TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers….Setelah resmi dirilis PT. AHM pada 1 juli 2022 lalu, Akhirnya agenda Test Ride New Honda ADV 160 yang ditunggu-tunggu datang juga sob, yup….bertempat dilokasi yang sama seperti halnya waktu perilisannya, kemarin Rabu, 06/07 Tebe diberi kesempatan untuk mencoba secara langsung New ADV160 di Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Deltamas, Cikarang. Seperti biasa, sebelum dilakukan sesi test ride kita diberikan sedikit brifing mengenai informasi trek yang akan dilalui saat menjajal ADV160, ada dua lintasan dimana kita bisa merasakan kenyamanan saat bermanuver dan merasakan akselerasinya.

First Impression Test Ride New Honda ADV160

Disesi Test Ride New ADV160 kali ini, pihak AHM memberikan kesempatan empat kali putaran sob, dimana masing-masing dua putaran diatur ketinggian penggunaan wind shieldnya untuk memberikan sensasi berkendara berbeda saat kondisi windshild pada level tinggi dan paling rendah.

Posisi berkendara diatas New ADV 160
Saat Tebe berada di atas New Honda ADV 160 impresi pertama  feelinya nyaman banget. Tinggi Joknya sudah ada perubahan saat ini jadi 780 mm berkurang 15 mm dari ADV150 sebelumya. Ground clearance ADV160 menjadi 165 mm, jadi masih cukup aman buat pemilik postur tubuh under 170 cm lah, walau tetap jingjit tapi gak separah di ADV150 Sob. Tebe yang punya postur tinggi badang 170 Posisi kakinya juga gak bisa napak sempurna, tapi Jujur saat udah riding Posisinya akan tetap nyaman seperti ADV 150 cuma memang stangnya sekarang gak terlalu tinggi karena ada penurunan di sisi raiser setang, dan posisi setang terasa deket kearah rider plus lebih lebar (fat bar/tapper).
Ergonomi/posisi berkendara Tebe diatas ADV160, meski Jok Lebih landai tapi tinggi 170cm masih belum napak sempurna 😀
Performa Mesin Baru New ADV160
Lanjut ke Sisi Engine Barunya…soal mesin, ADV 160 tipe CBS dan ABS sama-sama didukung mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW atau setara 15,8 tk pada 8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 Nm pada 6.500 rpm.
Saat start Engine New ADV160, Suara mesin sangat halus…namun vibrasi pada area stang sedikit terasa saat mesin iddling, dimana terlihat spion kiri kanan yang bergetar, namun vibrasi halus tersebut hilang saat motor mulai dibawa riding.

Feel berkendaranya klo Tebe rasain sih emang hampir sampa seperti halnya dulu saat test ride Honda PCX160 dan Vario 160 Sob, saat tarik tuas gas memang berbeda, lebih bertenaga dan Akselerasinya mulai terasa sejak putaran bawah sampai menengah hingga putaran atas, terisi padat sesuai saat tuas gass semakin dibejek.

Saat Tebe mencoba geber dilintasan lurus power bawah sampai atasnya tetap ngisi terus, ditrek lurus area pengujian performa mesin dengan jarak kurleb 150-200m Tebe berhasil raih kecepatan hingga 92kpj, sebenarnya masih bisa lebih sih jika jarak trek lurusnya diperpanjang, memang benar Karakter mesin baru di ADV160 lebih bertenaga dan pastinya cocok buat sobat yang donyan aktivitas touring luar kota ala adventure, makin digaspoll makin ngisi power atasnya.

Handling Mantappp

Ini yang bikin geleng-geleng, walau ADV160 ini punya bobot 133 kg (ABS), namun handlingnya  terbilang masih lincah dan ringan, meski desain body barunya lebih besar tapi saat Tebe melakukan manuver meliak-liuk di antara cone Slalom Trek AHSRC, New Honda ADV 160 ini bisa dibilang nurut banget, gak ngeri motor bakalan mengalami slip ban, mau rebah-serebah-rebahnya pun asik aja, serius..sampe standar tengah gasruk2 mulu Sob, jadi ini kemungkinan tidak ada perubahan pada sudut rake pada roda depan yang masih mempertahankan pendahulunya yakni ADV150, jadi mau dibawa miring-miring pun motor tetap terasa ringan dan lincah sob.

Manuver kiri/kanan tetap lincah tanpa khawatir ban slip

Sistem Pengereman ABS dan Suspensi New ADV 160

Karena semua unit test ride yang digunakan Anda tipe ABS dengan HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang merupakan versi tertinggi dari AVD 160 ini, maka feeling pengereman memang jauh lebih oke, Deselerasi yang dihasilkan jauh lebih smooth.  Meski sistem ABS single Channel pada pengereman depan, tapi saat Tebe coba Hard braking dari speed 92kpj alhamdulillah pengeraman cukup baik tanpa ada terasa slipp.

Apa sih fungsi dari Fitur HSTC di Honda ADV 160 ?

Jadi gini Sob, sedikit informasi aja…HSTC (Honda Selectable Torque Control) atau Kontrol Traksi merupakan Fitur Safety yang biasa disematkan pada big bike Honda dan motor-motor premium, dimana secara umum fungsinya adalah untuk membatasi dan bakal Meng-cut  secara temporari torsi mesin jika Sistem HSTC mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga akan terhindar akan potensi terjadinya ban selip, atau motor mengalami over spin pada roda belakangnya dan fitur ini tetap bisa set off/on. Artinya bisa digunakan sesuai kebutuhan saja. Kereeen kan!!

Kebetulan untuk fitur HSTC ini Tebe sendiri belum begitu ngeuhh kapan dan gimana cara kerjanya sob, karna terlalu asik riding hahaha…jadi cuma fokus riding aja…

Kemudian Soal Suspensi, untuk suspensi depan asli ini memang terasa empuk banget sob dan dikombinasikan dengan suspensi bersubtank pada bagian belakang dengan karakter sedikit lebih keras tapi ini bisa jadi kombinasi yang pas kalo menurut Tebe sih, terbukti saat melibas speed trap yang lumayan gede dikecepatan 50kjp suspend depan cukup baik meredam tanpa gejala bottoming suspension/mentok dan suspend belang cukup kuat mengimbangi, jadi kondisi motor saat melibas speed trap tadi tetap stabil dan terkendali.

Suspensi depan dan belakang yg ajiib, mampu meredam kejutan saat melintasi speedtrap yang cukup besar
karakter suspensi belakang yang sedikit lebih keras, membantu pengendara tetap stabil meski melintasi jalur berkontur kurang baik.

Fitur baru pada Wind-screen/ Wind Shield yang lebih tinggi posisinya dan dapat diatur ketinggiannya ini sangat berpengaruh ternyata, saat dua putaran pertama setup wind shield diatur pada level tertinggi…hasilnya saat riding terpaan anginpun terhalau sehigga tidak terlalu masuk kearea dada hingga leher sob, cocok untuk penggunaan malam hari agar angin gak langsung tertuju ke area pengendaranya. Kemudian pada sesi terkahir di dua lap berikutnya…setup wind shield dipindahkan kepengaturan paling bawah, ini sangat berpengaruh ke sisi akselerasi yang lebih lincah dan riangan saat bermanuver atau dikecepatan tinggi karena terpaan angin yang dihalau menjadi berkurang.

Kesimpulanya, New Honda ADV 160 kini bisa dibilang jauh lebih bertenaga disisi mesin, handling yang lebih lincah dan ringan serta fitu keamanan yang mungkin bertambah, yup.. dengan segala perubahannya dan fitur terbaru yang di sematkan sesuailah dengan harga yang ditawarkan. Fitur ABS dan HSTC jadi andalan di tipe tertinggi dan dibandrol Rp. 39,250jt. Sementara untuk tipe CBS dibandrol Rp. 36jt pas OTR-Jakarta. So..sobat bisa tentukan sendiri pilihan terbaik yang mana… ?? mau ABS atau CB monggo di pikirkan, selisihnya cuma 3jtan aja lohh 😀

Lastly… Itulah pengalaman pertama Tebe saat jajal New Honda ADV 160 kemarin, kalau dibilang tertarik gak..? ya pastilah pengen..secara udah mau tujuh taun masih aja nungggang Vario 125, tiba-tiba nyobai ini motor dengan mesin 160cc nya,,duuuh gimana gak kepikiran coba. Honda ADV 160 menawarkan desain terbaru yang terlihat gede,  Performa mesin pun jadi lebih responsif plus handling lebih lincah dan riangan. Siaapp Nabung dah klo gitu!!!

Semoga Bermanfaat 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com Sob!

Salam,

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.