TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers….Gelaran MotoGP Thailand berjalan lancar, Pembalap KTM, Miguel Oliveira, akhirnya berhasil membuktikan dirinya adalah penakluk trek basah dalam MotoGP Thailand di Sirkuit Chang, Minggu (2/10).

Meski sempat terjadi delay race karena kondisi cuaca, akhirnya race di Buriram di reschdule menjadi pukul 15.55 waktu setempat. Kemudian sempat juga terjadi penundaan Start sempat ditunda lantaran kondisi keselamatan. Setelah menunggu beberapa saat, race pun dimulai.

Tim Race Direction menyatakan wet race untuk MotoGP Thailand. Meski bukan kondisi yang baik, Namun bagi Oliveira lintasan basah adalah justru menguntungkan. Dirinya membuktikan Untuk kali kedua pada musim ini, rider dari tim KTM itu unjuk kebolehan sebagai yang terbaik.

Saat semua mulain mengambil alih start, Bezzecchi langsung melesat kencang. Nyaris saja terjadi insiden dengan Jorge Martin di Tikungan 1. Setelah itu, terjadi momen yang melibatkan Fabio Quartararo. Sang juara bertahan melebar di Tikungan 4.

Apes Fabio Quartarato yang di juluki El Diablo langsung melorot ke posisi 17. Sebaliknya, rival utama Francesco Bagnaia menduduki posisi kedua, di belakang Bezzecchi. Namun, ini tak bertahan lama.

Pada Lap 3, pria Portugal itu sudah menembus lima besar. Dia lalu mulai memburu Martin. Setelah berhasil menaklukkan Martinator, Bagnaia menjadi buruan Oliveira berikutnya. Saat bersamaan, Jack Miller salip Bezzecchi.

Usai meredam Bagnaia, Oliveira mengincar P1 yang tengah diduduki oleh Miller. Duel pembalap spesialis wet race tidak terhindarkan mulai Lap 8. Pertarungan keduanya bahkan berlangsung sangat sengit, walau kondisi lintasan basah.

Tetapi, tak mudah rupanya bagi Oliveira untuk mengalahkan Miller. Pembalap Ducati itu menutup celah secara rapat-rapat. Kendati demikian, Oliveira berhasil menyalip Miller pada Lap 15 dan berhasil naik di posisi pertama.

Miller lalu berupaya membalas. Thriller Miller berupaya kuat untuk terus menjaga jarak. Namun, Oliveira cukup tangguh. Dengan konsisten memimpin balapan akhirnya Oliveira pun berhasil menyentuh garis finis lebih dulu.

Kemenangan di Buriram merupakan kali kedua Oliveira berjaya dalam wet race. Sebelumnya, dia merajai lintasan basah di Pertamina Mandalika Circuit pada gelaran Grand Prix Indonesia.

Dengan kemenangan diklaim Oliveira, finis kedua ditempati Miller. Bagnaia memperbesar peluangnya dalam perburuan titel usai meraih podium ketiga. Posisi keempat diisi oleh Johaan Zarco dan ada Marc Marquez hanya berhasil finish di urutan kelima.

Namun sayang, nasib sial harus dialami Fabio Quartararo. Dia hanya finis di urutan ke-17 sehingga gagal mendapat satu pun poin. Kini, Quartararo pun hanya unggul 2 poin dari Bagnaia di klasemen MotoGP 2022.

Untuk selanjutnya Seri dari MotoGP 2022 akan berlagsung di Phillip Island dalam gelaran bertajuk Grand Prix Australia pada 16 Oktober mendatanng.

Hasil MotoGP Thailand:

2022 THAILAND MOTOGP, BURIRAM – RACE RESULTS
POS RIDER NAT TEAM
1 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
2 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)
3 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)
5 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
6 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
7 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)
8 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
9 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)
10 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
11 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)
12 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
13 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
14 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
15 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)*
16 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)*
17 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
18 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)*
19 Cal Crutchlow GBR WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
20 Danilo Petrucci ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
21 Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)*
22 Tetsuta Nagashima JPN LCR Honda (RC213V)
23 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)*

 

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.