mulain habis, jadi Tebe beli dan ganti sekalian 🙂 untuk artikel Ganti Disk Pad/ kampas rem depan udah pernah Tebe Tulis, klik aja di link dibawah :

So, sekarang waktunya kita ganti sendiri laher roda depan Honda Vario Techno 125 eSP. Nah..buat sobat yang mau coba dirumah, silahkan dibaca sampe selesai ya 🙂

Pertama, sipin aja kuncinya dulu..untuk kuncinya bisa kunci pas atau kunci ring ukuran 19″, palu dan kuncul T, kunci ukuran 19″ ini untuk membuka baut as roda depannya, sedangkan kunci T untuk menggetok laher keluar dari ring tromol atau bisa juga dengan Obeng panjang dan terakhir Obeng Min untuk mencongkel seal!

Tips Mudah Buka Laher/Bearing Roda Motor Honda Vario 125 eSP

Jika roda depan motor sudah dilepas, Sobat tinggal melepas laher lamanya..dengan cara/ Tips berikut ini :

1. Congkel/buka penutup seal dari bagian luar laher kiri dan kanan, bisa pakai obeng Min.

2. Dengan Kunci L, masukan bagian atas kunci ke dalam area bos laher, di masukan agak miring, hingga pas mengenai bagian laher bawah..lalu digetok dengan palu dengan berpindah-pindah areanya hingga laher lama” keluar/lepas dari ring Tromolnya. lakukan hingga 2 lahernya copot.

3. Pasang kembali laher yang baru, usahakan ketok pinggirnya jangan getok pada bagian tengahnya, karna akan merusak laher.

Laher baru setelah berhasil di pasang sempurna

4. pada bagian Laher kedua sebelum di pasang, masukan bosh dan Laher baru, jika sudah pasang juga penutup/ karet laher yang tadi dibuka, terakhir tinggal pasang lagi rodanga. Selesai..!

Nah…gimana Sob? Gambang Banget kan Sob, yang penting yakin bisa dikerjain sendiri hehehe, jadi bisa belajar ngoprek ninin sendiri dirumah dan pastinya lebih irit biaya 🙂

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob 🙂

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

Tags: cara ganti laher vario 125, cara mudah ganti laher honda vario 125, ganti laher vario, ganti laher vario sendiri Categories: DIY, Tips
share TWEET PIN IT SHARE
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: