TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers, Momen libur lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau berlibur untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Bagi yang memilih menggunakan sepeda motor, mempersiapkan kendaraan penting untuk dilakukan. Selain itu kondisi fisik pengendara juga harus prima.

“Libur lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh, oleh karena itu kondisi fisik harus selalu prima. Menjaga konsentrasi saat berkendara sangat penting, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kondisi kendaraan juga harus dipastikan siap untuk digunakan perjalanan jauh.” papar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut ini adalah beberapa tips berkendara selama libur lebaran dengan mengunakan sepeda motor :

  1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Terbaik

Cek kondisi motor, standar alur ban dan tekanan angin, lalu periksa juga kondisi rem juga harus berfungsi dengan baik. Kemudian cek juga untuk kondisi aki, lampu-lampu dan kelistrikan. Pengecekan sepeda motor sebelum perjalanan perlu dilakukan agar pengendara tenang dan nyaman saat berkendara jarak jauh. Disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi dan manfaatkan diskon atau potongan harga dibengkel resmi Yamaha.

  1. Perhatikan Kondisi Fisik

Kondisi jalanan yang padat menjelang lebaran akan mengurangi konsentrasi berkendara, apalagi jika berkendara saat masih berpuasa. Oleh karena itu kondisi fisik harus dipersiapkan dengan matang. Peregangan otot sebelum perjalanan, jangan lupa makan makanan bergizi dan konsumsi vitamin jika perlu. Bawa obat-obatan pribadi dan nomor darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidur yang cukup sebelum perjalanan juga akan membantu menjaga kondisi tubuh dan menghindari kelelahan.

  1. Rencanakan Perjalanan

Perencanaan perjalanan meliputi banyak hal, mulai dari pemilihan rute, tempat pengisian bahan bakar, sampai lokasi istirahat. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan sehingga kita bisa merencanakan perjalanan dengan baik. Manfaatkan bengkel jaga Yamaha yang tersebar di 82 titik dengan fasilitas seperti layanan perbaikan dan perawatan, penjualan suku cadang, tempat istirahat yang memadai, toilet dan layanan darurat SKY (Service Kunjung Yamaha).

  1. Perhatikan Muatan Kendaraan

Bawa barang secukupnya jika melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor dan berkendara tidak lebih dari dua orang. Kelebihan penumpang menyebabkan sepeda motor lebih sulit untuk dikendarai dan jarak pandang kurang maksimal. Oleh karena itu selalu patuhi peraturan lalu lintas.

  1. Gunakan dan Siapkan Kelengkapan Berkendara Sesuai Standard

Gunakan safety gear seperti helm dengan visor, sepatu yang nyaman untuk perlindungan kaki, jaket, jas hujan dan sarung tangan. Jangan lupa untuk membawa dokumen berkendara seperti SIM & STNK.

  1. Istirahat cukup saat berkendara jarak jauh

Saat berkendara jauh, dianjurkan untuk beristirahat setiap 2 jam untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, jangan memaksakan untuk berkendara tanpa istirahat. Saat istirahat, pengendara juga bisa melakukan kembali pengecekan sepeda motor agar siap digunakan kembali. Untuk pengguna sepeda motor Yamaha dengan fitur Y-Connect, Anda bisa melakukan pengecekan secara real time kondisi aki, oli mesin dan rekomendasi perawatan hanya melalui smartphone.

Demikian beberapa tips berkendara selama libur lebaran bersama Yamaha, semoga dapat memberikan panduan demi keselamatan bersama.

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.