TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian…Yamaha Indonesia melanjutkan komitmennya dalam memajukan dunia balap tanah air melalui sistem kompetisi berjenjang yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk aktivitas One Make Race (OMR) seperti Yamaha Cup Race (YCR), Yamaha Sunday Race (YSR), dan balap ketahanan Yamaha Endurance Festival (YEF). Dalam acara bertajuk Yamaha Indonesia Motorsport Conference 2019 yang digelar pada Jumat (1/3), di Yamaha Flagship Shop, Jakarta, Yamaha Indonesia secara resmi mengumumkan jadwal untuk seluruh aktivitas balapanya di musim kompetisi 2019.

Tahun ini Yamaha Cup Race sudah memasuki tahun ke-30 sejak pertama kali diselenggarakan pada 1989 dan secara konsisten tetap menjadi wadah pembibitan bagi para rider muda berbakat yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Melalui sistem pembinaan yang lebih terstruktur, YCR mampu menyajikan arena unjuk gigi bagi para talenta-talenta muda berbakat dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk dapat tampil di kompetisi yang lebih tinggi.

Jika pada tahun lalu Yamaha Cup Race hadir dalam 7 seri, tahun ini akan terdapat 8 seri yang digelar di sejumlah wilayah berbeda. Antara lain, 2 seri di Jawa, 2 seri di Sumatera, 2 seri di Kalimantan, dan 2 seri di Sulawesi. Menjadi semakin spesial, pada 30 tahun kehadirannya, Yamaha Indonesia akan menghadirkan museum 30 tahun perjalanan YCR yang menampilkan dokumentasi foto dan display motor dengan livery khusus (livery perayaan 30 tahun YCR). Museum ini dapat dijumpai pada gelaran YCR 2019.

Masih dalam rangka memperingati 30 tahun Yamaha Cup Race, Yamaha Indonesia akan membuka satu kelas baru yaiu Ex-Rider. Dalam kelas tersebut terdapat para mantan pembalap profesional yang dulu sempat berkompetisi di berbagai ajang balap tanah air. Pembukaan kelas Ex-rider ini tidak hanya menjadi momen nostalgia, tetapi turut menyuarakan pesan akan tingginya komitmen Yamaha Indonesia dalam menghadirkan gelaran balap terbesar di Indonesia selama tiga dekade terkahir.

Sedangkan untuk Yamaha Sunday Race, tahun ini telah memasuki tahun ke-5 dan terbukti sangat menarik bagi para pecinta balap di tanah air, khususnya bagi mereka para pengguna YZF-R25 dan YZF-R15 yang tergabung kedalam berbagai komunitas. Untuk mewadahi tingginya hasrat balap tersebut, sebanyak 4 seri akan tersaji di YSR 2019, dimana seri-1 akan berlangsung pada 22-23 Juni dan kemudian disusul oleh seri-2 pada 27-28 Juli, seri-3 pada 26-27 Oktober, dan seri-4 pada 23-24 November. Selain itu, YSR tahun ini akan membuka kelas baru untuk komunitas yaitu kelas Sport 155cc dengan menggunakan motor All New YZF-R15.

Beranjak ke Yamaha Endurance Festival yang merupakan balap ketahanan pertama yang diselenggarakan oleh pabrikan sepeda motor di Indonesia, Yamaha akan kembali menghadirkanya di tahun ke-2, tepatnya pada tanggal 14-15 September mendatang. Namun untuk tahun ini, durasi waktu balap di kelas Komunitas Sport 150cc dan Sport 250cc akan ditambah menjadi 1 jam 30 menit dari sebelumnya 1 jam.

“Hari ini kami dengan bangga mengumumkan tim balap Yamaha Indonesia yang akan berkompetisi di beberapa ajang balap seperti Motoprix, IRS dan Yamaha Cup Race, dimana pada tahun ini merayakan 30th Anniversary, Yamaha Sunday race, serta Yamaha Endurance Festival yang telah memasuki tahun ke-2,” jelas Minoru Morimoto selaku President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.