Home sharing Siap-siap, Mulai Tahun ini Beli Bensin Gak Lagi Pakai Uang Tunai!

Siap-siap, Mulai Tahun ini Beli Bensin Gak Lagi Pakai Uang Tunai!

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Walau bukan hal baru, transaksi non-tunai (cashless Payment) saat ini memang sudah menjadi alat transaksi di eradigital, yup hanya dengan kartu debit transaki pembelian bbm pun dapat dengan mudah dilakukan. Bukan tanpa alasan penerapan sistem pembayaran non-tunai ini di berlakukan, hal ini lebih ke sisi pengawasan agar penggunaan bbm Subsidi lebih tepat sasaran Sob.

Seperti dilansir oleh Finance Detik, di tahun 2020 ini PT Pertamina (Persero) akan fokus mengawasi distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi agar lebih tepat sasaran. Hal ini berkaca pada kesalahan tahun 2019 dimana BBM subsidi mengalami kelebihan kuota alias jebol.

“Program kita fokus di 2020 distribusi atau penjualan (BBM subsidi) kepada pihak yang lebih tepat sasaran,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Gedung BPH Migas, Jakarta Selatan.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan penerapan transaksi non tunai di seluruh Stasiun Pengisian Baham Bakar Minyak (SPBU) yang dikelola Pertamina. Jadi nantinya di setiap SPBU akan dilengkapi dengan Electronic Data Capture (EDC) agar pembayaran bisa dilakukan secara elektronik , baik denga uang elektronik, kartu debit dan kartu pembayaran lainnya.

Selain kartu, lanjut Nike, pembayaran non tunai bisa juga dilakukan melalui aplikasi dompet digital seperti LinkAja, e-payment dan bank yang bekerjasama dengan Pertamina.  “Ada LinkAja, e-payment dan kita sudah koordinasi dengan perbankan untuk support,” ungkapnya.

Selain pembayaran non-tunai, data yang terekam dalam EDC juga bisa memberi gambaran siapa konsumen yang melakukan transaksi pembelian BBM sehingga ke depannya akan lebih mudah melakukan pengawasan dan seleksi siapa saja yang bisa membeli BBM bersubsidi.

“Kita akan mendorong menggunakan cashless payment untuk di seluruh transaksi SPBU,” sebutnya.

Dengan cara ini, diharapkan penyaluran BBM bisa lebih tepat sasaran dan memastikan kuota penyaluran BBM tak jebol lagi seperti yang terjadi di 2019.

Last….Jika memang terobosan yang di berlakukan Pertamina ini untuk fokus pada pengawasan penggunaan BBM subsidi yang selamai ini tidak tepat sasaran agar sesuai peruntukannya, pastinya Tebe dan sobat sekalian akan mendukung penuh program ini.

Yup… artinya kedepan tidak akan adalagi Konsumen yang secara sengaja memanfaatkan penggunaan BBM Subsidi padahal seharusnya tidak.

Cuma memang perlu di pikirkan kembali ya, secara saat ini tidak semua pengguna BBM Subsidi memiliki kartu debit atau alat pembayaran non-tunai lainnya, semoga di kaji kembali dan sukur-sukur bisa di fasilitasi 🙂

Secara Tebe sendiri saat ini pengguna Pertamax dan Pertalite untuk Si Bleki Rio dan Stella!

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob!

Salam,

-Terasbiker.com-

19 COMMENTS

    • Yg ribett itu shell, yg layani dan yang nerima pembayaran beda, dah gitu klo gak kasih uang pas,kembaliannya lama, yg ngantri jd makin lama ??

  1. buset, padahal saya masih paling seneng pakai cash…
    mungkin bisa yang pakai non tunai dapat promo, sedangkan yang pakai cash ga dapat promo…
    biar lebih menarik ke non tunai…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version