Tips Aman Hadapi Banjir, Biar Gak Mogok dan Tetap Aman Berkendara!

May 9, 2019 223 0 0

Check for details

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian…Ada yang bilang enakanya jadi Bikers, Hujan Gak Kepanasan, Panas Gak Kehujanan Hehehe…Jika kita melihat perkiraan cuaca dari BMKG melalui situs resminya telah melansir daerah-daerah yang menjadi wilayah rawan banjir yang akan terjadi beberapa bulan terakhir ini. Nah…Prakiraan tersebut meliputi potensi banjir dengan tingkat kapasitas tinggi, menengah, rendah dan aman dari kejadian banjir. Untuk itu, masyarakat diminta waspada dan diharapkan dapat membantu untuk melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan akan terjadinya banjir yang lebih besar.

Bagi Seluruh Bikers/ pengendara sepeda motor roda dua dihimbah harus lebih berhati-hati lagi karena biasanya banjir ini akan menyebabkan jalanan yang rusak dan membuat lubang dimana-mana sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga :

Selain jalanan yang rusak dan berlubang, pengendara sepeda motor juga kerap dihadapkan dengan motornya yang mogok akibat busi atau saringan udara motor yang kemasukan air. Jika keseringan mogok, tidak menutup kemungkinan mesin motor akan cepat rusak. Supaya tidak rusak akibat terjangan banjir, So Soba Bikers sekalian perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Saat melewati lokasi banjir, perhatikan ketinggian air jangan sampai melewati busi pada motor, karena air yang masuk dapat menyebabkan pengapian dalam mesin tidak berjalan baik.
  • Apabila terpaksa harus menerobos banjir, lebih baik matikan mesin sepeda motor Anda, karena apabila air tersebut masuk saat suhu ruang bakar tinggi akan menyebabkan piston motor Anda pecah.
  • Masukkanlah selang tebal ke knalpot dengan menghadap ke atas apabila masih tetap ingin memaksakan mesin motor tetap hidup, setidaknya itu dapat mengurangi air masuk ke mesin.
  • Saat musim hujan, berikan perhatian khusus pada part yang penting banget yakni busi. Lapisilah komponen busi dengan gemuk. Setidaknya pelindung itu dapat meminimalisasi air masuk ke area pengapian.

Rexo 50 untuk busi saat banjir

Apabila busi sudah terlanjur kemasukan air semprotlah dengan pelumas ke kepala businya agar airnya bisa cepat kering. Salah satu pelumas yang bisa “mengobati” masalah busi yang kemasukan air tersebut salah satunya adalah Rexco 50 pelumas serbaguna.

Menurut Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco, busi yang kemasukan air menyebabkan menutupnya saluran udara yang ada di busi, sehingga diperlukan peran pelumas untuk dapat mengeringkan air yang ada di dalam busi tersebut.

Nah…kira-kira itu Sob sedikit Tips berkendara saat banjir melanda agar motor tidak mogok dan tetap nyaman berkendara 🙂

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com Sob!

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

Tags: Rexco 50 pelumas serbaguna, tips aman hadapi banjir, Tips berkendara saat banjir, Tips berkendara saat Hujan Categories: Tips
share TWEET PIN IT SHARE
Related Posts
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: