Terasbiker.com – Halo Sobat Bikers…Setelah vakum dari kegiatan Touring selama kurang lebih 2 tahun akibat pandemi covid, Akhirnya….PT Wahana Makmur Sejati (WMS), selaku main dealer motor Honda di wilayah Jakarta-Tangerang, kembali mengadakan event touring bersama para jurnalis, blogger, dan vlogger dengan tema ‘Fun Rally & Camp’ dengan menggunakan motor Honda CB150X dan Vario 160.

Walau bukan merupakan produk baru, namun Honda CB150X dan Vario 160 eSP+ ini masih cukup ‘anget’ Sob, yup….meski pernah mencoba saat proses Test Ride Honda CB150X dan Vario 160 melalui PT AHM, namun Tebe sendiri belum mendapatkan feel berkendala harian si CB150X ini Sob, klo Vario 160 Alhamdulillah meski singkat tapi udah pernah.

Makanya saat ada tawaran pilihan unit apa yang mau di pakai untuk Fun Rally ini, TeBe langsung pilih si CB150X, Meski awalnya ragu karna motor kopling akan lebih melelahkan saat perjalanan jauh, tapi semua diluar dugaan!!!

Persiapan di Hari H Jum’at, 15 Juli 2022

Kegiatan Fun Rally touring ini diadakan oleh Wahana selama dua hari Sob, yakni tanggal 15 dan 16 Juli 2022 dengan tujuan Wisata Alama Capolaga Subang dan diikuti lebih kurang 30 orang dari Media, Blogger dan Vlogger Otomotif. Tebe yang harus Riding pagi-pagi ke Maindealer Wahan Honda Gunung sahari karena harus tiba dititik kumpul tersebut pukul 08.00 WIB. Ternyata pas Tebe tiba di Wahana Honda Widih..ada yang udah sampe duluan Sob! kirain Tebe Kepagian hahaha 🙂

Lanjut Sarapan dulu biar gak oleng dijalan 😀 . Selesai sarapan, semua harus mengikuti SOP yakni kudu tetap prokes dengan tetap memakai masker dan wajib Antigen.. Alhamdulillah hasil Swabnya semua Negatif. dan dilanjutkan dengan pembagian Unit Motor yang akan digunakan serta Jaket.

Setelah semua Ready dengan motor dan jaketnya masing-masing, Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Group Head of Corcomm, Mba Diana Anggraini, disambung oleh Mas Agus Sani dari tim SRP (Safety Riding Promotion) Wahana memberikan arahan mengenai jalur yang nanti dilalui serta pembekalan aturan-aturan konpoi saat diperjalanan.

Akhirnya semua bersiap Riding, Start dari Wahana Honda Gunung Sahari dan peserta dilepas oleh Group Head of Corcomm, namu mba Diana sendiri tidak ikut riding melaikan mengikuti dengan mobil logistik.

Siap Riding…..Gass!!!!

Perjalanan diawali dengan melewati rute  ke arah Jatinegara menuju bekasi, yes kesan awal naik Honda CB150X ini emang beda banget, Selain punya desain yang udah gagah dari lahir dengan desain khusus untuk motor penjelajah. Berada diatas CB150X punya kebanggaan dan rasa percaya diri, dan emang jadi pusat perhatian banget Pas berhenti di lampu merah…serius, Secara tampilan, motor ini memang gagah, desainnya seperti Moge banget dan poin plusnya CB150X ini memang tidak pegal saat dibawa jalan jauh karena punya stang yang lebar dan posisi riding yang tegak. CB150X juga di dukung panel instrumen full digital yang mudah dibaca meski di saat dibawah terang cahaya Matahari disiang bolong 😀

Setelah riding hampir satu jam posisi rombongan tiba di cikarang barat dan semua harus melipir ke mesjid dulu karena harus solat Juma’at sob. Sebanarnya titik ini gak sesuai di rundown list, karena perjalanan sedikit ngaret jadilah berhenti di masjid ini.

Selesai Solat Jumat, kita lanjut kan perjalanan dan memasuki daerah Karawang sob, rute ini cukup Asik buat icip-icip top speed hahaha….Saat bertemu jalan lurus yang panjang dan lebar, Tebe coba tarik gass poll hingga menyentuh kecepatan diangka 113 kpj. baru pemanasan, krn jalurnya masih belum dapet yang pas.

CB150X ini punya power yang lumayan banget loh… walau dibekali mesin berkapasitas 150 cc DOHC, tenaga 11,5 kW di 9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm tetap power full saat dibawa jalur lurus atau menanjak.

Akhirnya Tibalah dipurwakarta untuk makan siang bersama, yup…tujuan lokasi makan siang yang emang di nanti-nanti sekalih….Rombongan diajak makan siang di Sate Maranggi Hj. Yetty Purwakarta.

Sempet hujan sebentar setelah makan, lalu perjalanan dilanjutkan lagi… masih dipurwakarta dan perjalan terhenti karena hujan yang lumayan deres, dan banyak yang gak bawa jas hujan, melipir dipinggir jalan Jendral sudirman, karena kondisi hujan cukup awet dan sudah menunggu hampir 30 menit dan waktu menunjuk pukul 3 sore, ujan gak reda-reda akhirnya romobongan memaksa gas lagi…cuma beberapa kali harus berhenti meneduh saat turun hujan. Tebe dan Babeh Vandra (MMblog) terpisah dari rombongan karena sempet meneduh di tempat berbeda.

Waktu sudah menunjukan pukul 5 sore, cek map dari titik Tebe meneduh sampai ke lokasi tujuan masih 1 jam lagi…Wew! diskusi sama Babeh Vandra. Akhirnya Tebe putuskan untuk lanjutkan riding lagi mengikuti arahan Google Maps, lewat jalan Sagalaherang, Wanayasa Purwakarta kondisi hujan udah reda, gaspool terus berdua sama Babeh yang naik Vario 160, gila Matik Honda 160 cc ini emang ajib, keceng bener si babeh bawanya. Ulasan si Babeh Vandra Naik Vario 160 cekidot dimari : Review Honda Vario 160 300 Km Sekali Jalan, TERKEJUT!

Babeh Vandra MMblog – Vario 160 emag ajiibbb, akselerasi awal sama power atasnya nendang!!!

Jalur yang kita lalui ini memang gak semua mulus sob, ada juga jalan aspal dan beton yang rusak dan agak bumpy, tapiiiii berkat Suspensi depan dengan Tipe Upside Down (USD) CB150X ini membuat motor sangat stabil untuk diajak berlari kencang di jalan mulus dan berlubang.

Setelah riding berduaan bareng Babeh dan pas ketemu Masjid,  Tebe dan Babeh pun melipir dulu buat solat Asar, setelah selesai solat…gak lama rombongan lain pun mulai terlihat, akhirnya Tebe lanjut dan membututi rombongan, sampai tiba di Situ Wanayasa sudah hampir magrib, semua berkumpul dulu sambil menunggu tim panitia cek ricek barangkali masih ada yang tertinggal, akhirnya semua lengkap dan perjalan dilanjutkan lagi!

Saat memasuki Wilayah Subang, jalan berubah penuh dengan jalur menanjak dan menikung, tapi gak masalah, dengan torsi CB150X yang mumpuni  melintasi jalur perbukitan terasa gak perlu membuka gas lebar-lebar. Karena CB150X ternyata cukup mampu diajak menanjak dengan posisi gigi tiga,  Suspensi belakangnya pun empuk untuk meredam guncangan saat melintasi jalan menajak yang terjal dan rusak parah.

Tiba dilokasi tujuan Wisata Alama Capolaga – Subang!

Saat rombongan baru tiba di lokasi Wisata Alam Capolaga – Subang jam 81.30 wib, masih gerimis sob.

Bener-bener diluar dugaan, kita sampai lokasi sekita pukul 18.30 WIB, dengan kondisi hujan gerimis plus belum solat magrib pulak, Setelah di info ternyata lokasi untuk kita bermalam dan gelar acara berada di bawah lembah, area camping Ground dengan harus menuruni anak tangga yang lumayan cukup curam serta licin karena hujan dengan penerangan ala kadarnya.

Tidur di Tenda pinggir sungai, seru! tapi gak jadi 😀

Dalam Hati, serius ini kita tidur ditenda yang posisinya pas di pinggir kali dengan kondisi hujan begini, Mana gak ada sinyal….Penyakit Indosat emang begini klo keluar daerah pegunungan pasti NO Signal! Beda sama yang Pake Telkomsel mah Aman! Setelah dibagi-bagi tenda, akhirnya Tebe langsung cari tempat untuk solat magrib!

Tenda pinggir sungai
Tim blogger 😀

Awalnya Tebe udah Niat mau gak Mau harus tidur ditenda bersama yang lain, cuma karena kendala signal dan panitia menawarkan buat yang mau tidur di vila silahkan bisa pindah karena kondisi hujan yang gak reda-reda, ditambah ada beberapa Tenda yang rembes/bocor, jadi kegodalah Tebe ikutan nyusul rekan-rekan lain yang udah duluan menuju Vila. Alhamdulillah walau mau pingsan nanjak menaik anak tangga yang licin, gerimis, sepi dan sendirian pula, akhirnya sampe juga di villa.

Sabtu, 16 Juli Jam 7 pagi

Hujan sempet reda sekitar jam 10 sampe sekitar jam 12.an pada jumat Malam, dan kembali deres sampe pagi dengan kondisi berkabut, di Villa setelah dapet sarapan Pagi, akhirnya Tebe menyusul turun kembali ke camping ground karena penasaran gimana sih suasana saat dipagi harinya, cuma memang kondisi masih hujan. Akhirnya Tebe sempetkan untuk Explore beberapa curug yang ada, mayan lah spot buat Foto-Fotonya emang Juaraaaa!

Pukul 10.30 wib, Semua Akhirnya Bersiap Untuk Packing barang-barang untuk bertolak kembali ke jakarta, pukul 11.00 wib, semua sudah siap untuk riding kembali dengan Destinasi terkahir yakni berkunjung ke suatu desa di Wilayah Subang untuk kegiatan aksi sosial, Yup… kegiatan turing Fun Rally ini Wahana mengajak media bersama-sama mengunjungi Desa Arjasari, Subang, Jawa Barat guna menyalurkan donasi paket vitamin dan ribuan masker untuk lawan pandemi.  Kegiatan CSR ini dalam rangka menyambut HUT 50 Wahana Artha Group ke-50 dengan tema “Gift of Love”

Wahana Fun Rally 2022: Turing Sambil Donasi Bareng Pegiat Media!

sabtu, 16 Juli 2022 – Pukul 11.00 wib, Siap-Siap Riding balik ke Jakarta lagi

Lanjut soal review riding PP Jakarta – Subang dengan jarak tempuh 300KM, Untuk Tebe pribadi dengan tinggi badan 170cm alhamdulillah masih aman lah, gak terlalu ribet ada di atas Honda CB150X walau gak bisa menapak sempurna, tapi klo udah dibawa riding asli ini motor emang nyaman banget…! Desain tinggi besarnya emang sedikit menyulitkan untuk Tebe mendorong motor maju/mundur saat diparkiran denga posisi dinaiki, jadi emang harus turun biar aman.

Handlignya cukup nyaman, dengan radius putar yang cukup jauh berkat stang tapper bar, jadi tetap ringan dan nyaman banget saat bermanuver dikemacetan, terbukti saat melintasi jalur bekasi yang cukup macet, motor tetap asik dibawa liuk2 membelah kemacetan.

Meski punya Stang Lebar, CB150X tetap asik bermanuver kiri/kanan di kemacetan

Soal Performa mesin, seperti yang udah diulas tadi…karakternya emang mirip banget CB150R Streetfire, punya rasio gigi yang singkat, misal dari gigi 1 ke 2,3 cukup pendek, gass poll dikit rpm tinggi mesin meraung hihii, tapi untuk power atasnya emang punya nafas yang panjang sob.

nyobain gasspoll saat arah pulang, cuma bisa tembus segini..bobot rider emang pengaruh, Om Endrik Elangjalanan.net tembus 125kpj doi gilaaaa!

Waktu arah pulang masih di wilayah Cikarang, Tebe coba gass poll saat ketemu jalan lurus yang panjang dapet di 119 Kpj, lumayan lah ada peningkatan dari sebelumnya.. hahaha

Sayangnya …Honda CB150X tidak dibekali dengan sistem rem ABS jadi agak ngeri-ngeri sedap pas lagi kenceng terus ngerem mendadak/hard-braking roda belakang bisa ngepot karena terkunci.

Nah…kira-kira itu sob, Riding Experience yang Tebe dapatkan setelah berpetualanng menyusuri jalan ibukota hingga wilayah perbukitan di subang dengan Honda CB150X, asli diluar dugaan, ternyata CB150X ini emang nyaman banget untuk perjalanan jauh. Dua hari riding PP jakarta-subang dengan jarak tempuh 300km Tebe gak merasakan lelah berlebihan, cuma dibagian bokong aja agak sedikit berasa pegal karena kontur joknya yang terasa sedikit keras. Overall Puas dan Happy Banget!!!

Terakhir, Tebe ucapkan terimakasih banyak kepada Wahana Honda gunung sahari yang telah memberikan kesempatan kepada temen-temen Media, blogger dan Vlogger untuk ikut serta dalam acara Fun Rally 2022 dan merasakan New Produk terbaru Honda, yakni CB150X dan Vario 160. Semoga bisa bertemu lagi di event-event Touring selanjutnya.

Semoga Bermanfaat 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com Sob!

Salam,

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.