Review Suzuki NEX II di Pake Harian, Ini Kelebihan dan kekuranganya!

November 11, 2018 181 0 0

TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalain….Kalo Sebelumnya Tebe udah ulas konsumsi Bbm Suzuki NEX II dengan metode Full-to-Full. Nah..Untuk kali ini Tebe akan bahas seberapa greget sih Suzuki NEX ini saat di pake riding harian ? seperti halnya buat nganterin anak sekolah, belanja kepasar, sampe Tebe Pake buat rutinitas berangkat ngantor beberapa kali Sob!

Karena memang unit Testride dari Suzuki ini udah hampir sebulan nongkrong di garasi Terasbiker Sob, jadi… ya semaksimal mungkin Tebe akan gali Riding Experiencenya saat dipake buat aktivitas harian.

Suzuki NEX II ini mungkin gak lagi terlihat imut seperti generasi sebelumnya, ya walau sebenaranya skutik entry level ini gak gede-gede amat, bentuk desain terbaru dari NEXII menurut Tebe udah terlihat lebih besar dengan desain modern yang serba menajam di beberapa bagian bodinya, jadi kesan membulat pada gen pertama hilang sudah…bye..bye..:D

Oke..langsung aja kita bahas beberapa poin kelebihannya dulu dari Suzuki NEX II ini….

Kelebihan Suzuki NEX II

Pertama mungkin posisi riding atau Ergonominya yah.., kesan pertama waktu Tebe coba naik di Suzuki NEX II lumayan nyaman Sob, dengan postur Tebe tinggi 168 ini, posisi kaki santai menapak sempurna bahkan agak menekuk sedikit, karna emang jok NEX II gak terlalu lebar dimensinya. Posisi duduk saat riding lebih nyaman agak sedikit mundur biar gak terlalu menunduk.

Kemudian untuk poin kedua yakni Performa Mesin NEX II, setelah posisi riding langsung lari ke sektor mesin…buat kelas skutik entry level dengan dibekali mesin 115cc suzuki NEX II punya performa yang okeh…tarikan awal cukup responsive, Performa mesinya akan makin ngisi saat kecepatan menuju 60-80 kpj, lari di kecepatan 90 kpj  aja masih  stabil..untuk top speed tebe cuma tembus 100 kpj lebih dikit gak tega ngebejek gas lama-lama, sama gak dapet juga treknya  hehehe… oh iya Sob karkter mesin Suzuki NEX II ini paling alus, kondisi stasioner aja minim banget vibrasi (getaran) dan suara raungan Knalpotnya kek kripik kentang renyah dan garing bangettt 😀

Gimana Soal Handling, Suspensi dan pengeremannnya ??

Untuk perkara handling, Suzuki NEX II enak dikendarai Sob’…tarikan enteng bikin motor nyaman banget buat diajak liuk-liuk dan selap-selip di kemacetan, secara Tebe tiap ngantor pasti ketemu jalur full trafic tiap hari di rute Depok – Mampang. Pengalaman pertama waktu testride naik Suzuki NEX II ini gak butuh penyesuaian, langsung gass dan motor cukup asik dibawa riding, jadi emang bakalan jadi Sahabat banget nih…oh iya…Si Nyonya aja yang sebelumnya trauma naik motor dan gak pernah mau belajar motoran lagi hampir 10 tahunan, pas nyobain NEX II muter-muter di lapangan langsung klop sama motornya…:) Pokoknya soal Handling emang nyaman bangett….

Lanjut ke area Suspensi, Shock depannya lumayan bisa meredam (kejut) getaran dari lintasan jalan yang memang gak terlalu baik, jalan di area bebatuan juga masih oke-oke aja…nah, untuk suspensi belakang menurut Tebe pribadi terlalu soft karakternya, enak sih klo jalan lurus kenceng dan gak banyak gajlukan, tp masalah klo pas dijalan kurang mendukung, berasa banget mentul-mentulnya Sob.

Kemudian ini yang paling Penting…sistem “Breaking” (pengereman), asli impressinya naik motor ini gak perlu was-was meski mau di pacu sampe sekenceng-kencengnya dah, karakter rem nya enak gak peru neken tuas rem terlalu keras udah bisa ngurangin laju kecepatan motor dengan sempurna, rem depan dan belakang terbilang pakem tapi gak sensitif..

Build Quality Suzuki NEX II

Khusus yang ini, Suzuki memberikan kualitas paling yahuud dah…build quality dari Suzuki NEX II digarap cukup alus Sob, bagian tiap layer panel bodi terlihat cukup presisi dan solid, kualitas dari material Plastik ABS dan Plastik PU nya bisa dibilang agak lebih tebal dibandingkan produk produk selevel dikelasnya.

Oke itu dia beberapa point pentingya Sob…Sekarang kita lanjutin bahas dari segi fitur yang ada, meski punya harga yang kompetitip banget dari Merk sebelah, Suzuki NEX menawarkan beberap fitur yang menurut Tebe cukup penting….diantaranya:

Fitur-fitur Suzuki NEX II :

  1. FloorBoard/area Pijakan kaki, Suzuki NEX II punya area pijakan kami yang cukup luas sob, dimensinya 413mm x 168mm, jadi ruang gerak kaki jadi lebih leluasa, ditambah  bisa muat barang bawaan.

  1. USB Charger, Fitur ini emang bukan yang pertama tapi setidaknya cukup berguna saat berpegian jauh, jadi gak perlu report-report nyarger HP, cukup colok aja sob pake kabel data, sobat udah bisa ngisi daya batrai handphone atau perangka gadget lainnya.

  1. Kompartemen/bagasi di area dashboar yang cukup untuk menyimpan barang bawaan, seperti sarung tangan, HP atau bawa botol minuman.
  1. LED Lamp Line, Nah Fitur ini yang jarang sebenarnya dan baru ada di Suzuki NEX II, klo di motor-motor lain ada fitur DRL, Suzuki NEX juga sama cuma LED lamp ini nyempel di bagian side bodynya..klo malem pasti jadi pusat pehatian..

Kekurangan Suzuki NEX II

Oh iya Sob, jadi biar adil yah, tadi diatas sobat udah Tebe Suguhin beberapa kelebihan..nah sebelum Tebe akhiri, ada Sedikit info mengenai beberapa kekurangan yang ada di Suzuki NEX II ini..diantaranya adalah:

  • Gak ada Parking Break Lock, jadi menurut Tebe rada ribet aja klo jari ini harus standby di tuas Rem pas lagi kondisi stop (pas dilampu merah/ lagi dijalan menanjak) biar motor gak gerak maju/mundur.
  • Gak ada Side Stand Switch, jadi saat posisi motor di standar samping masih tetap bisa dinyalakan (starter). mungkin buat motor matik ini perlu pake banget dah…buat keamanan pastinya.
  • Meski sudah menggunakan Suzuki Easy Start System, artinya cukup sekali menekan tombol starter mesin akan langsung menyala,tapi ada sedikit yang masih mengganggu menurut Tebe dimana suara hentakan start mesin cukup kasar/keras terdengar.
  • Desain/dimensi joknya kurang lebar jadi bikin riding agak cepet pegel dibagian (maaf) bokong, klo aja sedikit di lebarin dimensi nya pasti akan lebih nyaman sekali.
  • dan terkahir adalah bagian bagasi dibawah jok cukup imut, klo dipaksain paling cuma buat muat jas hujan aja…

Absennya beberapa fitur diatas bukan tanpa alasan klo menurut Tebe Sih, kemungkinan ini sudah jadi strategi suzuki untuk bisa menghadirkan Skutik entry level paling murah di kelasnya, meski murah bukan berarti murahan sob…terbukti dari build quality yang sangat baik. Next tidak menutup kemungkinan PT SIS nantinya akan menghadirkan produk facelift dari Suzuki NEX II ini dengan beragam fitur unggulan pastinya…jadi postif thinking aja sob 🙂

Last…Mungkin ini yang bisa Tebe tulis buat Sobat sekalian tentang kelebihan dan kekurangan dari Suzuki NEX II. Buat motor harian Suzuki NEX II cukup rekomendid banget, selain lincah, handling nyaman, Konsumsi BBMnya juga terbilang sangat irit bisa tembus 1:51 Km. So.. dari beberapa point diatas baik kelebihan dan kekurangan mungkin bisa jadi referensi bagi sobat sekalian yang ingin membeli suzuki NEX II dikemudian hari.

Moga berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob 🙂

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

Tags: kelebihan dan kekurangan suzuki NEX II, KerencaraBaru, Review Harian Suzuki NEX II, review Suzuki NEX II, suzuki NEX II 2018 Categories: Review, Suzuki
share TWEET PIN IT SHARE
Related Posts
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: