TerasBiker.com – Hallo Sobat Tebe sekalian, Sudah lama banget sebenarnya motor Supra fit kepunyaan teras biker nganggur dipojok rumah, Awalnya bulan Agustus tahun 2015 lalu Tebe beli Vartech 125 ESP, jadi berganti deh aktivitas riding dari yang lama (supra Fit) ke Motor baru, walau sebelumnya penggunaan motor tetap di rolling seminggu sekali, nah kejadianya berawal pas lagi enak-enaknya nunggang si vartech 125 sampe-sampe yang lama gak pernah di sentuh bahkan di panasin juga kagak :D, alhasil lebih dari sebulan ga dinyalain (panasin mesin) pas kebetulan ada waktu senggang mau dinyalahin.. dan pas baru di kickstarter 2 kali eh koq jadi keras, coba di paksa di dorong dan masukin gigi 4 juga ga mau bergerak mesin alias kekunci Sob, Bingung mau gimana, akhirnya pasrah aja nunggu ada waktu buat dibawa kebengkel supaya bisa dibongkar blok headmesinya..(kira-kira sampe 1 tahun lebih itu motor bener-bener ga disentuh)

Macet mesin buat TerasBiker ini bukan yang pertama Sob, karena setahun sebelumnya juga pernah.. awalnya cuma sepele abis melibas banjir Jakarta (karena rute perjalanan dari rumah ke kantor klo musim hujan cukup kena banjir dimana-mana) bingung Tebe juga, knp bisa macet ya? kebetulan waktu itu pas lagi libur kerja, jadi bisa deh dorong ke bengkel. Mesin pun dibongkar dari bagian headblok dan block mesin, bener sob, di cek ring serher/ pistonya nyangkut di blok, karena ga ada oli katanya (bukan karena oli kering loh..tp pas dibagian seher katanya kering), hal tersebut karena kondisi karburator yang udah bocor alias banjir klo gak di tutup kerannya, jadi bensin masuk dan katanya ada kemasukan air juga, jadi ring seher berkarat. Pengerjaan pada waktu itu cukup lama, karena mekanik bengkel bongkar sebagian walau gak sampe turun mesin, jadi sekalian dibersihin katanya.

Oke balik lagi ke kondisi yang sekarang, motor supra fit kembali macet untuk kedua kalinya, cuma yang ini agak lama Tebe anggurin karena kan udah ada motor baru hehehe, nah berbarengan dengan itu ada saudara yang kebulan main kerumah dan liat si supra kok gak di pake Mas ? tanya saudara Tebe, Iya Mas itu macet mesinnya dan belum sempet ke bengkel, terus dia bilang coba dimasukin oli aja dari lubang busi Mas, dulu pernah temenku dibengkel gak perlu di bongkar, cukup di kasih oli mesin dari bagian lubang busi, terus digerakin pake roda belakang dengan dimasukan gigi 4 biar enteng, cuma waktu itu Tebe sebatas iyain aja dan Tebe bilang Oke nanti dicoba caranya, Makasih mas infonya hehehe 🙂

Nah..pas kebetulan Tebe lagi anter nyonya belanja bulanan, sekalian deh muter” ke area Toolkit dan perlengkapan motor, liat-liat ada cairan penghilang karat yaitu STP AP-75, cairan Multi Purpose Lubricant Spray yang bersifat isolator untuk melumasi dan menghilangkan karat. Karna butuh akhirnya Tebe beli satu botol sob harganya Rp. 28.000,-, Pas dihari libur.. akhirnya Tebe coba-coba aja mulain praktekin cara yang di anjurkan saudara sebelumnya, tetapi kali ini bukan pakai oli seperti yang disarankan tapi Tebe coba pake cairan Anti Karat STP AP-75 yang sudah dibeli hehehe…

Oke Tebe coba kasih step-step mengatasi masalah macet pada mesin motor :

Pertama, Posisikan motor dengan Standar dua Sob, lalu buka businya..

Posisi motor di standar dua

Kedua, Semprotkan cairan STP AP-75 tadi ke dalam lubang busi beberapa kali semprotan aja Sob, ini betujuan untuk memasukan cairan ke sela-sela dari piston yang macet tadi, dan diabiarkan aja kira-kira 10-15 menitan lah..

Semprotkan cairan STP AP-75 dari lubang busi yang telah dibuka sebelumnya

Ketiga, Nah pada tahapan ini baru kita bisa mencoba menggerakan piston yang macet dengan memuta roda secara perlahan dari bagian Roda belakang, caranya masuk ke bagian persenaling/operan gigi, posisikan pada gigi empat sob, agar tidak terlalu berat, dengan cara di hentakan saat di putar dengan tangan secara perlahan, jika berhasil kondisinya akan bergerak dan piston/seher yang macet akan kembali lancar.

Putar roda belakang perlahan-lahan dengan dihentakan

Klo sudah gak Macet, langsung dicoba nyalakan mesinnya, klo memang gak mau nyala baru deh bawa kebengkel klo memang sobat gak paham masalahnya, tapi Alhamdulillah Motor Supra Fit Tebe bisa langsung nyala hehehe dan langsung bongkar karbu untuk dibersihin dan ganti oli mesin sekalian, karena biasanya motor yang sudah lama gak pernah menyala, dibagian karbu akan ada endapan kotoran dari bensin Sob…

bongkar Karburator dan bersihakan

Last..Mungkin cara ini lebih dibilang hemat waktu dan simpel pastinya, kita ga perlu dorong motor ke bengkel karena bisa dilakukan sendiri dirumah dan lebih mudah karena tanpa perlu membongkar mesin. Oke semoga Tips & Trik ini bisa Sobat coba/aplikasikan disaat mengalami hal yang sama tentunya.

So, itu aja yang bisa TerasBiker Bagi.. Semoga Bermanfaat ya Sob!

salam,

-TerasBiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.