TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers…. Berkendara di jalur off road memang menyenangkan dan menguras adrenalin, tak sedikit pengendara roda dua kini menyukai hobi trabasan ataupun berkendara di jalur off road. Selain menyenangkan, berkendara di jalur off road juga biasanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, maka tidak kaget sekarang komunitas pengendara motor off road semakin ramai.

Salah satunya adalah komunitas pengguna Yamaha WR 155 R di Yogyakarta yang bernama  Firli, menurut dia berkendara di alam bebas sangatlah menyenangkan, karena bisa melihat pemandangan indah dan tentunya sangat seru saat perjalanan. Namun dalam berkendara off road tidak jarang dihadapkan dalam situasi motor terjatuh dan harus mendirikan motor kembali.

Dalam situasi tersebut, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta punya beberapa tips agar mudah dalam mendirikan motor yang terjatuh :

1.Pastikan memakai alat perlindugan diri (safety gear) yang lengkap, seperti helm, sarung tangan, sepatu off road, pelindung (leher, dada, tangan, kaki), celana panjang dan jersey lengan panjang.

2.Hindari langsung mendirikan motor ketika terjatuh (masih syok), tunggu sampai kondisi pengendara stabil.

3.Pastikan mesin motor dalam keadaan mati atau off sebelum didirikan.

4.Usahakan meminta bantuan pada teman/pengendara lain untuk mengangkat motor.

5.Posisikan pengendara dan teman di kedua sisi motor yang berbeda untuk mengangkatnya.

Tips Mendirikan Motor Yang Terjatuh di Jalur Offroad!

6.Angkat motor dengan posisi tubuh membelakangi motor dan mendorong menggunakan otot kaki dan dibantu dengan kedua tangan, sementara itu teman pengendara di sisi seberang motor untuk membantu menyeimbangkan posisi motor.

7.Hindari mengangkat motor dalam kondisi punggung membungkuk untuk meminimalisir cedera.

8.Setelah motor berdiri pastikan kondisi motor baik baru bisa melanjutkan berkendara.

Berkendara di jalur off road memang lebih menguras tenaga dibandingkan berkendara di jalan raya, sehingga disarankan selalu menjaga stamina tubuh dan juga kondisi motor yang prima, berkendara dengan teman juga lebih baik. Selain karena lebih menyenangkan, berkendara dengan teman juga dapat membantu apabila terjadi masalah pada saat di jalur off road.

Semoga bermanfaat 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.