TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian….Galang Hendra Pratama kembali membuktikan konsistensinya menjadi Rider tercepat. Garuda Muda asal Yogyakarta ini menjadi yang tercepat pada dua sesi Free Practice (FP) atau latihan bebas dalam gelaran WorldSSP300 di Sirkuit Brno, Ceko (8 Juni 2018).

Bergabung di tim Yamaha Pata Semakin Di Depan Biblion MotoX Racing, Galang Hendra menjadi yang terbaik di FP1 dan FP2 di trek sirkuit Brno yang memiliki panjang 5,403 km. Perfoma pacuan Yamaha YZF-R3nya mampu mengukir best-time 2 menit 18,041 detik saat FP1, dan di FP2 mencetak waktu tercepat 2 menit 18,312 detik. Dari hasil kedua FP tersebut dipilih yang terbaik dan Galang Hendra menjadi yang terdepan.

Posisi ke-2 ditempati Scott Derou (Motosport Kawasaki) yang mengendarai Ninja 400 dengan waktu 2 menit 18,400 detik atau berjarak 0,359 detik, sedang urutan ke-3nya diraih Grunwald (Freudenberg KTM WorldSSP Team) dengan motor RC390R dan mengukir waktu 2 menit 18,785 detik. Disamping itu, Galang Hendra juga memiliki average speed atau kecepatan rata-rata terbaik dengan torehan 140,906 km/jam.

Hal ini semakin mempertegas bahwa Galang Hendra adalah racer tercepat diantara semua pengendara Yamaha YZF-R3. Dari 40 starter di Kelas WSSP 300, terdapat 17 pembalap menggunakan YZF-R3 yang merupakan Global Model buatan Yamaha Indonesia. Hasil ini semakin memperkokoh Galang Hendra sebagai pembalap bLU cRU Challenge yang memiliki potensi prestasi dimasa yang akan datang.

Adapun hasil dari petarung bLU cRU Challenge lainnya di WorldSSP300 Ceko ialah Luca Bernardi (Team Trasimeno) di posisi ke-18, kemudian Hugo De Cancellis (Team Toth-Yart) di deretan ke-23 dan Denis Koopman (GRT Yamaha WorldSSP300 Team) pada urutan ke-25.

Dengan hasil terbaik di FP1 dan FP2, maka Galang Hendra langsung berhak masuk ke babak Superpole 2 (SP2) untuk menentukan posisi grid-start. Dia sangat berpotensi meraih pole-position dalam babak SP2 dan meraih podium pertamanya musim ini. Semoga tercapai, mari kita dukung bersama dan doakan semoga Galang Hendra mampu mengibarkan Bendera Merah Putih di tanah Eropa.

“Alhamdulillah, saya dapat memberikan hasil positif di FP1 dan FP2. Saya berhasil mendapatkan posisi pertama di kedua sesi tersebut. Ini atas kerjasama tim, doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia. Saya akan berjuang untuk meraih yang terdepan dalam kualifikasi Superpole 2,” terang Galang Hendra Pratama.

Perlu diketahui, setelah 3 seri berjalan, aturan berat belum juga diterapkan. Namun terbukti nyata Galang Hendra sebagai Garuda Muda terus mengobarkan semangat pantang menyerah. Konsisten terbaik diantara pembalap YZF-R3. Tentu saja, ini semua berkat dukungan masyarakat Indonesia yang sangat merindukan pembalapnya meraih prestasi tertinggi di level Internasional.

Mulai putaran WorldSSP300 Ceko regulasi berat diberlakukan. Semoga hal ini konsisten diterapkan sehingga jalannya kompetisi seimbang. Mengingat kompetitor diuntungkan dengan Volume Cylinder yang lebih besar yang membuat kecepatan maksimal (top speed) dan akselerasi keluar tikungan sangat sulit disaingi.

Tentang regulasi bobot dikombinasi antara pembalap dan motor ini sudah disepakati pihak FIM dan Dorna. Berikut regulasi bobot yang disyaratkan wajib oleh FIM dan Dorna sebagai penyelenggara, bahwa untuk sepeda motor berkapasitas silinder besar Ninja 400 dan CBR500R total beratnya wajib 215 Kg, kemudian RC390R wajib dengan bobot 208 kg dan Yamaha YZF-R3 dengan berat 205 kg.

“Ini sirkuit baru karena belum pernah para pembalap bLU cRU Challenge bertarung disini. Mereka banyak mempelajari tata letak sirkuit dari video dan memikirkan strategi untuk dapat meraih posisi terbaik. FIM juga telah memperkenalkan aturan teknis terbaru pada seri ini. Menyeimbangkan perfoma keseluruhan motor hingga berlangsung kompetisi yang seimbang. Para pembalap bLU cRU Challenge adalah potensi muda dan kuat yang memiliki kapasitas mesin terkecil di grid namun YZF-R3 punya handling yang luar biasa, itu hal yang sangat penting di Brno. Kami menantikan mereka untuk bertarung di akhir pekan ini dengan cara yang paling positif,” terang Alberto, Manager Racing Yamaha Motor Eropa bLU cRU.

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob ?

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.