Home Review First Impression Test Ride Vario 160, Responsif dan Lincah!!

First Impression Test Ride Vario 160, Responsif dan Lincah!!

TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers….Alhamdulillah setelah resmi dilakukan perilisan, Sesi yang paling di nantikan pun tiba, yup…Ini dia sesi Test Ride All New Vario 160 2022, seperti biasa setelah dirilis semua rekan dari Awak media, Blogger dan Vlogger diberikan kesempatan untuk mencoba dan merasakan Impressi pertama skutik anyar tersebut Sob.

Nah..kebetulan Terasbiker (TeBe) dan temen-temen motoVlogger kebagian di cloter kedua setelah rekan media, oh..iya seperti biasa sesi TestRide ini diberikan waktu  Sob, jika dihitung mungkin sekitar 15-20 menitan, dimana kita diberi kesempatan testride vario 160 dengan dua sesi ( trek berbeda) dan setiap sesi diberik kesempatan 3 kali mengitari trek yang sudah di siapkan oleh AHM, dan Lokasi masih di arena Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) Deltamas, Cikarang.

Walau terbilang singkat, tetapi sesi TestRide ini cukup untuk membayar rasa penasaran, dan cukup untuk first impression ngerasain Vario 160 ini. Kira-kira seperti apa sih feel-nya riding Motor Vario 160 Terbaru ini ? Berikut adalah pengalaman Tebe saat menjajal All New Honda Vario 160 di lintasan TestRide.

Ergonomi/Posisi Berkendara Vario 160 2022

Sebelum kita bahas ke hal lain, yang paling awal saat sesi Testride ini Tebe mau kasih info soal ergonominya, Tinggi badan Tebe adalah 173cm, tapi saat posisi riding statis cukup comfortable, lihat aja nih :

Yes..Walau punya desain body baru yang fresh dan lebih besar sesuai taglinenya Bigger, Greater & Prouder ditambah ukuran ban pun lebih gede yakni Depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14 tapi yang Tebe rasain Pertama kali duduk diatas jok barunya feel awal Joknya masih terasa empuk dan desain lekuk jok barunya pun terasa lebih nyaman. Posisi Kaki juga gak terlalu mengangkang seperti pada desain jok sebelumnya, jadi rasanya tetap bersahabat buat yang punya tinggi badan dibawah 170cm.

Postur saat riding/Posisi badan saat berkendara terasa lebih lebih tegak rilek gak begitu membungkuk, lantaran posisi setang tak begitu jauh dan rendah. Bagian area Siku lengan membentuk sudut rendah, efeknya kita gak mudah lelah/pegel sob, dan saat melakukan Handling pun lebih terasa ringan.

Banyak yang nyangka klo area leg room di ruang tengah dek terlihat sempuit, tapi pada kenyataanya justru lebih lega. Sehingga dengkul tak terlalu mepet dengan bodi depan motor, Hal ini karena dimensi dari panjang motor yang berubah menjadi 1.929 mm dari 1.919 mm.

Handling Honda Vario 160

Saat Tekan Knob keyless untuk Engine On, dan start Engine….gak terasa ternyata mesin sudah menyala dengan minim vibrasi/gerataran, asli emang lebih halus enginenya sob.

Vario 160 memang benar-benar all new Sob, dengan segala perubahan mulai dari sasis/rangka dengan frame tipe eSAF, ukuran suspensi yang lebih panjag dan ukuran ban baru yang lebih lebar, membuat Handling jadi makin lincah dan ringan. Emang kerasa banget sih bedanya, waktu pertama motor dibawa riding, freelnya lebih enteng ketimbang Vario lama. Padahal secara bobot bertambah.

 

Kebetulan Tebe Sendiri pengguna Honda Vario 125 eSP lawas lansiran tahun 2015 yang biasa dipakai harian, jadi saat nyaba All New Vario 160 ini berasa banget bedanya hahaha…ini bukan soal performanya yah..tapi lebih ke sisi kenyamanan diatas motornya. mulain keracunan ini sih.

Saat Tebe coba melewati berbagai macam obstacle diarena testride motor juga lebih mudah ditekuk kanan dan kiri , saat melewati medan pengetesan yang berbentuk lekukan seperti angka 8, vario 160 ini asik aja gitu buat slalom. Sangat cocok bangetlah untuk mobilitas di perkotaan, meliuk-liuk menembus kemacetan Ibukota.

Performa mesin Vario 160

Dengan Bobot rider kurleb 78kg, tarikan awal Vario 160 emang lebih smooth, hempasan torsinya lebih responsif tapi mesin tetap halus, jadi beda banget sih dengan vario 150 yang klo kondisi saat stop and go berasa lebih agresif jika tuas gas ditarik.

Saat Tebe mencoba geber dilintasan lurus power  bawah sampai atasnya tetap ngisi terus, ditrek lurus tersebut yang punya jarak kurleb 150-200m Tebe berhasil raih kecepatan hingga 87kpj, dan masih bisa lebih jika jarak trek lurusnya diperpanjang. Karakter mesinnya cocok buat berkendara di perkotaan ataupun touring luar kota, nafasnya panjang Sob.

Sistem Pengereman ABS di Honda Vario 160

Sungguh diluar dugaan, Karena unit Test ride yang di gunakan adalah versi ABS, yup Walau punya sistem ABS single channel dibagian depan, tapi saat Tebe melakukan Hard Breaking, Sama sekali si vario 160 ini tidak menunjukkan gejala ban terkunci dan slip seperti Vario150 (non ABS) yang seolah over power dan cenderung terus nyelonong walau sudah direm. Asli rem ABSnya terasa Smooth, hal ini bisa jadi berkat adanya upgrade diarea kaki dengan ukuran Ban lebih lebar yang bisa memberikan kontribusi traksi sangat baik.

 

Last…itulah sedikit pengalaman Tebe saat melakukan sesi Testride All New Vario 160, Serius Tebe sendiri tertarik dengan Vario 160 ini sob, selain menawarkan desain terbaru yang terlihat big scootic, Performa mesinpun jadi lebih responsif plus handling lebih lincah dan riangan.
Kira-kira gimana Sob dengan harga yang ditawarkan ? Untuk harganya, vario 160 dibandrol Rp. 25,8jt untuk versi CBS dan 28,5jt untuk yang versi ABS, pembahasan soal perbedaan Vario 160 versi CBS dan ABS nanti Tebe ulas diartike terpisah aja ya….
Moga berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version