Tips Bikin Kinclong Vario-mu sampe ke bagian Mesin paling dalem

December 25, 2016 241 2 0

Kondisi motor setelah di lepas Jok/box bagasinya

TerasBiker.com – Malam Sobat Semua…moga akhir pekan ini cukup menyenangkan ya… Kondisi cuaca yang gak bisa di prediksi akhir-akhir ini yang kadang Panas terus tiba-tiba ujan lokal (disini ujan, eh ternyata 500 meter berikutnya kering-kering aja, yang bikin hati sedikit ngegrutu…hihihi) bikin kita biasanya jadi males buat nyuci motor karena berfikir nanti juga bakalan kotor lagi hehehe dan akhirnya sampe berminggu-minggu motor kesayangan gak dimandiin… tapi gak semua ya sob’ yang berfikiran begitu….

Ngomongin soal nyuci motor memang banyak yang lebih milih menyerahkan motornya ke tukang cuci steam langganan samping rumah… karena lebih hemat waktu dan gak cape! itu intinya hehehe.. bener kan ?, tapi gak banyak juga biker yang lebih milih nyuci sendiri.. itung-itung ngisi waktu luang sama motor kesayangan atau emang niat berhemat untuk masa depan yang lebih baik.. apa …coba!! oke lanjut ke topik awal..“Tips Bikin Kinclong Vario-mu sampe ke bagain mesin paling dalem..”  pada postingan kali ini Tebe ingin berbagi Tips buat yang emang seneng nyuci motor kesayangannya sendiri dirumah….karena kebetulan tunggangan kesayangan Tebe Si “Sibleki” itu Honda Vario Techno 125 juga paling sering di cuci sendiri Sob’… jadi judul artikel ini cukup nyambung ya sama yang nanti dibahas..

Pastikan buat yang mau bikin kinclong Vario kesayangan emang lagi ada waktu luang ya Sob…  Tips atau cara ini bisa dicoba, seperti yang kita tau Honda Vario memiliki bagian mesin yang susah dijangkau, ditambah lagi bagian injection yang sering banget kotor karena kesemprot kotoran dari cipratan ban belakang dan klo dibiarkan lama-lama akan jadi susah dibersihinnya..

Pertama untuk memudahkan pencucian posisikan motor dalam keadaan standar dua, nah..sebelum dicuci sobat bisa buka bagian Jok Motor vario seperti cara berikut, buka bagian baut yang ada dibawah Jok dengan kunci T ukurang 10mm, ada 3 baut yang mengunci bagian Box/bagasi Sob’, kemudian buka juga 4 skrup dengan obeng plus untuk buka cover mesin bagian depan, setelah terbuka baut dan skrup semua, sobat tinggal angkat bagian jok hingga box/bagasi bisa dicopot.

Kedua Semprot bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan air untuk membersihkannya dari kotoran atau pasir yang melekat, lalu siapkan spon pencuci dan sabun khusus cuci motor (klo Tebe sendiri sih pake sabun cuci mobil hehehe) yang telah dicampur air, sabun dengan spon tersebut hanya digunakan untuk mencuci bagian body motor, hal tesebut menghindari adanya kotoran/pasir yang becampur yang dapat membuat cat body motor menjadi baret.

Ketiga untuk bagian mesin gunakan sabun colek/ detergen yang di campur sedikit blau cuci agar bagian mesin terlihat bersih dan cerah, proses pencucian bisa menggunakan sikat gigi bekas agar memudahkan kita menjangkau bagian yang sempit, sambil disikat bagian yang kotor sobat bisa sambil alirkan air agar kotoran yang melekat ikut mengalir dan lakukan hingga terlihat bersih..

Berikut perbedaan bagian mesin sebelum dan setelah dilakukan pencucian :

Last… itulah sedikit Tips ringan buat sobat semua yang punya Vario kesayangan atau pun kendaraan motor lainnya , supaya tampilan luar dan dalamnya tetap oke, ntah hanya sugesti Tebe aja atau sobat lain juga merasakan adanya perbedaan baik dari tarikan motor yang lebih enak dibawanya  setelah di cuci ? jika ya.. berarti kita sama Sob..

Salam Kinclong buat pencinta Vario 125/150… 🙂

~TerasBiker.com~

Tags: cuci motor, kinclong, Tips mencuci motor, vario125 Categories: Honda, Tips, update
share TWEET PIN IT SHARE
Comments
  1. -

    Mas, itu mesin dicuci pake detergen sm air mengalir apa gak bikin motor macet? , sm blau itu apaan mas?

    1. -

      Aman Om…kan yang dicuci bagian luar mesin hehehe.. jadi aman dan gak bikin mesin macet, masa gak tau Blau cuci mas, yang warnanya biru 😀

Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

%d bloggers like this: