[DIY] Ganti Oli Mesin Vario Techno 125/150 ESP, Begini Caranya..!

May 30, 2017 12689 8 0

TerasBiker.com – Hallo Sobat Tebe Sekalian, kalo pada artikel DIY (Do IT Your Self) sebelumnya Tebe pernah share gimana cara melakukan pergantian pada oli Transmisi atau oli gardan pada Vario Techno 125 esp, Nah pada artikel ini Tebe kembali mencoba mendokumentasikan gimana sih cara melakukan pergantian Oli mesin Vario 125 sendiri dirumah. Mungkin sudah banyak sobat pembaca yang melakukan pergantian sendiri oli motornya dirumah, tapi tidak ada salahnya juga klo melalui artikel ringan ini TerasBiker coba tulis kembali sebagai dokumentasi pribadi dan mudah-mudah bisa jadi referensi buat sobat Tebe sekalian yang kebetulan mampir ke blog ini.

Oke Sob, langsung ke TKP aja ya… 🙂

Untuk step by step (langkahnya) cara melakukan pergantian sendiri oli mesin dari Motor Vario Techno 125 FI,

1. Siapkan kunci ukuran 17mm dan Tang untuk membuka tutup oli mesin dan Oli baru tentunya, Oli MPX2 yang bisa sobat beli di Ahass atau di bengkel sparepart, Tebe klo beli di bengkel langganan Rp. 35.000,- ukurang 800ml (0,8lt). atau kalau mau gunakan Oli merk lain pun silahkan Sob..

2. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin dan di standar dua ya, klo Tebe biasanya ganti oli si Vartech 125 pas waktu pagi Sob atau kondisi mesin motor sama sekali belum dinyalakan, agar kondisi oli lama bener-bener dalam kondisi mengendap dan untuk menghindari baut tap oli mudah di buka dan tidak merusak ulir baut hingga menjadi dol,karena dalam kondisi panas baut dalam kondisi memuai.

3. Siapkan Wadah untuk oli lama (bekas), dan buka tutup Tap oli untuk mengeluarkan oli lama, serta buka juga tutup Oli di bagian pengisian. Jika sobat masih ada yang belum pernah coba ganti sendiri, Tebe kasih tau nih tempat / lokasi dari si baut/ tutup pembuangan. (lihat gambar)

4. Setelah semua oli bekas sudah keluar/ terbuang, bersihkan terlebih dahulu Filter oli, Per filter dan tutup bautnya bisa dengan lap kain atau tisue, kemudian di susun kembali posisinya, kira-kira seperti ini sob (lihat gambar)

5. Tutup kembali lubang baut pembuangan seperti semula dan di kencangkan agar oli tidak rembes.

6. Isi oli baru, untuk hal ini jika sobat gak punya corong, Tebe biasanya buat corong darurat hehehe, caranya bisa pakai kertas Tebal atau gunakan platik fiber dan dibentuk seperti kerucul, dengan begitu oli jadi gak akan tercecer kemana-mana, jika sudah maka tutup kembali ya tutup oli/ stik olinya.

Nah kira-kira itulah tahapan bagaimana cara melakukan pergantian oli sendiri dirumah Sob, cukup mudah bukan ? klo masih ada yang ragu dan mau tanya-tanya silahkan aja coret-coret kolom komentarnya ya, InysaAlloh klo sempet dan bisa akan Tebe jawab hehehe..

Kalo sobat masih kurang jelas, ini Tebe baru aja buat video tutorialnya (19/12/17) silahkan di tonton aja sampe selesai sob 🙂

Moga Artikel ringan dan Video nan sederhana ini bisa membantu.

BACA JUGA :

salam,

-TerasBiker.com-

Tags: berapa lama harus ganti oli mesin vario 150, cara ganti oli mesin vario 125, cara ganti oli mesin vario 125 fi, cara ganti oli motor vario cbs, cara ganti sendiri oli mesin vario, cara ganti sendiri oli mesin vario 125, cara membuka baut tutup oli mesin vario, ganti oli mesin vario 125, ganti oli mesin Vario 150, kapankah mengganti oli honda vario 150, oli mesin, oli mesin vario, oli standar untuk vario 125, takaran oli honda vario 125 yang baru Categories: DIY, sharing
share TWEET PIN IT SHARE
Related Posts
Comments
  1. -

    mas, kondisi dingin, kepala baut dibuka melawan arah jarum jam tp gak bisa, malah kepala baut kalah. punya trik gak cara buka bautnya?

    1. -

      Waduh…itu pasti karna pake kuncinya kurang pas/gak presisi saat buka baut tap, Ane pernah pake kunci pas/ring karna terlalu keras jadi kepala baut sedikit kemakan, Klo kondisinya seperti itu sebaiknya jangan di paksa, Ganti kuncinya Om kebetulan ane punya kunci shock jadi bisa di buka akhirnya.

      Coba di buka pake kunci Shock dl om, klo memang tetap gak bisa karna kepala baut udah dol, cara terakhir di pantek..di buka paksa dengan cara di getok pake obeng min. Semoga ada solusinya om:)

  2. -

    Menarik sekali penjelasanya

    1. -

      Terimakasih Mas Bro udah mampir di blog sederhana ini 🙂
      Moga bisa memberikan manfaat terus buat biker tanah air

  3. -

    Mengikuti cara diatas untuk men-drain oli mesin pada lubang filter oli sepertinya kurang tepat, karena oli mesin tidak terkuras semua, Ada lagi lubang drain pada bagian bawah engine yang dapat menguras semua oli yg terdapat dalam engine. Mohon saya dikoreksi.

    1. -

      Halo Bro Jerry, salam kenal 🙂

      Betul Bro Jerry, Memang ada 2 pembuangan Oli : 1. melalui baut Tap dibagian bawah mesin sebelah kanan deket dengan radiator dan 2. melalui baut pembuangan yang ada filter olinya, Hal ini Tebe lakukan bukan tanpa alasan, tetapi mengikuti cara dari AHASS dan terbukti oli terkuras secara keseluruhan. pada kondisi mesin dingin pastinya kondisi oli akan mengendap dan saat dibuka tutup oli pastinya akan keluar semua, bisa juga dengan cara di miringkan ke kiri.

      Btw, Thanks udah mampir dan Kasih komentar ya 🙂

      1. -

        asiknya berbagi

        1. -

          Lebih asik lagi ,jika apa yg kita beri bisa bermanfaat buat orang banyak 😇

Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: