TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian…. Putaran pertama gelaran balap bergengsi Yamaha Cup Race 2019 (YCR 2019) siap berlangsung di sirkuit permanen Gokart Boyolali, Jawa Tengah (27-28 April). Gelaran YCR tahun ini menjadi semakin spesial, dikarenakan telah memasuki tahun ke-30 yang menjadikannya ajang balap paling lama dan terpopuler Indonesia.

Konsisten digelar setiap tahun dan sukses melahirkan banyak pembalap potensial yang mampu mengukir prestasi di ajang balap nasional ataupun level internasional. Tahun ini, YCR 2019 sendiri rencananya akan berlangsung dalam 8 seri yang tersebar di 4 pulau yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan serta Sulawesi.

“Yamaha Indonesia bangga dengan perjalanan event Yamaha Cup Race yang sudah memasuki tahun ke-30. Melalui Yamaha Cup Race, Yamaha ingin memunculkan para pembalap daerah berpotensi sehingga mampu meraih mimpi yang lebih tinggi seperti halnya pembalap Internasional Yamaha Racing Indonesia (YRI) Galang Hendra yang memasuki tahun ke-2 di kejuaraan World Supersport 300. Kemudian di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) M. Faerozi dan Anggi Setiawan di kelas AP250, juga Aldi Satya Mahendra dan Wahyu Nugroho di kelas UB150. Mereka adalah para pembalap daerah yang pernah menjadi bagian dari Yamaha Cup Race dan saat ini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di ajang balap Internasional. ‘Untuk Merah Putih Semakin Di Depan’,” ujar M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Total akan tersaji sebanyak 13 kelas yang dapat mengakomodir para pelaku balap kedalam 3 kategori yakni :

National Class yang merupakan kelas utama dalam Kejurnas Motoprix 2019, yang terdiri dari :

  • Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Seeded (YCR1)
  • Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Novice (YCR2)
  • Moped 4 Tak 150 cc Tune-up Rookie (YCR3)

Exhibition Class yang meliputi banyak kelas, yakni :

  • Moped 4 Tak 125 cc Tune-up Seeded (YCR4)
  • Moped 4 Tak 125 cc Standar Novice/Rookie (YCR5)
  • Moped 4 Tak s/d 125 cc Tune up Pemula Lokal Jawa Tengah (YCR6)
  • Moped 4 Tak 150 cc ECU Standar Novice/Rookie (YCR7)
  • Moped 2 Tak 116 cc Standar Open (YCR8), Moped 2 Tak s/d 125 cc Underbone Open (YCR9)
  • Moped 2 Tak 125 cc Standar Ex-Rider (YCR10)
  • Sport 2 Tak 140 cc Non Built Open (YCR11)
  • Yamaha Aerox 155 Standar Open (YCR12).

Community Class yang melombakan Sport 2 Tak Standar 135 cc (YCR13).

Kategori ini dipastikan akan mendapatkan respon yang sangat tinggi mengingat banyaknya komunitas pengguna Yamaha RX King yang tersebar di berbagai daerah. Ini merupakan kelas balap yang paling ditunggu-tunggu para pencinta road race tanah air.

Bicara balap komunitas, Yamaha Indonesia memang memberikan perhatian serius. Langkah edukasi terkait safety dan perilaku profesional di sirkuit menjadi misi utamanya. Kelas komunitas di YCR 2019 sudah memasuki tahun ke-2 dan ini bersinergi dengan balapan komunitas di Yamaha Sunday Race (YSR) yang sudah berjalan selama 4 tahun.

Tidak ketinggalan, YCR 2019 Boyolali juga akan menyajikan kelas mantan pembalap yaitu Bebek 2 Tak Standar 125 cc Ex-Rider (YCR10). Kehadiran kelas baru tersebut, pastinya tidak hanya menjadi obat rindu tetapi turut menjadi momen bernostalgia para pecinta balap tanah air karena mereka dapat berjumpa dan menonton secara langsung aksi para pembalap yang menjadi idolanya di masa lampau.

Termasuk pula hadirnya kelas Moped 2 Tak s/d 125 cc Underbone Open (YCR9) yang dijiamin semakin menyemarakkan suasana. Tidak berhenti sampai disitu, untuk kelas komunitas, YCR turut membuka kelas Yamaha Aerox 155 cc Standar Open (YCR12) bagi siapa saja yang ingin berkompetisi dengan menggunakan motor bertransmisi otomatis.

Galang Hendra Pratama Akan Memberikan Pengetahuan Kepada Para Rider-Rider Muda di YCR Boyolali

Untuk menambah kemeriahan jalannya acara, pembalap WorldSSP300 Galang Hendra Pratama dijadwalkan akan hadir di YCR 2019 Boyolali. Galang akan memberikan pengetahuan kepada para rider-rider muda sehubungan dengan trik menaklukan trek baik dalam hal pengenalan lintasan dan racing line, titik pengereman dan penggunaan transmisi. Galang Hendra juga akan memberikan motivasi bagi para pembalap muda sehingga mereka dapat lebih serius dalam berlatih guna meraih prestasi baik ditingkat Nasional maupun Internasional. Dimana sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 1,279 km dengan lebar 8 meter, trek lurus utama (main-straight) sekitar 141 meter serta tersaji 13 tikungan, 12 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri.

Selain dihadiri oleh Galang, acara tersebut turut dimeriahkan oleh penampilan freestyler berprestasi Asia, Wawan Tembong yang akan beraksi dengan menggunakan motor YZF-R25. Penonton dijamin akan terhibur dengan aksi-aksi freestyler asal Boyolali, Jawa Tengah tersebut pada hari Minggu (28 April) nanti.

Boyolali Jadi Seri Perdana dan Perayaan 30 Tahun Yamaha Cup Race

Tidak hanya aktivitas balap, YCR 2019 Boyolali turut menyuguhkan beragam acara menarik lainnya. Mulai Racing Kit Market dari pihak sponsor yang memberikan penawaran spesial, lalu Fun Games yang cocok bagi keluarga dan komunitas, YSRS Kids bersama anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang disupport secara langsung oleh Satlantas Polres Boyolali dan jalan sehat dengan grand prizes Yamaha Mio M3 serta hadiah menarik lainnnya.

Last…..Kesuksesan Yamaha Cup Race 2019 Boyolali, Jawa Tengah didukung oleh sponsor Yamalube, Idemitsu, Kayaba, Pirelli, NGK dan IRC.

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com So

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.