TerasBiker.com – Halo Sobat bikers….Akhirnya kesampean juga Tebe Testride New Model dari Honda CBR150R 2021, Yes…motor Sport Fairing 150cc yang dirilis AHM pada awal tahun 2021 lalu (12/01/21), kebetulan saat proses perilisiannya waktu itu masih di masa pandemi covid-19 yang cukup tinggi sob, jadi semua serba dibatasi Sob.

Alhmdulillahnya, melalui Main Dealer Honda Jakarta dan Tangerang Wahana Makmur Sejati (WMS) Tebe kembali dapat pinjaman unit CBR150R untuk Testride nih, walau hanya 4 hari saja tapi cukuplah untuk merasakan gimana sih ada diatas motor yang punya desain bener-bener baru, dimana bentuk fairingnya, headlamp plek mengadopsi dari DNA sang kakak yakni CBR250RR.

Tampilan Baru dan Ergonomi All New CBR150R 2021

Yes, dengan garis desain yang mirip banget sama CBR250RR, pas diliat-liat kok bikin pangling sob, jadi emang mirip banget sih, apalagi udah di bekali suspensi upside down dengan kelir Gold membuat CBR150R ini terlihat semakin kekar.

 

Saat Tebe berada di atasnya, hmmm…posisi berkendaranya emang lebih rilek dan gak terlalu menunduk, hal ini dikarenakan posisi stang diatas yoke (triple-clamp), dengan bentuk desain dari tangki bbm yang di balut kondom/cover tangki berkapasitas 12 Liter, jadi keliatan lebih gede dari CBR150R versi lama (old).

Nah…plusnya lagi nih…Walau si CBR150R ini terlihat sporty dan Agresif dengan ukuran yang lebih lebar dan tinggi dari versi lama, tapi untuk tinggi joknya ketanah si ALL New CBR150R 2021 ini justru lebih pendek, yakni 782mm, beda sama versi lama yang lebih tinggi yakni 787, ada selisih 5mm. Hal tersebutlah yang membuat pososi berkendara/ergonominya lebih nyaman untuk motor harian.

Saat Tebe Bawa unit testirde dari Dealer Wahana Gunung sahari jakpus ke rumah Tebe yang berlokasi di cibinong, emang beda banget Sob, gak cepet capek dan nyaman aja dibawa macet-macetan di jalur kramat jati, lagi-lagi…kenyamanan ini karena posisi berkendara yang gak terlalu membungkuk.

Suspensi USD All New CBR150R 2021

Oke kita lanjut ke Bagian Kaki-kakinya, Yup…Mengusung Suspensi tipe Upside Down (USD) Separated Function Fork Big Piston (SFF-BP) dengan diameter yang sama seperti sang kakak (CBR250RR), Namun USD pada CBR150R ini punya komponen yang berbeda dengan peruntukan untuk kestabilan di kecepatan tinggi, dimana salah satu fungsinya adalah saat melakukan hard braking di trek lurus, terasa saat Tebe melakukan pengereman di kecepatan tinggi sangat terasa halus saat melakukan pengereman.

Saat dibawa melintasi berbagai kontur jalan yang berbeda dan melibas poldur (polisi tidur) kinerja kedua suspend sangat baik meredam kejutan Sob. Kebetulan untuk Testride ini Tebe lakukan untuk merasakan feel berkendara harian aja, dimana Tebe mengkondisikan dengan riding berboncengan, kebetulan ngajak istri keliling sekitaran cibinong – Bogor aja Sob, Alhamdulillah Respon Istri gak pegel dan katanya posisi jok boncengernya juga gak terlalu jauh jarak ke ridernya, nah itu komentar dari boncenger, dan klo Tebe sendiri memang gak terlalu merasakan tekanan beban di bagian lengan sampe pergelangan tangan saat riding, karena emang posisinya gak terlalu menunduk, jadi masih cocoklah buat yang pengen tampil sporty pake CBR150R ini.

Fitur Assist and Slipper Clutch CBR150R 2021

Waktu awal bawa pulang ini motor, Feelnya langsung dapet dan gak perlu penyesuain lama Sob Pokoknya Easy To Ridelah.. enak aja gitu dibawanya.., Saat Start Engine suara mesin sangat halus dan saat tarik tuas gas…bener-bener minim getarangan banget. Lanjut,  yang bikin nyaman lagi tuas kopling yang super empuk banget. Yup…Walau gak ada perubahan di sektor mesin, tapi dengan adanya penambah fitur ASC atau Assist and Slipper Clutch membuat perpindahan gigi jadi lebih optimal, Yup…berkat adanya fitur Assist Slipper Clutch membuat pengalaman berkendara All New CBR150R jadi nyaman. Selain tuas koplingnya terasa lebih enteng, ternyata saat melakukan down shifting ekstrim minim sekali motor mengalami skid/slip di roda bagian belakang, inilah fungsi dari fitur slipper clutch Sob.

Jadi kesimpulan setelah beberapa hari bersama si CBR150R 2021 ini, selain Happy… jelas ini jadi pengalami riding yang beda, biasanya kemana-mana bawa Vario 125, lah pindah ke Sport Fairing 150cc.  Meski punya bentuk body lebih gede, tapi klo udah di naikin semua akan bersa enteng sob, motor sangat mundah di kendalikan, ya karena emang handlingnya ringan…jadi emang sesuai banget sama tagline Total Control-nya Sob!

Oh iya, lupa bahas soal Harganya… Untuk Harga saat ini All New CBR150R dibandrol mulai Rp. 36jtan dan yang versi ABS Rp. 40jtan

Nah..kira-kira itu Sob, sepenggal pengalaman Tebe yang telat banget Testride All New CBR150R ini, Walau udah telah setahun lebih tapi buat Terasbiker ini udah cukup banget menebus rasa penasaran selama ini haha….Sekian semoga bermanfaat!

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.