TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian…akhirnya setelah empat tahun penggunaan (72.000 KM) Komstir si Blecky Rio aka Honda Vario 125 eSP kepunyaan Tebe nyerah juga, yup…setelah sebelumnya cuma diakalin, jadi gini Sob..setelah motor berusia hampir jalan dua tahun penggunaan mulailah sering banget kondisi bagian komstir tiba-tiba rendor, alhasil saat riding di jalan rusak berasa gak nyaman banget, berasa bagian stang oblag gitu, terus Tebe bawalah ke AHASS minta tolong ke mekanik pas waktu service untuk di kencengin atau Tebe stel komstir sendiri dirumah, artikelnya juga pernah di tulis, nanti cek aja di bawah ya 😀

Hingga berjalannya waktu, mungkin tingkat ke hausan dari bearing Komstir sudah akut, di tahun ke Empat ini itu komstir udah gak bisa di getok untuk di stel kekencengannya…waduh, setelah dibawa ke AHASS lagi dan coba konsultasi ke mekanik ternyata emang udah waktunya ganti…wkwkwkwk 😀

Baca juga :

Ganti Konstir Honda Vario 125/150 eSP di AHASS

Setalah konsultasi, motornya langsung di bawa ke area pit service untuk langsung di kerjakan, Oh iya Sob…Klo mau ganti komstir mesti di prepare waktunya, karn Pengerjaannya bisa lebih dari 1 jam atau bahkan lebih klo pas kebetulan sekalian service tune up, bersihin CVT dan lainya, pengalam Tebe waktu itu hampir 2 jam’an. oke Motor sudah mulain di bongkar bagian area stang hingga roda, jadi semua di lapas!

Waktu pengerjaan sedikit agak makan waktu karena mur pengencang bearing susah di buka, udah ngunci karna karat. Sobat bisa intip aja dah penampakannya :

Kondisi komstri udah rusak dan bagian bearing karatnya udah parah banget, pantesan udah gak mau di setting lagi 😀


Oke setelah bagian komstir kelar dibongkat, waduh tenyata mur pengunci bearing udah gak layak pakai lagi jadi harus ganti, so selain ganti part komstir satu set, mur nya juga minta digantu :

Ini perbandingan Mur baru ( sebelah kiri) dan yang lama (sebelah kanan)

Sekarang waktunya pemasangan, waktu pemasangan proses sedikit lebih cepat dari pas ngebokar tadi.

Berapa Biaya Ganti Komstir Honda Vario 125/150 eSP?

Kembali ke Biaya ganti Komstir Honda Vario 125/150 eSP, untuk biaya sendiri Tebe Jabarin dibawa ya :

  • Part Komstir 1 set Rp. 105.000,-
  • Mur Pengunci komstir Rp. 23.000,-
  • Jasa Pemasangan Rp. 60.000,-

Jadi total biaya yang Tebe keluarin untuk ganti Komstir Honda Vario 125/150 eSP adalah Rp. 185.000,- plus kasih uang tip buat mekaniknya 😀 tp ini sih opsional aja Sob, klo Tebe kasihan aja sih..yang lain udah ngerjain 2-3 motor dia masih aja ngoprekin motor Tebe.

Last…Gimana Sob, murah apa mahal tuh ?? ya klo menurut Tebe sih setalah empat tahun baru diganti ya Murah, dan beneran bongkar komstir itu lumayan ribet, belum lagi tools/kunci yang digunakan gak sembarangan 😀

Okeh gitu aja Sob sedikit sharing pengalaman ganti komstir Honda Vario 125 eSP kepunyaan Tebe. Moga Berguna 🙂

Note : untuk komstir Honda Vario 125 dan 150 eSP sama ya Sob, jadi ga ada perbedaan!

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob!

Salam,

-Terasbiker.com-

29 COMMENTS

  1. Hmm rakus km juga yahh.. 4 tahun 70.000 km..!
    Btw harga segitu yaa terhitung murahlah, dan awet juga jika dikurs dengan total jarak tempuh dalam waktu yang singkat 4th..

  2. Selisih lumayan dr ahass surabaya….
    Sy ganti komstir pas mau lebaran 2019 part harga 95k…jasa 100k….
    Itu aja umur sebulan udah oblak lg…
    Sekarang malah makin parah bunyi cetok2 pas ngelewatin poldur…
    Rencana bulan depan mau tk ganti lg…
    Oia vario wtf sy udah 3x ganti komstir…dari mulai model bambu…standart merk skf..balik ke ori lg…

    • Estimasi/perkiraan biaya biasanya gak jauh beda Om, saran ane sih tanya² harga part komstir dan biaya jasanya pas kebetulan service di AHASS jadi bisa dipersiapkan… Thanks udah mampir ya ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.