TerasBiker.com – Halo Sobat GP-mania… Gelar Juara Dunia MotoGP musim 2020 telah berhasil dikunci dan direbut oleh Joan Mir di klasemen pebalap dan Team Suzuki Ecstar di klasemen tim, setelah meyelesaikan putaran balap Valencia GP di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol (15/22/2020).

Kebahagiaan tak terhingga dirasakan seluruh tim dan fans Suzuki di seluruh Dunia, sebab gelar bergengsi tersebut berhasil diraih setelah dinantikan selama 20 tahun sejak kemenangan terakhir di tahun 2000. Prestasi gemilang tersebut sekaligus menjadi hadiah terindah di hari ulang tahun ke-100 Suzuki di Dunia.

Balapan terakhir tahun ini, Valencia GP, merupakan peristiwa menegangkan bagi Team Suzuki Ecstar saat Joan Mir menghadapi match point pertama musim ini. Namun, Mallorcan muda menjalani balapan yang sangat terukur dan cerdas, melakukan cukup banyak strategi untuk mengambil mahkota Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 dengan gaya dalam sisa satu putaran.

Memulai balapan 27 lap dari posisi 12 dan 14 di grid, Joan Mir dan Alex Rins tahu akan sulit untuk mengulang hasil 1-2 seperti yang mereka raih seminggu sebelumnya di Ricardo Tormo. Namun, kedua pebalap solid mulai mendapatkan tempat berguna di lap awal.

Sementara Rins mulai mengejar tim pemimpin, Mir bermain aman dan memastikan dia memiliki ban yang cukup panas sebelum mengambil alih posisi yang ada di depannya. Rins berhasil mencapai tempat kelima yang layak pada Lap 11, dan Mir naik ke delapan setelah satu putaran kemudian.

Dengan hanya beberapa lap tersisa, Rins telah menyesuaikan diri dengan ritme yang kuat dan dia menjaga agar para pesaingnya menjauh. Dia menempati posisi keempat yang kuat untuk menjaga dirinya dalam perburuan posisi kedua di Klasemen Kejuaraan, secara bersamaan membantu Tim Suzuki Ecstar mengamankan Kejuaraan Tim 2020.

Sadar akan apa yang harus dilakukan untuk merebut mahkota yang didambakan, Mir mengambil pendekatan yang tenang dan cerdas untuk balapan, menjaga ketenangannya dalam situasi tekanan tinggi dan menghindari risiko yang tidak perlu. Dia menyelesaikan Valencia GP di tempat ketujuh, tetapi yang terpenting memiliki selisih 29 poin di klasemen, yang berarti dia dipastikan sebagai Juara Dunia MotoGP 2020, pencapaian luar biasa hanya di musim keduanya di kelas MotoGP, dan hari yang penting bagi Suzuki. yang memenangkan gelar pertama mereka selama 20 tahun sekaligus merayakan ulang tahun ke-100 di Dunia dan 60 tahun di balapan.

Joan Mir daan Team Suzuki Ecstar Menaklukan Mahkota Juara 2020

Garis finish Valencia GP yang berhasil diselesaikan oleh Joan Mir, memberikan dirinya tambahan poin sehingga berhasil memimpin puncak klasemen pebalap sebanyak 171 poin, atau dengan kata lain selisih 29 poin dari pebalap di posisi ke-dua. Kondisi tersebut turut memastikan dirinya sebagai Juara Dunia MotoGP tahun ini, meski masih ada satu putaran lagi di Portugal nanti.

Hari yang berbahagia, perolehan mahkota Juara Dunia bertepatan dengan banyak peristiwa penting di sejarah Suzuki, antara lain tepat pada tahun 2020 ini Suzuki Indonesia merayakan ulang tahun ke-50, begitu pula dengan ulang tahun Suzuki ke-100 di Dunia. Dalam dunia balap pun, kemenangan tersebut terjadi pada momen 60 tahun Suzuki berlaga di kejuaraan dunia balap. Tak heran jika Suzuki dengan bangga menghadirkan Suzuki GSX-R150 dengan tampilan warna dan livery baru yang identik dengan Suzuki GSX-RR musim 2020. Kemenangan Joan Mir di atas Suzuki GSX-RR turut menandai kemenangan perdana era mesin 4-stroke di ajang MotoGP, yang mana 20 tahun sebelumnya pada tahun 2000 kemenangan Juara Dunia diraih Kenny Roberts, Jr. di atas Suzuki bermesin 2-stroke. Kemajuan di bidang balap ini pula yang menginspirasi Suzuki untuk terus menciptakan sepeda motor terbaik di kelasnya, seperti Suzuki GSX-R150.

Gelar Juara Dunia musim 2020 adalah gelar ke-16 bagi Suzuki dan yang ke-2 bagi Joan Mir, setelah mahkotanya saat masih berlaga di kelas Moto3 pada tahun 2017 lalu. Joan Mir adalah pebalap ke-10 dalam sejarah yang memenangkan gelar Juara Dunia menggunakan Suzuki, ditinjau dari semua kategori, dan menjadi pebalap yang ke-7 di kelas 500cc / MotoGP. Hari ini juga merupakan hari bersejarah dan penting bagi Tim Suzuki Ecstar, karena menjadi Tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan Kejuaraan Dunia kategori Tim.

Joan Mir :
“Kejuaraan Dunia? Kedengarannya luar biasa! Sangat sulit untuk menemukan kata-katanya saat ini, tetapi saya harus mengucapkan terima kasih kepada begitu banyak orang; kepada Suzuki atas kesempatan ini, saya sangat senang memberi mereka gelar! Menjadi orang yang memberi mereka mahkota lagi setelah 20 tahun adalah perasaan yang luar biasa dan kehormatan sejati. Seluruh tim melakukan pekerjaan luar biasa, dan saya sangat gembira dengan kemenangan kejuaraan ini. Saya telah menempuh perjalanan panjang sejak menjadi seorang anak yang hampir tidak punya uang untuk pergi balapan, dan keluarga saya harus berterima kasih untuk ini. Saya bekerja sangat keras untuk mencapai puncak dan penghargaan ini luar biasa. Balapan hari ini tidak mudah, tetapi saya mendapatkan hasil yang saya butuhkan dan saya berharap mendapatkan hasil yang bagus di Portimao. Saatnya merayakan tapi kita harus melakukannya dengan bertanggung jawab..”.

Davide Brivio :
“Sungguh perasaan yang luar biasa, kami tidak bisa berharap lebih! Untuk memenangkan gelar tahun ini, saat peringatan 100 tahun Suzuki dan 60 tahun balapan, dan juga 20 tahun sejak gelar terakhir – dalam mimpi terliar saya, saya tidak dapat membayangkan sesuatu yang sebagus ini, sungguh hebat. Selamat yang besar harus diberikan kepada Joan, dia sangat konsisten dan profesional selama ini. Alex juga melakukan pekerjaan yang sangat bagus hari ini untuk mendapatkan poin yang layak dan tempat ke-4. Akhirnya saya harus berterima kasih kepada semua staf – baik di rumah, di Jepang, atau di sini di sirkuit – mereka semua telah bekerja sangat keras untuk ini. Terima kasih banyak untuk semuanya. ”

Mr. Toshihiro Suzuki – Presiden Suzuki Motor Corporation:
“Saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Tim Suzuki Ecstar dan Joan Mir yang telah memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP di musim yang sulit dan belum pernah terjadi sebelumnya karena situasi COVID-19 pada tahun 2020. Juga kepada Alex Rins, yang telah mengumpulkan kejuaraan luar biasa, masih dalam perebutan tempat kedua.”

“Ini adalah peringatan 100 tahun Suzuki dan di tahun yang tak terlupakan ini, kami memenangkan kejuaraan MotoGP, yang merupakan seri balap motor tertinggi di dunia. Dan bisnis sepeda motor bagi kami adalah salah satu sektor utama yang dimulai dan dibangun oleh para senior kami selama bertahun-tahun.”

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan, penggemar dan dealer yang selalu mendorong dan mendukung Suzuki, dan semua pemasok dan sponsor yang mendukung kami. Anggota staf tim kami, pebalap, dan lebih jauh lagi semua staf yang mendukung kegiatan ini oleh Miyakoda dan Ryuyo , Jepang.”

“Sejak kembali ke MotoGP, saya sangat bangga dengan tim yang telah mengatasi berbagai kesulitan, membuat kemajuan yang stabil dari tahun ke tahun, dan akhirnya menjadi juara. hari bersejarah dan penting bagi Tim Suzuki Ecstar, karena menjadi Tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan Kejuaraan Dunia Tim.”

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.comSob!

Salam,

-Terasbiker.com-

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.