Sadis!! Efek Water Hammer diruang Bakar Bikin Setang Seher CBR250RR Bengkok!

July 26, 2017 121 4 0

 

Stang Seher CBR250RR sampe Bengkok!!

TerasBiker.com – Halo Sobat Biker sekalian, Buat para biker yang suka atau hobi terabas banjir mulai sekarang mesti dipikirin lagi deh.. pasalnya banyak efek fatalnya Sob..! Mungkin klo terabas banjirnya dalam batas normal misal aja setinggi mata kaki atau diatasnya paling yang sering kena efeknya bagian busi terkena air dan mogok deh, klo hal itu sih biasanya yang ngalamin motor-motor jenis bebek dan matik, cara gatasinnya juga cukup gampang tinggal dikeringkan.. bisa greeng lagi deh! Nah Gimana klo Ketemu sama Banjir yang melebihi betis atau setara dengan filter udara? Mending jangan nekat ya Sob.. karena efek yang diterjadi bakalan ada Palu air aka water Hammer, apa sih Water hammer??

Yap… Istilah “Water Hammer” terjadi bila air masuk ke ruang bakar dengan kapasitas yang banyak dan air tidak bisa dikompresikan, sehingga sangat berbahaya Sob terhadap kinerja dan komponen mesin yang bekerja, Seperti yang dialami oleh Bro Herman pemilik CBR250RR asal Joglo, Jakbar yang Tebe Kutif dari Otomotifnet, “Lantaran doi menerabas banjir setinggi lutut orang dewasa kemudian motor tiba-tiba mogok, setelah mesin dibongkar ternyata benar ada air masuk ke mesin, di ruang bakar, throttle body dan tentu saja di boks filter. dan akhirnya membuat setang piston bengkok serta piston pecah karena membentur crankshaft.

Jadi gini Sob, Jika ada air masuk berlebih ke area ruang bakar, akibatnya akan bikin seher jadi pecah. Minimal setang piston bengkok. Hal ini terjadi saat siklus kompresi, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Bila saat siklus kompresi ada air di ruang bakar, piston tertahan air seperti dipalu… Sadis juga ya kekuatan Water Hammer ini!!

Air yang terkompresi akan seperti besi, bayangkan bila piston beradu dengan besi. Makanya dikasih istilah water hammer. Water hammer terjadi bila air yang masuk terlampau banyak Sob, kalau cuma setetes atau dua tetes itu enggak masalah hehehe… karena kapasitas air tersebut akan menguap dengan sendirinya, karena suhu engine bakal lebih dari 100 derajat celsius.

Ini dia mulut ram air intake, gampang menyedot air saat kondisi banjir dalam .

Selubung ram air intake yang menuju ke mesin

Last.. Dari kejadian ini kita bisa ambil pelajaran.. Nah biar gak kena efek water hammer, mulai sekarang sebaikanya jika ada banjir cukup dalam jangan nekat deh.. Terutama buat para BikerΒ  All New CBR250RR, kenapa? Karena ada ram air intake yang berada di balik fairing, yang memiliki pososi lubang selubung cukup rendah. Jika masih nekat, kemungkinan air akan tersedot hingga ke mesin akan sangat besar seperti yang udah terjadi sama bro Herman..!

Salam,

-TerasBiker.com-

Tags: CBR250RR, Piston CBR250RR bengkok, Water Hammer Categories: Honda, Tips
share TWEET PIN IT SHARE
Related Posts
Comments
  1. -

    lubang filter udaranya menghadap kedepan sih jd gampang bgt air ketekan masuk

    1. -

      Bener banget Bro, Memang peruntukan air intake itu buat menambah Performa dan power di kecepatan tinggi, tujuanya berada di sisi kiri kanan bisa jadi agar udara langsung masuk dari depan ke area throttle body, cuma letaknya itu terlalu dibawah ya.. mungkin perlu di desain ulang hehehe..

      Thanks bro udah mampir dan berkomentar πŸ™‚

  2. -

    Kalau si Cibi’er 250 dipake riding pas hujan deras banget gimana tuh? Kemungkinan besar masuk juga itu air ke ram nya

    1. -

      Kemungkinan air masuk pasti ada Om, karena memang letaknya mulut ram air intakenya pas di bawah headlamp, tp tergantung dari intensitas hujannya.. beda lagi klo kondisi banjir, ada kemungkinan bagian ban depan yang menyapu air ke sibak ke bagian mulut ram air intake dan kesedot masuk… πŸ™ klo buat Tebe sih mending neduh aja klo ujan deres πŸ™‚ Cari aman aja hehehe…

      Makasih udah Mampir dan berkomentar Om πŸ™‚

Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

%d bloggers like this: