Home Review Review : Honda CBR250RR SP QS Special Edition Garuda x Samurai, Wow...

Review : Honda CBR250RR SP QS Special Edition Garuda x Samurai, Wow banget ini Motor!

TerasBiker.com – Halo sobat Bikers sekalian, Alhamdulillah…Akhirnya selesai juga sesi test ride Unit Honda CBR250RR SP Quick Shfter Special Edition Garuda X samurai dari MD Wahana Honda gn.sahari, yup…Motor sport fairing dua-silinder 250cc yang dirilis PT. Astra Honda Motor pada akhir Juli 2020 lalu, yang saat ini memang mejadi line-up Motor Super sport250cc dua-silinder terbaik Honda, karena sudah dilengkapi dengan fitur baru layakanya yang ada di motor balap, yakni Quickshifter serta Assist & Slipper Clutch.

Walau cuaca kurang mendukung, tapi alhamdulillah sesi testride unit CBR250RR SP QS ini berlajan lancarr…dan kebetulan untuk melakukan test Terasbiker lokasinya juga gak terlalu jauh dari rumah. So Inilah Impressi pertama Terasbiker saat menjajal motor sport 250cc besutan AHM tersebut.

Baca Juga :

Desain CBR250RR yang Futuristik

Melihat model desain yang serba menajam CBR250RR SP QS masih mempertahankan garis design versi sebelumnya yakni versi standar dan ABS, namun untuk unit yang Tebe Testride ini merupakan tipe tertinggi dari varian Honda CBR250CC, yup versi special Edition ini dikelir dengan balutan striping yang menampilkan desain grafis yang mewakili sejarah serta budaya Indonesia dan Jepang (Garudan x Samurai).

Terlihat Pada sisi kiri bodi motor terdapat ilustrasi burung Garuda dengan detail corak batik bergambar komponen motor yang memadukan karakter motor dengan ikon budaya Indonesia. Sementara itu, pada sisi kanan bodi motor terdapat ilustrasi samurai Sengoku Commander dengan detail sakura yang merupakan ikon negara Jepang dengan karakter yang paling kuat.

Performa Honda CBR250RR SP QS

Karena ini pengalaman pertama Tebe nge-review motor kelas 250cc, so.. untuk performa yang Tebe rasakan beneran jadi impressi pertama yang dirasakan. Gimana gak langsung kerasa feelnya, wong keseharian biasa naik motor 125cc atau 150cc ini langsung riding motor sport 250cc hahaha…

Di atas kertas, Honda CBR250RR SP Quick Shifter ini tercatat memiliki tenaga maksimal 41 PS di 13.000 rpm dan torsi puncak 25 Nm di 11.000 rpm. Spesifikasi itu lebih tinggi dibanding model sebelumnya yang memiliki tenaga maksimal 38,7 PS di 12.500 rpm dan torsi 23,3 Nm pada 11.000 rpm. yup Naik 3 PS sob!

Nah untuk performas mesin, Tebe acungin jempol dah… soalnya ini bukan untuk pembanding ya..secara pengalaman ini yang pertama Tebe naik 250cc, jadi ya.. feelnya emang beda banget Sob!, apalagi motor ini sudah dilengkapi fitur 3 riding mode : Comfort, Sport dan Sport+, ketiga punya karakter berbeda dan itu terasa!

Yang terbaru dari teknologi yang disematkan yakni Quickshifter serta Assist & Slipper Clutch, Nah fitur terbaru tersebut benar-benar menawarkan pengalaman berkendara yang jauh berbeda deh..! hadirnya Quick Shifter dan menjadi kelas 250 cc pertama, membuat proses perpindahan gigi tak lagi menekan tuas kopling dan performa tetap terjaga tanpa jeda.

Adanya fitur Assist & Slipper Clutch membuat tuas kopling lebih ringan saat ditarik. Selain itu, fitur ini juga berfungsi mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem.

Handling CBR250RR

Impressi pertama saat pengambilan unit CBR250RR di MD Wahana gn.sahari menuju cibinong, terasa motor cukup nyaman dikendarai dan gak ada proses adaptasi sob, berasa langsung klop aja sama ini motor. Handling cukup ringan untuk sekelas motor 250cc. Dengan menggunakan suspensi depan upside down (USD) dan suspensi belakang monosok, Pro-Link system, yang bisa disetel 5 level, motor juga tetap nyaman saat bermanuver..

Riding Position CBR250RR

Honda CBR250RR ini memiliki spesifikasi panjang x lebar x tinggi: 2.060 mm x 724 mm x 1.098 mm, jadi untuk Tebe cukup properlah yang memiliki tinggi badan 167cm dengan bobot 77 Kg. Yang Tebe rasa kaki emang gak terlalu napak sempurna,tapi juga gak terlulu jingjit.

Posisi duduk sedikit membungkuk, karena setang yang ada di bawah triple clamp (under yoke) membuat posisi tangan dan badan agak membungkuk, Kaki juga berasa ditarik ke belakang karena pengaplikasian footstep racing. Yup, dengan posisi tersebut, untuk pengalaman pertama Tebe rasain sedikit pegel diarea pergelangan tangan, tetapi untuk selanjutnya tidak begitu terasa.

Kesimpulan

Nah..Untuk Sobat Bikers yang ingin naik kelas dari 150cc ke 250cc mungkin CBR250RR SP QS ini bisa jadi pilihan, Motor Sport Fairing 250cc yang begitu nyaman dikendarai, sudah mengusung teknologi motor balap (Quickshifter) yang sangat berguna saat sobat menggunakan motor ini dilintasan sirkuit, pokoknya cocok banget buat sobat yang ingin merasakan pengalaman berbeda saat naik motor sport, yakni melakukan upshift dan downshift tanpa tarik tuas kopling. So worht it to bay!

Untuk harga Honda CBR250RR SP QS

Memiliki selisih harga Rp 6 juta dari tipe standar dan Rp 4 juta dari varian ABS, Honda CBR250RR SP Quick Shifter menawarkan kebaruan teknologi di segmen 250 cc 2 silinder.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp 76.700.000 untuk varian Bravery Red Black dan Rp 77.300.000 untuk pilihan warna Honda Racing Red. Sementara untuk Special Edition Garuda x Samurai, banderolnya Rp 77.700.000.

Lastly.…Kira-kira segitu aja sedikit pengalaman dari TerasBiker setelah 3 hari bersama Honda CBR250RR, semoga menjadi referensi buat sobat sekalian yang kebetulan mampir keblog sederhana ini.

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version